ads

Dispenser merupakan peralatan elektronik rumah tangga yang memiliki fungsi sebagai tempat menampung air minum. Seiring dengan perkembangan teknologi, fungsi dispenser bukan hanya sebagai penyimpan air saja namuan dapat memanaskan dan mendinginkan air minum. Namun meskipun saat ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, tidak membuat dispenser menjadi barang  yang tidak memiliki kekurangan.

Sama halnya dengan peralatan elektronik lainnya, dispenser juga dapat mengalami kerusakan. Beragam kerusakan umum yang sering terjadi  pada dispenser yaitu kebocoran dispenser. Bagi anda yang sedang memiliki dispenser yang bocor dan mencari tahu bagaimana cara memperbaikinya, mungkin informasi dibawah dapat membantu anda untuk mengatasi kebocoran pada dispenser anda.

Kenali Penyebab Kebocoran

Penyebab kebocoran pada dispenser dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain adalah :

1. Kebocoran pada  galon air

Penyebab umum yang biasanya dapat membuat dispenser mengalami kebocoran adalah galon air yang rusak dan tidak dapat terpakai lagi. Kebocoran pada galon air minum dapat menyebabkan luapan air minum. Anda dapat mengecek apakah kebocoran berasal dari galon air atau tidak dengan cara mengganti sementara galon air dengan botol air minum ukuran 1,5 liter. Bila tidak terjadi kebocoran ataupun tetesan air selama penggantian maka dapat dipastikan bila penyebab kebocoran berasal dari galon air minum.

2. Kebocoran Kran

Penyebab umum kebocoran dispenser lainnya adalah kebocoran pada tuas kran dispenser. Biasanya kebocoran kran terjadi karena kran pada dispenser sudah tidak dapat digunakan sehingga air minum akan terhambat keluar bahkan air dapat keluar terus menerus meskipun tuas kran telah tertutup rapat. Selain itu penyebab kebocoran pada kran dispenser juga diakibatkan pemasangan kran yang tidak tepat serta menumpuknya kotoran yang akhirnya mengendap disekitar karet kran dan menyebabkan tetesan air terus saja mengalir keluar.

baca juga:

3. Kebocoran Sambungan Selang

Sambungan selang yang pecah dan tidak rapat juga dapat menyebabkan kebocoran pada dispenser. Hal ini sering terjadi pada instalasi selang yang dilalui oleh air panas. Sehingga perlu diperhatikan dalam pemasangan selang air agar lebih kuat dan rapat.

Sponsors Link

4. Tatakan Galon Pecah

Penyebab kebocoran dispenser lainnya adalah tatakan (tempat meletakkan kepala galon pada dispenser) galon dalam kondisi pecah atau retak. Jika kebocoran terjadi pada sisi-sisinya namun tatakan galon masih terlihat bagus-bagus saja maka kemungkinan penyebabnya adalah kerusakan karet/seal yang melingkar di bagian bawah tattakan.

Cara Mengatasi Kebocoran:

Kebocoran pada dispenser tentunya akan membuat fungsi dispenser sebagai penyimpan air tidak akan bekerja dengan baik. Setelah mengetahui penyebab kebocoran dispenser, anda dapat memperbaiki kebocoran yang ada. Berikut beberapa penjelasannya:

  • Bila kerusakan terjadi akibat galon air yang mengalami kebocoran , maka satu satunya cara untuk mengatasinya yaitu dengan mengganti galon air minum anda dengan yang masih baru.
  • Bila kerusakan diakibatkan tuas kran dispenser yang kendur maka anda dapat melepas tuas kran dispenser dan kemudian memasang kembali dengan benar. Bila tuas kran memang rusak dan tidak dapat digunakan, anda dapat menggantinya dengan kran yang baru. Jangan lupa untuk membersihkan kotoran-kotoran yang terdapat di sekitar karet kran yang dapat membuat pemasangan kran tidak maksimal.
  • Bila kebocoran terdapat pada selang air, segera ganti selang air yang robek dan pecah tersebut dengan yang baru. Dan pastikan untuk memasang selang lebih kuat dan rapat.
  • Dan bila kerusakan terjadi akibat tatakan galon yang pecah dan retak, anda dapat mengganti tatakan galon yang baru dan sesuai dengan jenis dispenser yang anda miliki.

Mudah bukan memperbaiki kebocoran pada dispenser. Yang paling penting adalah mengetahui penyebabnya sehingga anda dapat untuk memperbaiki dispenser dengan mudah. Semoga informasi ini dapat membantu anda.

Sponsors Link

Posted by · Tags: bocor, kerusakan, rusak