ads

Awalnya dispenser hanya digunakan sebagai tempat menampung air minum aja. Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, dispenser mempunyai banyak fungsi lainnya. Saat ini sudah banyak bermunculan jenis dispenser yang dapat mengeluarkan air panas bahkan air dingin. Bahkan beberapa diantaranya memiliki fitur seperti lemari pendingin.

Namun dengan pertambahan fitur-fitur canggih didalamnya tidak membuat dispenser menjadi barang yang tidak dapat mengalami kerusakan dan masalah. Kerusakan umum yang sering terjadi biasanya terdapat pada bagian pemanas dispenser sehingga menyebabkan dispenser tidak panas. Bagi anda yang saat ini  memiliki dispenser yang tidak dapat mengeluarkan air panas, berikut beberapa penjelasan yang dapat membantu anda  untuk mengatasinya masalah tersebut.

Baca Juga: Tips Mengatasi Dispenser Yang Tidak Dingin

Penyebab Dispenser Tidak Panas

Sama halnya dengan alat elektronik lain tentunya dispenser bisa saja mengalami kerusakan dan masalah di dalamnya. Yang paling umum sering terjadi adalah dispenser tiba-tiba menjadi tidak panas. Hal ini tentunya sangat menyusahkan apalagi jika anda sering membutuhkan air panas melalui dispenser. Dispenser yang memiliki fungsi pemanas biasanya memiliki beberapa komponen pemanas didalamnya. Komponen pemanas biasanya terbuat dari plat baja yang memiliki ketahanan terhadap panas dan karat.

Pada tabung pemanasnya pun dilengkapi dengan bahan isolator yang aman bila tersentuh oleh anda meskipun dengan tangan kosong. Selain pemanas, dispenser juga dilengkapi dengan peraba suhu yang terbuat dari material bimetal dan diletakkan di dalam wadah yang dilindungi oleh plastik hitam yang diselubungi oleh logam. Penyebab umum air dispenser menjadi tidak panas biasanya disebabkan oleh beberapa hal antara lain:

  • Elemen atau komponen pemanas dalam dispenser mengalami kerusakan
  • Putusnya kabel rangkaian arus listrik dan peraba suhu
  • Kualitas peraba suhu yang kurang bagus
  • Usia peraba suhu yang sudah berumur
  • Korsleting pada rangkaian pemanas
Sponsors Link

Penyebab-penyebab diatas dapat menyebabkan air di dalam tabung pemanas tidak bisa dipanaskan sehingga dispenser tidak dapat mengeluarkan air panas.

Cara Memperbaiki Dispenser 

  1. Yang harus anda lakukan pertama kali adalah mengetahui dan memahami posisi komponen-komponen dispenser dan kelistrikan. Hal ini penting agar anda tidak melakukan kesalahan saat memperbaikinya. Anda juga dapat membaca buku panduan yang diberikan pabrik dispenser.
  2. Siapkan peralatan yang lengkap seperti obeng, mur, test pen, dan lainnya yang mendukung.
  3. Usahakan memperbaiki di dalam ruang yang cukup cahaya agar dapat terlihat jelas.
  4. Pertama kali periksa sumber listriknya dengan menggunakan test pen untuk mengetahui ada atau tidaknya tegangan listrik. Anda juga dapat menggunakan voltmeter. Jika sumber listrik normal maka cobalah memeriksa kontak menggunakan ohm meter. Kontak yang masih bekerja akan membuat jarum pada ohm meter bergerak ke kanan.
    Sponsors Link

  5. periksa kondisi saklar on-off pada dispenser dengan melepas kabel di terminal saklar dan cek dengan menggunakan ohmeter.
  6. Periksa kondisi peraba suhu (thermostat) yang ada di dalam tabung pemanas dan komponen pemanasnya. Bila memang terjadi kerusakan pada kedua komponen tersebut. Anda dapat menggantinya dengan komponen baru yang sesuai dnegan anjuran pada buku panduan dispesnser.
  7. Periksa kembali dengan teliti  apakah rangkaian anda sudah tepat atau belum. Jika sudah pasang kembali komponen-komponen pada tempatnya dan menutup kembali dispenser.

Bila anda tidak terlalu memahami masalah listrik dan komponennya, lebih baik anda memanggil teknisi yang dapat memperbaiki dispenser anda dengan tepat. Namun untuk mencegah kerusakan pada dispenser anda, alangkah baiknya jika anda merawat dispenser anda dengan benar. Semoga Informasi di atas dapat membantu anda.

Sponsors Link

Posted by · Tags: dingin, dispenser rusak, panas, rusak