ads

Apakah anda tahu apa penyebab pendingin dispenser rusak? Kami yakin banyak dari anda yang saat  ini memiliki dispenser karena memiliki kegunaan yakni membuat air galon yang manyalur ke dalamnya bisa dingin atau juga panas.

Harga dispenser pun bermacam-macam, mulai dari yang murah, sampai dengan yang mahal dengan berbagai fitur canggih yang disematkan di dalamnya. Memiliki dispenser hampir merupakan impian banyak orang karena mereka tidak harus memasak nasi atau menyiapkan es terlebih dahulu ketika mereka ingin membuat kopi, menyeduh mie instan, maupun juga membuat es.

Namun apa yang terjadi jika ternyata dispenser kita pendinginnya rusak? Tentu hal ini akan membuat kita merasa frustasi, terlebih lagi bagi seseorang yang sering memanfaatkannya untuk membuat es atau bagi mereka yang senang minum air dingin. Kali ini kami akan memberikan penjelasan kepada anda mengenai apa saja hal yang menyebabkan pendingin pada dispenser anda mengalami kerusakan seperti halnya apa yang terdapat pada cara memperbaiki dispenser sabun bocor.

  1. Bocor

Salah satu penyebab pendingin pada dispenser adalah karena mengalami kebocoran pada bagian pengikat slang yang telah putus. Atau juga bisa hal ini disebabkan karena slangnya tidak menutup secara sempurnya sehingga kemudian mengakibatkan kebocoran.

Ada lagi kemungkinan lain, yakni galon air minum yang anda gunakan tersebut malah bocor yang tentu saja hal ini akan mempengaruhi kinerja pendingin pada dispenser anda. Mungkin awalnya akan terlihat sepele, namun jika dibiarkan, maka air maupun juga listrik yang mengalir tersebut akan semakin lama semakin menimbulkan masalah pada dispenser anda.

Kemudian akan menyebabkan kerusakan pada bagian pendinginnya sehingga anda sudah tidak bisa memperoleh air dingin dari dispenser anda. Jika hal ini dibiarkan, maka bukan tidak mungkin kerusakan akan semakin menjalan kemana-mana bahkan sampai mati total sehingga anda harus mempelajari cara memperbaiki dispenser mati total untuk mengatasinya.

  1. Masalah pada peltier

Penyebab kedua mengapa pendingin dispenser anda rusak adalah karena mengalami kerusakan pada bagian peltier. Beberapa kasus dispenser yang mengalami masalah pada peltier bisa bermacam-macam.

Ada yang peltier yang putus, ada juga rangkaian listriknya yang rusak, maupun juga ada kasus dimana kipas pendingin tidak bekerja. Kesemuanya itu akan membuat pendingin dispenser anda mengalami kerusakan yang mana kondisi ini harus segera anda perbaiki dengan cara membawanya ke tempat service yang ada di daerah anda.

Jika anda membiarkan kondisi ini, mungkin memang awalnya pendingin pada dispenser anda masih tetap berfungsi, namun lambat laun akan mengalami kerusakan dan malah bisa merambat ke komponen atau bagian yang lain. Jika hal ini terjadi, maka biaya yang harus anda keluarkan pun tidak bisa dikatakan sedikit seperti yang dijelaskan pada harga elemen pendingin dispenser.

  1. Masalah pada kompressor

Sama halnya dengan kulkas, dispenser juga memiliki kompressor yang berfungsi untuk mendinginkan suhu pada dispenser anda sehingga anda bisa selalu bisa memperoleh air dingin dari dispenser tersebut.

Apa jadinya jika ternyata dispenser anda mengalami kerusakan pada bagian pendinginnya yang merupakan salah satu jenis kerusakan dispenser, dimana salah satu penyebabnya yakni pada bagian kompressor. Jika sudah seperti ini, maka yang harus anda lakukan adalah dengan membawa dispenser anda tersebut ke tempat service kulkas karena kerusakannya pada kompressor. 

Sponsors Link

Mungkin anda membutuhkan waktu kurang lebih 3 hari baru kemudian anda bisa mengambil dan menggunakan dispenser anda kembali.

Cara mengatasi dispenser rusak

Setelah anda memahami tentang apa saya yang menyebabkan pendingin dispenser anda tidak berfungsi alias rusak, maka selanjutnya anda harus tahu tentang bagaimana cara mengatasinya.

Yang harus anda perhatikan jika kerusakan yang terjadi pada kabel-kabel instalasi atau pemasangan yang ada di pendingin dispenser, maka anda harus memeriksa kabel-kabel tersebut yang biasanya terhubung ke switch dengan rangkaian yang ada di power supply TEC.  Dispenser yang jarang digunakan akan terdapat bintang-bintang yang bisa menyebabkan kerusakan pada dispenser atau pendingin dispenser anda.

Jika kerusakan terjadi karena kabelnya putus, maka anda harus segera meperbaikinya dengan cara menyambungnya kembali. Namun, jika yang menjadi masalah adalah terletak di switch dingin atau yang juga disebut dengan cool, maka anda bisa memperbaiki dengan cara melepaskan semua sambungan listrik yang ada pada dispenser tersebut, kemudian barulah anda mulai mencabut cool atau switch pendingin tersebut. Selanjutnya, anda bisa melakukan test dengan cara menggunakan avometer dengan poisis Ohm x1 maupun juga Ohm x10.

Jika setelah anda melakukan cara ini, namun ternyata kontak masih belum menyala, maka cara selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan mengganti switch pendinginnya tersebut dengan yang baru yang tentu saja memiliki jenis yang sama.

Akan tetapi, jika penyebab pendingin dispenser rusak disebabkan oleh kinerja dari TEC yang kurang maksimal, maka yang harus anda lakukan adalah dengan mengecek kondisi TEC tersebut dengan cara membuat heatsink-nya dan apakah di sana masih ada pasta putih atau tidak. Jika tidak, maka berilah pasta putih secukupnya yang bisa anda beli di took elektronik.

Sponsors Link

Posted by · Tags: pendingin dispenser, pendingin dispenser rusak, penyebab