ads

Bisa dikatakan bahwa masyarakat Indonesia sudah mulai membiasakan diri meminum air melalui dispenser. Akan tetapi, seiring dengan penggunaan yang lama, anda harus juga memperhatikan kebersihan galon air anda agar supaya tidak menjadi sarang jamur yang bisa masuk dan mengalir melalui air galon yang anda ambil.

Membersihkan galon air secara rutin bisa menjadi salah satu langkah atau cara merawat dispenser agar awet agar supaya dispenser anda tidak mengalami permasalahan apapun. Bagi anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai bagaimana cara menghilangkan jamur dalam galon air, maka anda harus memperhatikan setiap penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini.

1. Menyiapkan bahan

Sebelum anda mulai membersihkan jamur pada galon, anda harus terlebih dahulu menyiapkan berbagai keperluan untuk melakukannya. Beberapa bahan tersebut seperti cairan bleaching, air secukupnya, sarung tangan karet, sikat panjang, dan lain sebagainya.

Kami sarankan agar anda menyiapkan dua jenis air, yakni air hangat dan air dingin. Adapun untuk jenis sikat yang anda gunakan adalah sikat panjang seperti ketika anda menyikat botol. Nanti anda bisa tahu sendiri bentuk sikat yang memang khusus digunakan untuk membersihkan galon.

2. Masukkan air hangat ke galon

Langkah kedua yaitu mulailah memasukkan air hangat ke dalam galon. Banyak atau jumlah air yang anda masukkan yakni 1/4 dari kapasitas galon air tersebut. Masukkan secara perlahan-lahan agar tidak sampai terkena tangan anda.

3. Tutup dan kocok galon

Setelah anda memasukkannya ke dalam galon, maka anda harus menutupnya dan mulai mengocok galon anda. Kocok secara perlahan dan pastikan bahwa seluruh bagian galon terkena air hangat. Hal ini bertujuan agar supaya jamur yang menempel bisa terangkat dan mati.

Kocok beberapa kali sampai anda yakin bahwa jamur maupun kotoran lain pada galon sudah terangkat. Kemudian anda buka tutup galon tersebut.

4. Gosok galon

Jika sudah selesai mengocoknya, maka mulailah anda memasukkan sikat panjang dan gosok seluruh bagian dalam galon secara perlahan-lahan. Pastikan bahwa anda telah menjangkau seluruh bagian pada bagian dalam galon anda tersebut.

Anda bisa mengulangi gosokan sampai sebanyak 3 kali untuk membuat galon anda semakin lebih bersih. Pastikan juga bahwa anda telah menggosok bagian-bagian kecil atau lengkungan yang ada pada galon.  Selesai itu, anda tinggal memasukkan air hangat lagi dan mulailah membilas bagian dalam galon sampai beberapa kali sampai anda yakin sudah bersih.

5. Masukkan cairan bleaching

Salah satu tujuan mengapa anda harus memasukkan cairan bleaching adalah untuk mencegah agar galon anda terhindar dari bahaya air galon isi ulang yang terkadang kurang memperhatikan kebersihan galon. Masukkan air bleaching secukupnya kurang lebih 1/2 cangkir. Kemudian, anda harus mengocok galon anda kembali.

Sponsors Link

Diamkan kurang lebih 5 menit dan lalu anda harus membuang seluruh air yang ada di dalam galon.

6. Bilas galon

Cara menghilangkan jamur dalam galon air yang terakhir adalah anda tinggal membilasnya sampai bersih. Masukkan air dingin ke dalam galon kurang lebih sampai 1/2 nya dan mulailah anda kocok secara perlahan-lahan.

Setelah itu, masukkan air ke dalam galon sampai benar-benar penuh. Hal ini bertujuan untuk mengngkat sisa jamur, kotoran, atau mungkin cairan bleaching yang belum terangkat. Lalu anda tinggal mengeringkannya. Ingat, jangan langsung keringkan di bawah sinar matahari.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara menghilangkan jamur, membersihkan galon, menghilangkan jamur galon