ads

Bagaimana cara mengatur suhu dispenser Sharp? Dispenser merupakan sebuah alat yang digunakan sebagai tempat penyimpanan air galon. Di awal kemunculan memang dispenser hanya difungsikan sebagai penyimpan air galon. Namun seiring berjalannya waktu dan kemajuan di bidang dispenser, maka hadirnya dispenser yang bisa digunakan untuk memanaskan atau mendingingkan air.

Ada banyak merk dispenser terbaik yang dijual. Salah satu yang terbaik dan sudah banyak digunakan dan dipercaya akan kualitasnya adalah dispenser merk Sharp. Produk keluaran Sharp memang tidak pernah mengecewakan karena kualitasnya sudah diakui dan terjamin.

Berbicara mengenai suhu dispenser, terkadang pengguna merasa bahwa suhu pada dispenser masih kurang. Baik kurang panas maupun juga kurang dingin. Ada beberapa cara memperbaiki dispenser kurang panas maupun dingin. Salah satunya adalah dengan mengatur suhunya. Pengaturan suhu pada dispenser bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Jadi, pengguna bisa menyesuaikan suhu terbaik yang sesuai dengan kebutuhannya. Lalu bagaimana cara mengaturnya? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Mengecek kondisi thermofuse

Perlu anda ketahui bahwa thermofuse merupakan salah satu bagian terpenting yang ada pada dispenser. Bagian inilah yang memiliki peranan penting untuk memanaskan dispenser maupun mendinginkannya. Jika anda perhatikan, thermofuse memiliki fungsi yang sama dengan bimetal yang terdapat pada setrika.

Dengan adanya thermofuse, maka pengaturan suhu dispenser bisa berjalan secara otomatis. Namun bagaimana jika ternyata thermofuse mengalami masalah? Maka sudah tentu berakibat pada suhu yang ada pada dispenser anda. Bisa jadi, air dalam dispenser tak kunjung panas meskipun anda sudah menekan hot water ketika ingin menuangkan air ke dalam gelas.

Maka dari itu, yang harus anda lakukan adalah dengan mengecek kondisi thermofuse. Jika ternyata bagian ini sudah rusak, maka anda harus segera menggantinya agar supaya pengaturan suhu pada dispenser Sharp anda berjalan dengan normal.

Akan tetapi ingat, yang boleh mengganti thermofuse hanyalah orang yang sudah berpengalaman mengotak atik dispenser. Jika anda belum berpengalaman, lebih baik serahkan kepada orang lain.

2. Mengecek elemen pemanas

Selain thermofuse, elemen pemanas juga memiliki peranan yang tak kalah penting di dalam mengatur suhu di dalam dispenser. Biasanya elemen pemanas ini lebih berperan ketika anda ingin memasak air. Untuk cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan yang dimiliki oleh peralatan lain, seperti rice cooker.

Tentunya anda sudah paham betul apa yang akan terjadi jika elemen pemanas pada dispenser mengalami masalah. Akibatnya, pengaturan suhu pada dispenser tidak bisa berfungsi dengan baik sehingga meskipun anda menekan hot water, air tetap dalam kondisi hangat atau bahkan dingin.

Lalu bagaimana solusinya? Solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengecek elemen pemanas tersebut. Jika anda temukan bahwa elemen pemanas sudah rusak, maka anda harus segera membawanya ke tempat servis elektronik agar segera diganti.

3. Atur aliran listrik

Cara mengatur suhu dispenser Sharp yang terakhir bisa anda lakukan dengan mengatur aliran listriknya. Aliran listrik yang tidak stabil juga bisa berpengaruh dimana dispenser anda tidak bisa memanaskan atau mendinginkan secara maksimal.

Maka dari itu, cobalah cek aliran listrik yang mengalir ke dispenser. Jangan menggunakan konektor T, melainkan langsung colokkan pada stop kontak pada dispenser agar aliran listriknya stabil.

Sponsors Link

Posted by · Tags: mengatur suhu dispenser, suhu dispenser sharp