ads

Dispenser merupakan peralatan elektronik rumah tangga yang mungkin setiap orang memilikinya dirumah. Dispenser berfungsi sebagai alat untuk menyimpan air minum. Seiirng dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, saat ini banyak jenis dispenser yang dijual di pasaran dengan bergaia macam fitur pendukung didalamnya. Bagi anda yang belum mengetahui dengan jelas, berikut beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis dispenser air minum yang beredaran di pasar saat ini .

Jenis dispenser air minum bedasarkan sumber air

1. Pumbled-in Dispenser

Jenis dispenser ini merupakan jenis dispenser yang sumber air minumnya disuplai langsung dari pipa PDAM sehingga tidak membutuhkan galon air minum. Fungsi dispenser ini sama seperti dispenser pada umumnya yang memiliki fasilitas air panas dan air dingin. Namun pada dispenser ini lebih memfokuskan pada proses permurnian air minum. Proses pemurnian dimulai dari air dari pipa kemudian di filter dan disterilkan. Kemudian setelah disterilkan, air PDAM disalurkan ke tangki-tangki penampungan untuk dipanaskan ataupun didinginkan.

Dispenser ini terbilang sangat rumit namun lengkap karena didalamnya terdapat alat untuk mensterilkan air sekaligus alat pemanas dan pendinginnya. Tentunya dengan komponen-komponen yang lengkap ini membuat jenis dispenser ini terbilang mahal dibandingkan dengan dispenser biasanya. Selain itu, dispenser ini  tidak dapat dipindah-pindah tempat karena tergantung pada saluran airnya.

Namun keunggulannya, anda tidak perlu repot-repot berurusan dengan galon. Yang perlu anda perhatikan adalah perawatan dan penggantian filter air yang rutin agar fungsinya dapat bekerja maksimal. Dispenser jenis ini banyak digunakan di perusahaan-perusahaan bahkan di tempat-tempat umum seperti bandara, stasiun, dan masih banyak lainnya.

2. Bottled Dispenser

Untuk jenis dispenser yang satu ini tentunya sudah banyak orang yang mengetahuinya. Bahkan banyak yang menggunakannya sebagai salah satu peralatan rumah tangga. Perbedaan yang mencolok dibandingkan dengan jenis dispenser diatas adalah dispenser ini menggunakan galon air sebagai sumber air minumnya. Fasilitas yang ada pun hanya pemanas dan pendingin tanpa adanya alat untuk memfilter air minum didalamnya.

Keunggulan dari jenis dispenser ini selain harganya yang murah, anda juga dapat memindahkan dispenser ini kemanapun sesuai dengan keinginan anda. Perawatan dispenser inipun terbilang mudah sehingga tidak merepotkan.  Beberapa jenis  bottled dispenser saat ini ada 4 yaitu:

  • Dispenser Biasa, dispenser ini hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan air minum tanpa didukung oleh fasilitas dan fitur apapun
  • Jenis dispenser air minum dengan fitur Air panas dan Air biasa, jenis dispenser ini hanya didukung dengan fitur pemanas air dan air biasa
  • Jenis dispenser Air panas dan Air dingin, jenis dispenser ini dapat mengeluarkan air panas dan air dingin secara langsung melalui dispenser.
  • Dispenser Air panas dan Air dingin, jenis dispenser ini sama seperti dispenser ketiga yang dapat mengeluarkan air panas dan air dingin. Namun yang membedakan adalah komponen pendinginnya yang menggunakan kompresor seperti pada lemari kulkas.
Sponsors Link

Baca juga:

Selain itu, untuk bottled dispenser dapat digolongkan menjadi beberapa jenis sesuai dengan penempatan galon air minumnya, yaitu:

  • Model Top-loading, jenis dispenser ini menempatkan galon air minum di bagian atas dispenser. Mungkin agak susah dilakukan bagi ibu-ibu rumah tangga. Namun jenis dispenser ini harganya sangat murah dan terjangkau.
  • Model Bottom loading, model dispenser ini menempatkan galon air minum di bagian bawah dispenser. Keunggulan dari dispenser air minum ini adalah kemudahan bagi anda untuk menempatkan galon tanpa harus susah-susah mengangkatnya. Namun jenis dispenser ini rata-rata dijual dengan harga yang cukup mahal.

Nah itu tadi berbagai jenis dispenser air minum yang beredar di pasaran saat ini. Anda dapat memilih jenis dispenser air minum mana yang tepat untuk di rumah anda. Semoga informasi diatas dapat membantu anda.

Sponsors Link

Posted by · Tags: jenis, review