ads

Bagiamana cara menggunakan dispenser agar tetap hemat? Dispenser merupakan barang elektronik yang bermanfaat untuk menyimpan air agar tetap segar. Bukan itu saja, dispenser juga bisa anda manfaatkan untuk membuat air panas maupun dingin. Dengan begitu, anda tidak perlu bingung untuk menyiapkan air maupun es ketika minum.

Ada banyak merk dispenser terbaik yang dijual. Namun ketika anda sudah selesai membeli, anda harus paham tentang cara membersihkan dispenser yang baru agar supaya dispenser anda bisa digunakan dengan aman. Selain itu, anda juga harus paham bagaimana cara menghemat penggunaan dispenser, baik dalam hemat air maupun hemat listrik.

Di bawah ini akan kami berikan beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk membuat dispenser anda hemat yang tentunya akan menguntungkan anda.

1. Jangan menyalakan pemanas selama 24 jam

Cara pertama yang perlu anda lakukan untuk menghemat penggunaan listrik dispenser adalah jangan menyalakan pemanas selama 24 jam. Kebiasaan ini memang jarang disadari, padahal jika dibiarkan malah membuat penggunaan listrik anda boros sehingga biayanya pun akan membengkak.

Umumnya, dispenser membutuhkan 300 sampai 500 watt dalam waktu 24 jam. Bayangkan berapa biaya yang harus anda keluarkan? Maka dari itu, jangan menyalakan pemanas selama 24 jam. Nyalakan seperlunya saja agar supaya penggunaan listrik bisa hemat.

2. Pilihlah dispenser yang memiliki saklar ON/OFF

Cara kedua untuk menghemat penggunaan listrik adalah dengan membeli dispenser yang sudah dilengkapi dengan saklar ON/OFF. Tentu anda sudah paham apa fungsi yang dimiliki oleh saklar tersebut dimana anda bisa dengan leluasa mengatur kapan anda ingin menggunakan air panas atau dingin dan kapan tidak.

Dengan memilih dispenser model ini, dijamin penggunaan listrik anda akan lebih hemat sehingga anda tidak perlu lagi harus mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk membayar tagihan listrik.

3. Jangan gunakan air panas

Cara ketiga yang menjadi salah satu pilihan alternatif untuk menghemat penggunaan dispenser adalah dengan tidak menggunakan air panas. Kita tahu bahwa air panas dari dispenser sangat bermanfaat. Anda tidak perlu lagi harus memasak air karena anda hanya tinggal menekan kran dispenser dan kemudian air panas otomatis tersedia.

Hal ini sangat praktis dimana anda tidak harus membuang waktu anda di pagi hari. Akan tetapi, jika anda merasa penggunaan air panas tersebut malah menyebabkan biaya listrik naik, maka jangan gunakan air panas. Mungkin lebih baik anda masak air yang notabene tidak harus mengeluarkan biaya listrik.

4. Gunakan air secukupnya

Untuk tips penggunaan dispenser agar hemat yang satu ini adalah berkaitan dengan penghematan terhadap konsumsi air. Seringkali orang tanpa sadar bahwa apa yang dilakukannya malah membuat air dispenser terbuang percuma.

Salah satunya adalah dengan menuangkan air untuk minum melebihi yang diminum. Kebanyakan orang akan langsung membuang sisanya karena memagn tidak mungkin dimasukkan ke dalam dispenser kembali. Maka dari itu, anda harus memastikan bahwa takaran air anda sudah pas sehingga anda tidak perlu lagi harus membuang air anda.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan terkait cara menggunakan dispenser agar tetap hemat. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara menggunakan dispenser, dispenser hemat air, dispenser hemat listrik, menggunakan dispenser