ads

Dispenser adalah sebuah alat elektronik yang digunakan bukan hanya sebagai tempat untuk menyimpan atau menampung air, melainkan alat ini juga berguna untuk memanaskan atau mendinginkan air yang akan memudahkan keperluan anda ketika anda ingin membuat jus, kopi, teh, maupun merebus mie instan.

Hal ini yang menjadi salah satu alasan mengapa dispenser banyak diminati di kalangan ibu-ibu karena terbukti akan mempersingkat waktu dan mempermudah pekerjaan ibu.

Akan tetapi, penggunaan dispensre dalam waktu yang lama tentunya akan menimbulkan berbagai permasalahan, terutama jika anda yang tidak mengetahui bagaimana cara merawat dispenser yang baik. Dan salah satu kerusakan yang akan dialami adalah dispenser anda akan mengalami kebocoran.

Maka dari itu, penting bagi anda untuk mengetahui apa saja yang menjadi sebab dispenser anda bocor sebelum nanti anda mulai mempelajari tentang bagaimana cara memperbaiki dispenser yang bocor.

1. Galon air yang bocor

Penyebab dispenser bocor secara umum adalah karena galon airnya yang mengalami kebocoran. Ada beberapa hal yang menjadi sebab mengapa galon air anda bisa mengalami kebocoran, salah satunya adalah pemakaian yang kurang terawat atau juga bisa disebabkan karena galon air tersebut pernah jatuh sehingga menimbulkan keretakan.

Jika kondisi ini dibiarkan, maka akan menyebabkan air galon tersebut akan meluap sehingga kemudian akan membuat bagian luar pada dispenser akan basah. Meskipun kebocoran pada bagian atas maupun bawah terbilang kecil, namun jika dibiarkan begitu saja maka bisa memicu kerusakan lagi pada bagian dispenser anda sehingga harus segera anda tangani.

Untuk kasus yang paling parah, air yang ada pada galon tersebut tidak dapat sampai pada sistem yang ada pada dispenser sehingga menyebabkan airnya tidak dapat keluar ke tempat penampungan dispenser.

2. Kebocoran pada bagian selang

Penyebab kedua mengapa dispenser anda mengalami kebocoran pada bagian atas adalah kondisi selangnya yang sudah bocor. Kondi selang dispenser yang sudah pecah bisa menjadi penyebab mengapa dispenser anda mengalami kebocoran pada bagian atas.

Kondisi seperti ini umum terjadi pada selang yang berfungsi untuk mengalirkan air panas karena semakin lama kondisi selang yang terkena air panas akan mulai mengalami keretakan sehingga kemudian bisa bocor.

Maka dari itu, anda disarankan harus selalu mengecek kondisi selang pada dispenser, baik yang digunakan untuk menyalurka air dingin maupun jug ayang digunakan untuk menyalurkan air panas.

3. Kebocoran pada bagian kran

Penyebab ketiga mengapa dispenser anda bisa mengalami kebocoran pada bagian atas adalah karena kondisi kran dispenser yang sudah rusak. Sama halnya dengan selang, kran dispenser mengalami kerusakan salah satunya adalah karena pemakaiannya kurang diperhatikan sehingga kemudian menyebabkan kran tersebut menjadi bocor.

Jika sudah seperti ini, maka kran tersebut akan terus menerus mengalirkan air meskipun anda tidak menekan tombol apapun dan meskipun anda sudah menutup krannya secara rapat. Selain itu, kondisi kebocoran kran ini juga bisa terjadi karena anda kurang tepat memasang kran sehingga posisinya tidak sesuai dengan tempat penampung air.

Dan yang harus anda lakukan yakni dengan melakukan pengecekan terhadap bagian kran dispenser anda tersebut apakah posisinya sudah benar. Jika sudah benar, maka kemudian anda beralih pada pengecekan kran dispenser apakah ada bagian yang pecah yang menjadi sebab kebocoran pada bagian atas.

Sponsors Link

Cara memperbaiki kebocoran dispenser

Lantas bagaimana cara yang harus anda lakukan untuk mengatasi permasalahan dispenser yang bocor pada bagian atas? Namun sebelum itu, kami ingin mengajak anda mempelajari informasi lainnya seperti penyebab pendingin dispenser rusak dan juga cara cek heater dispenser yang merupakan informasi yang sangat berguna untuk anda.

  • ┬áKetahui dulu apa yang sebenarnya yang menjadi sebab dispenser anda mengalami kebocoran pada bagian atas
  • Jika ternyata kebocoran tersebut disebabkan oleh galon atau juga kondisi selang yang sudah tidak bagus lagi, maka anda tidak menggantinya dengan yang baru
  • Jika permasalahan terletak pada kondisi tuan kran yang kurang rapat, maka anda perlu mengendurkannya kembali dan selanjutnya mulailah anda merapatkannya kembali. Kami juga menyarankan agar anda jangan sampai lupa membersihkan kotoran yang menempel pada kran yang bisa menghambat proses pemasangannya

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai penyebab dispenser bocor dari atas. Jika cara-cara di atas belum berhasil, maka silahkan anda bawa ke tempat servis dispenser terpercaya di daerah anda.

Sponsors Link

Posted by · Tags: bocor di atas, Dispenser bocor, penyebab dispenser bocor