ads

Akan sangat nikmat jika kalian bisa minum minuman dingin pada saat siang hari. Dimana matahari bersinar sangat terik dan sangat panas. Pada saat inilah fungsi dari kulkas serta dispenser air dingin sangat berguna. Mungkin selama ini kalian tahu jika dispenser biasa digunakan untuk membuat air panas. Tapi dengab kecanggihan teknologi, kalian bisa menemukan dispenser multifungsi yang. Dispenser multifungsi tidak hanya bisa untuk mengubah air biasa menjadi panas, tapi juga bisa mengubah air biasa menjadi dingin.

Dengan adanya dispenser multifungsi kalian jadi tidak perlu repot buat keluar rumah demi mencari minuman dingin untuk mengatasi kegerahan. Tapi tentu akan sangat menjengkelkan jika hal ini berantakan hanya karena dispenser kalian tidak bisa dingin. Kalian pasti akan segera berusaha untuk memperbaiki masalah ini. Tapi alangkah baiknya untuk mencari tahu mengenai penyebab yang membuat dispenser tidak bisa menghasilkan air dingin. Berikut beberapa penyebab yang bisa membuat dispenser kalian tidak bisa menghasilkan air dingin.

baca juga:

Penyebab Dispenser Tidak Dingin

Sebelum kalian memperbaiki dispenser yang bisa menghasilkan air dingin. Akan lebih baik jika kalian mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Karena  jenis dispenser yang bisa menghasilkan air dingin akan memakai komponen pendingin  yang disebut dengan peltier atau kompresor. Kompresor yang digunakan sama denan yang dipakai oleh kulkas.

Yang paling sering menyebabkan kerusakan pada dispenser dingin yaitu terjadiny kerusakan pada komponen pendinginnya. Selain itu juga bisa terjadi karena putaran kipas angin pada dispenser yang lambat. Serta adanya masalah pada rangkaian listrik yang tidak bisa bekerja dengan. Tapi tidak jarang juga penyebab lainnya dikarenakan bagian kabel instalasi yang berada pada komponen pendingin terputus, terjafi kerusakan pada tombol switch cold serta kerusakan pada power supply buat TEC dan TEC.

Cara Mengatasi Dispenser Tidak Dingin

Kalian bisa mulai memperbaikinya jika sudah mengetahui sunber masalah atau penyebabnya. Sebelum membeli barang seperti membeli kabel lebih baik untuk memperhatikan kabel serta komponen lain didalam dispenser. Ini untum mencegah terjadinya kesalahan pada saat pembelian. Perhatikan kabel-kabel utama yang menghubungkan switch dingin serta power supply TEC.

Jika dispenser kalian jarang dipakai, jangan heran jija terdapat binatang-binatang perusak kabel-kabel dispenser. Jika kalian menemukan kabel yang rusak bahkan putus, kalian bisa memperbaiki serta menyambungkan kembali kabel-kabel instalasi itu.

Sponsors Link

Jika ternyata sumber masalahnya dikarenakan kerusakan pada switch dingin sehingga mesin pendinginan tidak menyala, kalian bisa memperbaikinya dengan melepaskan sambungan listrik dispenser terlebih dahulu lalu cabutlah switch dingin. Kemudian kalian bisa melakukan tes dengan memakai Avometer dengan posisi Ohm x1 atau dengan posisi Ohm x10. Jika kontak masih tetap tidak mau menyala, kalian harus mengganti switchnya.

Tapi jika penyebab dispenser tidak dingin dikarenakan TEC yang tidak bekerja secara maksimal, kalian diharuskan untuk mengecek keadaan pendingin TEC. Bukalah heatsink TEC serta perhatikan. Apakah pasta putih pada kedua sisi lempeng TEC masih ada atau telah mengering. Jika pasta disekelilingnya mengering, kalian harus membersihkan sisa-sisa terlebih dahulu baru kemudian melumurinya dengan pasta.

Proses pendinginan juga bisa kurang maksimal dikarenakan putaran kipas pendingin yang menurun atau lemah. Jika kipas pendingin tidak bekerja secara maksimal ini akan membuat panas dari bagian luar TEC bisa terbuang dengan maksimal.

Sponsors Link

Posted by ·