ads

Apakah anda tahu kenapa dispenser berbunyi? Dispenser merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi di era sekarang ini. Sudah banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari menggunakan dispenser. Ada beberapa merk dispenser yang saat ini digunakan oleh kebanyakan ibu rumah tangga.

Salah satu yang banyak digunakan adalah dispenser merk Polytron. Namun apapun merknya, jika tidak dirawat dan digunakan dengan baik sudah tentu bisa menimbulkan berbagai macam gangguan. Gangguan pada dispenser bisa berasal dari dispenser itu sendiri atau juga berasal dari galonnya.

Jika di awal dispenser hanya berfungsi sebagai penampung air, namun sekarang sudah bisa digunakan untuk memanaskan maupun juga mendinginkan air. Hal ini yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak yang menggunakan dispenser.

Lantas apakah anda tahu kenapa dispenser anda berbunyi? Perlu anda tahu bahwa tidak semua dispenser yang berbunyi terindikasi mengalami gangguan. Untuk mengetahuinya, silahkan anda simak di bawah ini.

1. Karena air galon

Alasan mengapa dispenser anda berbunyi adalah bisa karena berasal dari air galon. Mungkin untuk penjelasan pertama ini anda sudah tentu tidak asing lagi karena semua dispenser merk apapun, khususnya yang posisi galonnya terbalik sudah tentu akan berbunyi.

Rentang waktu bunyinya tersebut juga tidak bisa diprediksi. Namun yang pasti adalah masalah dispenser berbunyi adalah karena air galon. Air galon tersebut mengalir ke bawah menuju selang dispenser sehingga kemudian menimbulkan bunyi. Bunyi tersebut berasal dari gelembung yang keluar ketika air tersedot ke bawah.

Sudah tentu untuk masalah ini anda sudah tidak perlu khawatir lagi. Yang terpenting anda harus tetap membersihkan dan merawat galon agar supaya tidak berjamur sehingga menggangu kualitas airnya.

2. Heater yang rusak

Alasan kedua yang membuat dispenser anda berbunyi adalah kondisi heater yang sudah mulai rusak. Seperti yang kita tahu bahwa fungsi dari heater adalah untuk mengontrol panas. Heater yang akan berguna untuk menjaga suhu pada dispenser agar supaya tidak sampai terlalu panas yang malah akan membuat dispenser rusak.

Maka dari itu, anda harus mengecek dispenser. Cara cek heater dispenser yang bisa anda lakukan adalah dengan membongkar bagian dalamnya. Kemudian anda harus mengecek bagian peltier untuk mengetahui apakah heater anda dalam kondisi baik atau tidak.

Jika anda menemukan bahwa heater atau peltier sudah dalam kondisi rusak, maka anda tinggal menggantinya dengan yang baru. Namun yang harus anda ingat bahwa anda harus membawa peltier lama anda agar penjual bisa mencocokkan bentuk dan ukuran peltier agar supaya bisa dipasang kembali ke dispenser anda.

Sponsors Link

3. Dispenser mengalami kebocoran

Alasan kenapa dispenser berbunyi adalah karena mengalami kebocoran. Kebocoran pada dispenser menjadi salah satu masalah yang akan terjadi pada merk dispenser mana pun jika tidak dirawat dengan baik. Untuk mengatasinya, maka anda harus membongkar dispenser dan melihat bagian mana yang mengalami kebocoran.

Anda hanya boleh melakukan cara ini jika anda sudah berpengalaman. Maka dari itu, anda tinggal membawanya ke tempat service untuk mengecek kondisi dispenser anda.

Sponsors Link

Posted by · Tags: Dispenser, dispenser berbunyi