ads

Dispenser merupakan alat elektronik yang diperuntukkan bagi kebutuhan rumah tangga. Tepatnya untuk penyediaan air minum. Beberapa tipe dispenser dapat menurunkan ataupun menaikkan suhu air, sehingga air menjadi dingin atau panas. Sistem kerja dispenser ini dipengaruhi oleh daya listrik yang terhubung denggannya. Dispenser penting keberadaannya bagi Anda yang sering kali menginginkan air panas atau dingin, namun enggan membuatnya secara manual. Dispenser akan membantu Anda dengan cepat dan mudah.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan sebuah dispenser, Anda perlu mengetahui cara menggunakan dan cara merawat dispenser agar awet. Anda tentu tidak ingin mengalami kerugian di kemudian hari, bukan? Jadi, pahami dulu ilmunya sebelum mempraktekkannya.

Nah, berikut ini akan diulas mengenai cara menggunakan dispenser yang diawali dengan cara menyalakan dispenser yang baik dan benar.

  • Pahami Jenis Dispenser Milik Anda

Ada beberapa jenis dispenser yang perlu Anda ketahui. Setiap jenis dilengkapi dengan spesifikasi yang berbeda. Berdasarkan letak galonnya, dispenser dibedakan menjadi dua, yakni:

1. Dispenser Galon Atas

Dispenser galon atas merupakan dispenser yang pertama kali ada di Indonesia. Dispenser galon atas terdiri atas beberapa versi, mulai dari yang paling sederhana yakni dispenser guci hingga yang modern yakni dispenser yang multifungsi sebagai pendingin maupun pemanas. Dengan dispenser ini, kita mesti mengangkat galon ke atas corong secara manual.

2. Dispenser Galon Bawah

Dispenser galon bawah merupakan dispenser modern yang berdesain stylish dan minimalis. Tampilannya yang elegan, cocok ditempatkan di rumah atau bangunan kelas menengah hingga mewah. Cara pemakaiannya pun terbilang lebih mudah bila dibandingkan dengan dispenser galon atas. Namun, dispenser galon bawah ini dibanderol dengan harga yang relatif mahal.

Bagi Anda yang membutuhkan dispenser galon bawah, temukan daftar merk dispenser galon bawah yang bagus di dalam website kami ini.

Berdasarkan sistem kerjanya, dispenser dibedakan menjadi 4 macam, antara lain:

1. Biasa yaitu dispenser yang tidak memiliki sistem pemanas maupun pendingin. Dispenser ini berfungsi untuk mengalirkan air galon saja. Contohnya dispenser guci.

2. Normal and Hot yaitu dispenser yang dilengkapi dengan sistem pemanas tanpa adanya sistem pendingin. Dispenser ini berfungsi untuk memanaskan air, tetapi tidak untuk mendinginkannya. Panas yang dihasilkan pun tidak terlalu tinggi, tidak sama seperti air yang panas akibat didihkan.

3. Extra Hot dan Hot yaitu dispenser yang berfungsi untuk memanaskan dan mendidihkan air. Dispenser ini sangat tepat bila ditempatkan di dalam kantor ataupun ruang pertemuan, sehingga memudahkan para pekerja yang ingin menyeduh minuman panas, misalnya teh, kopi dan sebagainya.

4. Cold and Hot yaitu dispenser yang berfungsi untuk memanaskan maupun mendinginkan air. Dispenser jenis ini paling banyak dicari oleh masyarakat secara umum.

Pilihlah dispenser mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Cara Menyalakan Dispenser

Cara menyalakan dispenser terbilang mudah, yaitu:

1. Letakkan dispenser di tempat yang aman, mudah dijangkau dan tidak menghalangi aktivitas Anda dan orang-orang di sekitarnya.

Sponsors Link

2. Pasang galon air di tempat yang tersedia.

3. Hubungkan dispenser dengan sumber listrik, yakni tancapkan stecker dispenser ke terminal listrik terdekat.

4. Tekan tombol pemanas atau pendingin, mana yang diinginkan. Tunggu hingga proses pemanasan atau pendingin air selesai secara otomatis. Air panas atau dingin siap dikonsumsi.

Itulah beberapa ulasan mengenai dispenser yang perlu Anda ketahui. Selamat mencoba!

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara, Dispenser, menyalakan