ads
Seberapa sering kalian merawat dispenser di Rumah? Mungkin ada yang sejak beli belum pernah membersihkannya? Bahkan banyak orang yang seringkali kita tidak peduli dengan keberadaan dispenser di rumah kita, hingga suatu saat bisa timbul masalah, seperti air minum tidak kunjung panas atau kurang dingin. Kondisi itu bisa disebabkan kita tidak bisa disebabkan kita tidak memperlakukan dispenser secara benar.
Perawatan pada dispenser merupakan sesuatu yang wajib kalian lakukan. Agar dispenser bisa tetap awet dan berfungsi dengan baik, untuk itu mungkin kalian dapat mencoba beberapa tips berikut
  1. Letakkan dispenser di tempat yang kering dan sejuk. Jangan sampai terkena sinar matahari langsung.
  2. Matikan dispenser ketika mengganti galon.
  3. Hati-hati saat mengganti galon dan jika air tertumpah meski sedikit, lap bagian dispenser yang terkena tumpahan air tersebut sampai benar-benar kering.
  4. Setelah mengganti galon dengan yang baru, tekan kedua kran pada satu per satu sampai airnya keluar untuk memastikan dispenser tersebut sudah terisi air galon dan berfungsi dengan baik. Lakukan hal ini sebelum kalian menyalakan dispenser.
  5. Jika perlu pasang stabilizer untuk menghindari tegangan listrik yang naik turun. Tegangan listrik yang tidak stabil bisa menyebabkan masalah pada dispenser sehingga peralatan ini tidak tahan lama.
  6. Jangan mengoperasikan dispenser dalam kondisi galon kosong karena akan menimbulkan kerusakan serius pada dispenser.
  7. Jika Anda keluar kota, sehingga dispenser tidak digunakan dalam waktu tertentu, lebih baik dimatikan dan lepaskan steker dari stop kontak.

baca juga:

Jika sudah demikian, kalian juga tidak boleh melupakan untuk rutin membersihkan dispenser. Karena kebersihan dispenser bisa menjadi kunci keawetan dari dispenser itu sendiri.

Selain itu, dispenser yang kotot bisa menyebabkan air minum yang kotor dan berbau bisa menimbulkan masalah bagi kesehatan keluarga kalian. Bahkan hal ini bisa menimbulkan penyakit berbahaya dibiarkan terus menerus. Kalian tidak perlu khawatir saat membersihkan dispenser, karena ada banyak cara yang bisa kalian gunakan. Kalian bisa memakai bahan alami atau menggunakan obat pembersih seperti karbol. Jika mengunakan obat pembersih kalian tidak perlu takut jika air minum kalian menjadi berbau. Selama kalian membilasnya dengan banyak serta menggunakan karbol yang tidak berbau tajam. Sehingga dispenser karbol tidak akan meninggalkan bau yang mengganggu kenikmatan air minum di rumah kalian.

1. Membersihkan dengan Cuka Apel

Kalian bisa membersihkan dispenser dengan menggunakan cuka Apel. Kenapa menggunakan cuka apel? Ini dikarenakan cuka apel tidak berbau tajam. Jika kalian sulit menemukannya kalian juga bisa memakai cuka lemon yang juga memiliki bau lebih lembut.

2. Membersihkan dengan Karbol yang Tidak Berbau Tajam

Jika kalian ingin menggunakan cara dengan menggunakam bahan yang tidak alami yaitu dengan menggunakan karbol yang berbau tidak tajam. Ini dikarenakan karbol yang berbau tajam akan sangat susah untuk dibersihkan. Sehingga bisa mempengaruhi rasa air minum nantinya.

3. Membersihkan dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang terbukti ampuh membersihkan lemak membandel serta bau tidak sedap. Sehingga kalian bisa menggunakannya untuk membersihkan dispenser.

Itulah cara untuk menjaga keawetan dispenser dirumah kalian. Semoga bermanfaat buat dalam menjaga dan merawat pompa air agar dapat bertahan lama

baca juga:

Sponsors Link

Posted by ·