ads

Tidak bisa kita pungkiri bahwa dispenser merupakan salah satu kebutuhan yang wajib kita penuhi dan harus ada di rumah kita. Memiliki dispenser memang tidak perlu harus mengeluarkan biaya yang terlalu mahal, tergantung jenis dan merk dispenser yang anda gunakan.

Sebenarnya, di awal penggunaannya, dispenser hanya digunakan sebagai alat atau sarana yang berguna hanya untuk mengaliarkan air yang ada di dalam galon. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan manusia yang ingin sesuau terlaksana secara instan, maka kemudian muncullah dispenser yang menyediakan fitur baru yakni  bisa membuat air galon tersebut menjadi panas maupun juga dingin.

Tentu dengan adanya fitur ini maka pekerjaan kita akan sangat terbantu ketika ingin membuat kopi maupun es, maka kita sudah tidak perlu harus memasak nasi atau menyiapkan es batu. Selain itu, dispenser yang baru ini dilengkapi dengan adanya lampu indicator yang akan memudahkan anda untuk mengetahui apakah fitur panas atau dingin pada dispenser anda bekerja atau tidak.

Selain itu, lampu indikator yang ada pada dispenser anda juga akan membantu di dalam mengetahui apakah dispenser tersebut sedang terhubung ke listrik atau tidak. Namun anda juga harus tahu, bahwa pemakaian barang elektronik secara terus-menerus bisa menyebabkan performa atau kinerjanya menurun sehingga bisa mengakibatkan beberapa masalah.

Salah satu masalah yang terjadi ketika dispenser digunakan dalam waktu lama dan terus-menerus adalah lampu indikatornya mati alias tidak berfungsi yang memang menjadi salah satu jenis kerusakan dispenser yang umum terjadi.. Hal ini tentu saja akan membuat anda frustasi karena akan memberikan kesan bahwa dispenser anda mudah rusak.

Maka dari itu, kami akan memberikan penjelasan kepada anda apa saja hal yang menyebabkan kerusakan pada lampu dispenser sebelum anda memutuskan untuk memperbaikinya yang juga bisa anda jadikan sebagai salah satu cara mengatasi dispenser rusak .

  1. Sambungan kabel yang putus

Salah satu penyebab mengapa lampu pada dispenser anda tidak mau menyala alias mati adalah karena sambungan kabelnya yang terputus. Pada awalnya mungkin anda tidak menyadari hal ini karena anda kira bahwa mungkin kerusakan yang terjadi langsung terdapat pada lampu dispenser anda tersebut.

Lantas apa yang harus anda lakukan? Tentu saja mudah, yakni anda hanya perlu menyambungkan kembali kabel yang terputus tersebut dan kemudian anda coba nyalakan dispenser anda apakah lampunya kembali menyala atau tidak.

Biasanya memang penyebab utama adalah karena kabelnya yang putus. Namun, jika ternyata cara ini masih belum menunjukkan perkembangan alias belum berhasil, maka tentu anda harus mulai menganalisa penyebab yang lainnya.

  1. Saklar yang rusak

Jika kerusakan bukan ada pada kabel, maka penyebab yang lain mungkin bisa karena disebabkan oleh saklar yang rusak. Saklar merupakan sebuah perangkat yang digunakan, baik untuk menyambung maupun memutus aliran listrik. Sama halnya dengna dispensre, saklar yang digunakan dalam waktu yang lama juga lama kelamaan akan mulai mengalami masalah. 

Sponsors Link

Dan jika setelah anda mengecek kondisi kabel dispenser anda baik-baik saja, maka mulailah untuk mengecek kondisi saklar anda tersebut.  Kemungkinan kabel yang berfungsi menghidupkan atau mematikan saklar sudah rusak.

Maka dari itu, anda harus melakukan pengecekan dan membetulkan kondisi  kabel pada saklar dispenser anda agar supaya lampunya bisa menyala kembali. Anda harus ingat bahwa lakukan cara ini dengan berhati-hati agar supaya anda tidak sampai salah dalam pemasangan kabel.

  1. Thermofuse yang putus

Penyebab yang ketiga mengapa lampu yang ada pada dispenser anda tidak kunjung menyala adalah karena thermofuse-nya telah putus. Apakah anda tahu apa kegunaan atau fungsi dari Thermofuse? Thermofuse merupakan sebuah perangkat yang memiliki kegunaan untuk melindungi peralatan anda dari berbagai macam kerusakan yang diakibatkan oleh overheat atau yang juga disebut dengan kepanasan.

Dispenser yang selalu dipakai terus-menerus tentu saja harus menggunakan sebuah alat yang nantinya akan berguna sebagai pendingin karena jika tidak, maka akan mudah mengalami kepanasan sehingga akan menyebabkan kerusakan pada perangkat yang lainnya.

Salah satu masalah yang disebabkan karena Thermofuse mengalami kerusakan adalah pendingin pada dispenser anda menjadi tidak berfungsi dan kemudian akan menyebabkan lampu LED dispenser juga tidak berfungsi. Jika kondisi ini dibiarkan, maka bisa menyebabkan kerusakan pada bagian atau komponen yang lainnya.

Maka dari itu, anda harus segera melakukan pengecekan terhadap Thermofuse sehingga nanti anda bisa segera mengetahui apa penyebab utama lampu dispenser mati.

Itulah penjelasan yang bisa kami berikan kepada anda. Memang penting untuk menjaga kondisi dispenser anda agar tetap baik, salah satunya dengan mempelajari tentang cara membersihkan galon yang kotor. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sponsors Link

Posted by · Tags: dispenser mati, lampu dispenser mati, penyebab lampu dispenser