ads

Dispenser adalah sebuah alat elektronik yang mungkin Anda merupakan salah satu penggunanya. Dispenser memang sudah banyak membantu pekerjaan kita, seperti membuat kopi, es teh, dan lain sebagainya.

Kita hanya perlu menekan satu tombol saja dan langsung mendapatkan air yang kita inginkan. Belum lagi sekarang ini sudah banyak merk dispenser yang menawarkan berbagai macam teknologi pada dispensernya yang semakin membuat dispenser tersebut banyak diminati.

Namun secara umum, terdapat dua jenis dispenser. Pertama dinamakan dispenser galon bawah dan yang kedua dinamakan dispenser galon atas. Kedua jenis dispenser ini memiliki komponen yang hampir sama. Yang membedakan adalah tempat peletakkan galon dimana dispenser galon bawah lebih mudah dalam peletakkan galon dibandingkan dispenser galon atas.

Berikut ini akan kami bagikan informasi terkait apa saja komponen yang dimiliki oleh dispenser galon bawah yang penting untuk Anda ketahui.

1. Corong dispenser

Komponen pertama yang ada pada dispenser bawah adalah corong dispenser. Fungsi dari corong dispenser adalah tempat untuk meletakkan ujung atau mulut galon. Perlu dipahami bahwa ketika Anda ingin memasang galon. Pastikan mulut galon sudah terpasang dengan benar.

Jangan sampai antara corong dispenser dan mulut galon tidak terpasang dengan presisi. Akibatnya bisa menjadi salah satu penyebab dispenser bocor yang dikhawatirkan malah mengganggu komponen lainnya.

2. Tangki penampung air

Komponen kedua yang juga bisa Anda temukan pada dispenser galon atas adalah tangki penampung air. Untuk fungsinya kami yakin Anda sudah mengetahuinya dimana komponen ini digunakan untuk menampung air yang berasal dari galon.

Dari sinilah nanti air akan mengalami proses pendinginan atau pemanasan sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Heater

Heater merupakan komponan yang penting di dalam dispenser. Heater merupakan komponen pemanas air yang fungsinya untuk memanaskan suhu air pada tangki dispenser untuk digunakan sesuai dengan keperluan kita. Sekedar informasi bahwa ada dua jenis heater, yaitu:

  • Heater yang posisinya menjadi satu dengan tabung pemanas
  • Heater yang posisinya tidak menjadi satu atau berada di luar tabung pemanas.

4. Bimetal dispenser atau thermodis

Thermodis atau yang juga dinamakan sebagai bimetal dispenser adalah bagian inti dispenser yang memiliki fungsi menurunkan suhu air yang panasnya sudah mencapai batas maksimal. Thermostat juga akan langsung memutus aliran listrik yang mengalir ke dalam tabung dispenser.

Mengenai titik didih yang bisa dijangkau oleh bimetal dispenser adalah 80 sampai 90 derajat celcius. Sekedar informasi bahwa Anda harus menggunakan air yang layak agar thermostat mampu mencapai titik didih yang sempurna.

5. Peltier

Komponen yang tidak kalah penting adalah peltier yang juga dinamakan sebagai komponen keramik. Fungsi dari komponen ini adalah untuk mendinginkan pada satu bagian dan memanaskan pada bagian yang lain. Namun dengan catatan peltier dialiri dengan listrik 12 volt DC. Jika peltier rusak, maka bisa menjadi penyebab dispenser kedua krannya panas maupun dingin.

Demikian informasi yang bisa kami berikan tentang komponen dispenser galon bawah yang penting. Sebenarnya masih ada beberapa komponen lainnya yang tidak kalah penting, diantaranya: kipas dispenser, thermostat, dan juga mesin compressor.

Sponsors Link

Posted by · Tags: galon bawah, komponen dispenser