ads

Tidak bisa kita pungkiri lagi bahwa kebutuhan masyarakat akan dispenser sudah bisa dikatakan seolah-olah menjadi kebutuhan pokok karena memang dispenser yang saat ini memiliki fungsi yang lebih lengkap dan canggih dibandingkan dengan fungsi dispenser ketika pertama kali dibuat yang hanya berfungsi untuk tempat penampungan air dari galon.

Sekarang, dispenser sudah menjadi salah satu barang elektronik yang akan memudahkan anda, terutama bagi anda yang memiliki kebiasaan membuat kopi atau teh karena anda hanya perlu memencet tombol pada dispenser dan kemudian air panas akan mengalir ke gelas yang sudah anda siapkan.

Ada beberapa bagian dalam dispenser yang harus anda perhatikan karena biasanya bagian-bagian tersebut akan mengalami kerusakan seiring dengan pemakaian dalam jangka waktu yang lama.

Namun apakah anda pernah berpikir sebenarnya apa fungsi lubang kecil pada dispenser? Bagian yang satu ini memang jarang diperhatikan karena mungkin banyak yang menganggap bahwasanya lubang kecil tersebut hanya sebagai hiasan yang tidak ada fungsinya sama sekali.

Padahal, lubang pada dispenser tersebut memiliki fungsi yang mungkin tidak anda sadari yang akan kami jelaskan pada postingan kali ini. Dan sebelum itu, kami ingin mengajak anda untuk mempelajari informasi lain yang berhubungan dengan permasalahan umum yang terjadi pada dispenser yaitu tips mengatasi dispenser yang tidak dingin dan juga bagaimana cara mengatasi dispenser yang rusak.

 1. Fungsi lubang pada dispenser

Fungsi lubang atau yang biasanya kita sebut sebagai corong adalah sebagai tempat untuk meletakkan galon. Perlu anda tahu bahwa ketika anda meletakkan galon, maka pastikan bahwasanya mulut galon masuk secara pas ke dalam corong dispenser karena jika anda meletakkannya secara tidak tepat maka bisa menimbulkan kebocoran seperti yang dijelaskan pada penyebab dispenser bocor.

Corong tersebut itulah yang nantinya akan berfungsi sebagai keluar masuknnya air yang berasal dari galon ke dalam tempat penampungan air yang ada di dalam dispenser.

2. Tangki penampungan air

Mungkin dari membaca namanya saja anda sudah bisa menebak bahwasanya fungsi dari bagian yang kedua ini adalah sebagai tempat penampungan air yang berasal dari galon. Tangki tersebut akan berfungsi menyimpan air, baik yang akan dipanaskan maupun juga yang akan didinginkan.

3. Heater

Fungsi heater adalah sebagai alat untuk memanaskan air. Cara kerja dari heater adalah dengan memanaskan air yang sebelumnya harus memerlukan tenaga listrik yang nantinya diubah menjadi tenaga kalor.

Sekedar informasi bahwasanya terdapat dua jenis heater, yaitu:

  • Heater yang posisinya menyatu dengan tabung pemanas
  • Heater yang posisinya terpasang di luar dari tabung pemanas

Khusus untuk jenis heater yang pertama, anda harus selalu menyambungkan dispenser anda ke listrik karena jika tidak, maka heater tersebut akan rusak.

4. Bimetal dispenser

Bimetal dispenser juga memiliki nama lain yaitu Thermodis yang bekerja ketika memanaskan air, maka ketika sudah sampai titik terdidih paling tinggi, maka secara otomatis suhu panas tersebut akn turun dengan sendirinya karena adanya bimetal dispenser.

Adapun titik didih yang bisa dijangkau oleh dispenser yakni antara 80 sampai dengan 90 derajat celcius. 

5. Peltier

Peltier juga memiliki nama lain yaitu elemen keramik karena memang bagian luarnya dilapisi dengan keramik. Ketika peltier dialiri listrik kurang lebih DC 12 volt, maka peltier akan secara otomatis menjalankan fungsinya yakni bagian yang satunya bisa menjadi panas, dan bagian ayng lainnya kemudian menjadi dingin.

Jika peltier mengalami kerusakan, maka kondisi ini bisa memicu terjadinya penyebab dispenser kedua krannya panas maupun juga dingin yang harus segera ditangani agar kerusakannya tidak semakin parah. 

Sponsors Link

6. Kipas dispenser

Perlu anda ketahui bahwasanya posisi dari kipas dispenser berada berdekatan dengan peltier atau yang disebut juga dengan elemen keramik. Fungsi dari kipas ini adalah untuk membuang panas yang akan masuk ke tabung pendingin sehingga tidak sampai menimbulkan permasalahan.

Dengan begitu, suhu pada tabung akan tetap terjaga dinginnya. Anda harus ingat bahwasanya kipas dispenser cenderung terkena debu sehingga anda harus rutin membersihkannya secara rutin agar debunya tidak sampai mempengaruhi kinerja dari kipas tersebut. 

7. Thermostat

Thermostat merupakan bagian yang memiliki fungsi untuk mengatur suhu air yang ada pada tempat atau tangki penampung air. Namun sayangnya thermostat hanya tersedia untuk dispenser keluaran terbau yang sudah menggunakan mesin kompresor yang berguna sebagai alat pendinginnya.

8. Mesin kompresor

Mesin kompresor juga bisa anda temukan di lemari es dan memiliki fungsi yang sama yakni sebagai alat pendingin agar supaya air yang berada di dalam tabung pendingin akan tetap dalam kondisi dingin seolah-olah sudah disimpan di kulkas.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai fungsi lubang kecil pada dispenser. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

Posted by · Tags: Dispenser