ads

Gaya hidup masyarakat modern saat ini semakin dihiasi oleh teknologi yang canggih. Berbagai alat kebutuhan sehari-hari mampu menjadikan aktivitas lebih praktis. Baik itu aktivitas ringan maupun berat. Salah satunya ialah kegiatan mengonsumsi air mineral. Kecanggihan teknologi memberikan inovasi produk berupa dispenser yang dapat memudahkan trasfer air minum, sekaligus sebagai pemanas dan/atau pendingin otomatis.

Air yang keluar dari dispenser dikucurkan melalui kran. Pada umumnya jumlah kran pada dispenser disesuaikan dengan spesifikasinya. Bila hanya ada satu fungsi, maka jumlah krannya hanya satu. Namun, bila terdapat dua fungsi maka krannya terdiri atas 2 macam, yakni kran untuk air panas dan air dingin. Bahkan kini yang terbaru adalah dispenser dengan tiga kran.

Salah satu jenis dispenser terbaru yang didesain dengan gaya modern ialah Dispenser Arisa. Uniknya, dispenser galon bawah ini dilengkapi dengan 3 buah kran, untuk air suhu normal, air panas dan air dingin. Dispenser Arisa mampu memanaskan air hingga suhu 95°C dan mendinginkannya sampai kurang lebih suhu 8°C. Dispenser ini berukuran besar untuk kapasitas tangki air hingga 1 liter. Dilengkapi juga dengan tempat penyimpanan gelas. Dengan lapisan anti karat, dispenser ini dinilai lebih awet dan tahan lama.

Namun, secanggih apapun suatu dispenser tidak lepas dari risiko terjadinya kerusakan. Hal yang sering kali dikeluhkan penggunanya ialah kerusakan pada bagian kran. Misalnya, kran mengeluarkan debit kecil atau bahkan tersumbat, kran selalu meneteskan air atau bahkan tidak bisa berfungsi lagi sebagaimana mestinya.

Jika sudah tidak berfungsi lagi, maka penggantian kran bisa menjadi salah satu solusinya. Dengan pengecualian Anda sudah mengecek terlebih dahulu.

  • Manfaatkan Masa Garansi

Jika dispenser Arisa milik Anda tersebut masih dalam masa garansi, maka manfaatkanlah! Jangan mencoba mengganti krannya sendiri, melainkan bawalah ke klaim garansi. Pada umumnya brand terkait telah menyediakan teknisi profesional untuk memperbaiki jenis kerusakan dispenser selama masa garansi.

  • Buka Buku Petunjuk Atau Hubungi Call Center

Setelah habis masa garansi. Anda tetap disarankan untuk menghubungi call center dispenser Arisa untuk komplain terhadap kerusakan kran-nya. Bersyukurlah jika mereka mau memperbaikinya, meskipun Anda akan dikenakan biaya. Karena kemungkinan besar prosedur penggantiannya sesuai dengan SOP dan produk kran yang baru original. Ini lebih baik bila dibandingkan dengan memperbaikinya pada tukang servis yang belum tentu berkualitas dan dapat dipercaya.

Namun, tidak salah jika Anda mau mencoba mengganti kran-nya sendiri, dengan syarat Anda sudah memahami tata caranya yang baik dan benar. Gunakanlah buku petunjuk untuk memahami komponen-komponen di dalam dispenser. Buku petunjuk pengguna yang lengkap disertai dengan cara pembongkaran dan menangani masalah dispenser yang mungkin terjadi.

Bila ternyata tidak ditemukan juga, silakan menghubungi pihak toko tempat Anda membeli dispenser Arisa tersebut. Tanyakan pada mereka bagaimana prosedur penggantian kran yang tepat.

  • Menggunakan Cara Umum

Pada umumnya cara mengganti kran dispenser yang rusak dimulai dengan membongkar bagian depannya dengan peralatan tukang seperti obeng atau kunci inggris. Lalu memeriksa kondisi kran-nya dengan teliti. Bila hanya salah posisi, cukup benarkan saja.

Sponsors Link

Namun, bila ternyata sudah bermasalah berat, maka lepaskan kran dari kaitannya dan gantilah dengan kran yang baru. Untuk merapatkan aliran pipa sekitar kran agar tidak bocor, Anda bisa menambahkan cairan khusus yang mampu menghalau celah kecil pada permukaan plastik. Bahan-bahan yang diperlukan tersebut dapat Anda temukan di toko elektronik atau material.

Nah, itulah cara mengganti kran dispenser Arisa secara umum. Beberapa tipe mungkin memiliki prosedur perbaikan yang berbeda. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link

Posted by · Tags: arisa, cara, Kran dispenser, mengganti