ads

Dispenser telah menjadi satu diantara sekian banyak kebutuhan rumah tangga yang penting. Bukan hanya di rumah tangga, tetapi juga di rumah makan, perusahaan, instansi pemerintah, layanan publik dan lain-lain. Hampir kebanyakan menggunakan dispenser untuk menyajikan air minum baik yang dingin maupun yang panas. Inilah salah satu keunggulan dispenser yang banyak diminati masyarakat yakni mampu mendinginkan dan memanaskan air secara otomatis dengan bantuan daya listrik.

Pada mulanya yang booming di Indonesia adalah dispenser galon atas. Jenis dispenser yang satu ini memanfaatkan gaya gravitasi untuk menyalurkan air dari tangki penampung ke kran dispenser. Akan tetapi, tidak semua dispenser galon atas mampu menjalankan fungsi sebagai pendingin dan pemanas air. Sebagian ada yang hanya dapat mendinginkan air atau memanaskan air saja. Sebagai pioner dispenser elektronik ini, dispenser galon bawah juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus Anda ketahui sebelum membelinya. Inilah kekurangan dispenser galon bawah yang harus menjadi pertimbangan Anda.

  • Berat Mengangkat Galon Ke Atas Dispenser

Galon air mineral rata-rata memiliki volume sekitar 19 liter atau setara dengan 19 kg (konversi 1 liter air = 1 kg karena massa jenis air sama dengan 1 kg/liter). Berat tersebut tidaklah ringan. Mungkin bagi kaum pria, mengangkat satu buah galon ke atas dispenser tidaklah berat. Namun, bagi kaum wanita hal ini membutuhkan tenaga yang ekstra. Jika tidak kuat, maka galon bisa jatuh dan air di dalamnya akan tumpah membasahi sekelilingnya. Mungkin juga termasuk Anda yang saat itu mengangkatnya.

Tak cukup dengan mengangkatnya ke atas, kita juga harus memastikan bahwa galon air mineral pada posisi yang tepat. Salah satu penyebab kebocoran dispenser ialah posisi galon air yang tidak tepat. Apabila miring sedikit saja, tidak pas dengan corong air, maka akan menimbulkan kebocoran. Air di dalam galon mineral akan tumpah membasahi badan dispenser. Jadi, jika Anda merasa tidak yakin bisa mengangkatnya, lebih baik percayakan tugas yang satu ini pada orang yang tepat.

  • Rentan Mengalami Kerusakan

Semua jenis alat elektronik rentan terhadap kerusakan baik ringan maupun berat. Termasuk dispenser. Dispenser galon atas rentan terhadap berbagai kerusakan. Satu diantaranya ialah komponen pemanas atau pendingin air yang tidak berfungsi dengan normal sehingga kedua krannya hanya mampu mengalirkan air mineral biasa. Selain itu, kran dispenser yang tidak dapat menutup sempurna, lampu warm/cool yang tidak menyala dan lain-lain. Pahami berbagai jenis dispenser dan harganya semua merk karena spesifikasi dispenser galon atas juga menentukan kualitasnya.

Jika dispenser galon atas milik Anda mengalami kerusakan, maka sebaiknya bawalah ke service center dari brand yang berkaitan. Jangan mencoba memperbaikinya sendiri meskipun masa garansi dispenser telah usai. Apabila Anda tidak begitu berkompeten dalam hal elektronika, maka sebaiknya percayakan pada ahlinya.

Sponsors Link

  • Risiko Terkena Kotoran dari Lingkungan Sekitarnya

Galon yang terpampang di atas dispenser bisa terkena berbagai macam kotoran seperti debu, asap rokok (jika orang di sekitar penggunanya adalah perokok), kotoran hewan dan lain-lain. Kotoran tersebut bisa juga mengenai corong atau mulut dispenser atas yang membuat air di dalamnya tidak lagi higienis. Hal ini tentu saja membahayakan pemiliknya karena bisa terserang penyakit, seperti diare atau gangguan saluran pencernaan.

Sebelum membeli salah satu merk dispenser galon atas, pertimbangkan terlebih dahulu kekurangan dispenser galon atas yang telah diuraikan tersebut, ya!

Sponsors Link

Posted by · Tags: Dispenser, dispenser galon atas, galon atas, kekurangan