ads

Dispenser menjadi alat elektronik yang mungkin sudah dimiliki oleh banyak orang. Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin maju, perkembangan teknologi dispenser semakin memberikan fitur-fitur yang canggih dan semakin membantu banyak ativitas manusia sehari-hari.

Namun meskipun semakin canggih, tidak berarti jika dispenser tidak memiliki kekurangan. Semakin canggih dispenser nyatanya juga di iringi dengan semakin bermacam-macamnya jenis kerusakan pada dispenser. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa jenis kerusakan dispenser yang sering terjadi.

1. Kebocoran dispenser

Dispenser yang mengalami kebocoran biasanya disebabkan oleh beberapa hal antara lain adalah:

  • Kerusakan pada kran air dispenser
  • Selang atau pipa dispenser rusak
  • Galon air minum yang bocor
  • Dan lain-lainnya.

Kerusakan pada kran air dispenser biasanya disebabkan karena karet kran yang rusak, kaku, dan sudah tidak dapat digunakan lagi. Sehingga dapat menyebabkan keluarnya tetesan tetesan air minum pada celah karet kran.msekipun hanya tetesan, hal tersebut tentunya akan membuat anda kerepotan untuk membersihkan genangan air tersebut.

Jika kerusakan terdapat pada kran air, anda cukup hanya mengganti karet kran dengan yang baru. Selain itu, kebocoran pada dispenser juga dapat disebabkan pipa atau selang yang menyambungkan antara kran dengan tempat penampungan air, tabung air panas, dan corong penampung air minum mengalami kebocoran dan rusak.

Biasanya hal ini sering terjadi pada kasus selang pada tabung panas. Hal ini disebabkan oleh selang air yang tidak kuat terhadap suhu panas sehingga terjadi kebocoran. Untuk mengatasi kondisi ini, anda dapat mengganti selang air dengan jenis selang yang bersifat anti panas. Anda dapat membelinya di toko-toko elektronik terdekat. Bila kebocoran dispenser berasal dari galon air minum, anda dapat mengatasi nya dengan cara mengganti galon air minum anda dengan yang baru.

Sponsors Link

baca juga:

2. Air dispenser menjadi tidak panas/ tidak dingin

Pernahkah anda mengalami kejadian dispenser tidak dapat mengeluarkan air panas? Bisa saja hal ini disebabkan oleh kerusakan komponen listrik dalam elemen pemanas air. Penyebab komponen listrik yang rusak ini bisa disebabkan oleh beberapa hal yaitu bimetal peraba suhu yang putus, kabel-kabel rangkaian listrik pemanas putus, ataupun dikarenakan tabung pemanas air yang rusak.

Kabel-kabel rangkaian listrik ini biasanya menghubungkan antara komponen pemanas dengan bimetal, saklar dengan sumber listrik dan masih banyak lainnya. Hal inilah yang menyebabkan air yang keluar dari kran panas tidak menjadi panas.

Bila kerusakan yang terjadi adalah dispenser tidak dapat mengeluarkan air dingin, hal ini dapat diakibatkan thermostat pada dispenser yang mengalami kerusakan.  Sama halnya dengan kerusakan dispenser yang tidak dapat mengeluarkan air panas, cobalah untuk memeriksa rangkaian kabel listrik didalamnya. Lakukan pengecekan pula pada bagian komponen pendingin dispenser.

3. Lampu indikator tidak menyala

Kerusakan dispenser ini disebabkan oleh rangkain listrik didalam elektronik khususnya yang menyambung ke lampu indikator mengalami kerusakan sehingga lampu indikator tidak mau bekerja dan mati. Untuk lebih jelasnya cobalah untuk mengecek komponen-komponen elektronik seperti dioda, resistor, dan kabel-kabel rangkaian di dalamnya.

4. Dispenser mati total

Dispenser yang mati total biasanya ditandai dengan kondisi dispenser yang tidak menyala meskipun sudah disambungkan ke arus listrik. Hal ini biasanya disebabkan oleh kabel-kabel didalamnya yang putus, kerusakan pada saklar, dan lain-lainnya. Cek terlebih dahulu agar lebih jelas mengetahui penyebab pasti kerusakan dispenser.

Sponsors Link

Posted by · Tags: bocor, kerusakan