ads

Dispenser merupakan salah salu alat elektronik rumah tangga. Dispenser berfungsi sebagai wadah penyimpanan air minum. Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Dispenser tidak hanya sebagai tempat penyimpan air, namun dibekali beragam fitur seperti dapat menghasilkan air panas (Hot) dan air dingin (Cold). Bahkan beberapa jenis dispenser dibekali sistem kerja yang sama dengan lemari pendingin. Dengan beragam kecanggihan yang ada tentunya tidak membuat dispenser menjadi alat yang tidak dapat rusak. Sama halnya dengan alat elektronik lainnya, dispenser juga dapat mengalami masalah dan kerusakan. Kerusakan umum yang sering terjadi pada dispenser biasanya kebocoran. Dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi kebocoran pada dispenser terutama dispenser miyako.

Penyebab kebocoran pada dispenser miyako

Sebenarnya tidak hanya dispenser miyako yang mengalami kebocoran, dispenser dengan merk lainnya pun juga pasti dapat mengalami hal yang sama, berikut beberapa penyebab kebocoran pada dispenser:

1. Kebocoran pada  galon air

Penyebab umum yang biasanya terjadi pada dispenser yang bocor adalah kerusakan pada galon air minum nya. Biasanya galon air minum memiliki lubang sehingga dapat menyebabkan air minum meluap. Untuk pastinya, anda dapat mengeceknya dengan cara mengganti sementara galon air minum dengan botol berisi air berukuran 1,5 liter. Bila setelah pergantian tidak terdapat tetesan air lagi, maka dapat dipastikan bila penyebab kebocoran berasalh dari galon air minum anda.

2. Kebocoran Sambungan Selang

Penyebab lainnya dapat disebabkan pada sambungan selang. Sambungan selang yang pecah dan tidak rapat juga dapat menyebabkan dispenser miyako anda bocor. Hal ini sering terjadi pada selang tempat mengalirnya air panas. Sehingga anda perlu memperhatikan pemasangan selang air agar lebih kuat dan rapat.

3.  Kebocoran Kran Dispenser

Selain itu penyebab kebocoran dispenser miyako anda juga dapat diakibatkan pada kran dispenser. Hal ini biasanya disebabkan oleh kran pada dispenser anda sudah tidak dapat digunakan lagi sehingga air minum akan terhambat keluar. Bahkan terkadang air minum dapat menetes terus-menerus meskipun tuas kran sudah tertutup rapat. Penyebab kebocoran kran pada dispenser miyako anda juga dapat disebkan pemasangan kran yang tidak tepat dan adanya tumpukan kotoran yang mengendap di sekitar karet dalam kran sehingga mengganjal dan membuat tetesan air minum terus saja keluar dari kran dispenser anda.

Sponsors Link

Cara Memperbaiki kebocoran dispenser miyako

Sebenarnya untuk memperbaiki dispenser miyako sama saja dengan merk dispenser lainnya. Mungkin terdapat beberapa hal yang berbeda, namun anda dapat melihat buku panduan untuk memastikannya. Berikut beberapa penjelasan mengenai cara memperbaiki dispenser miyako anda yang sedang mengalami kebocoran.

  • Sebelumnya ketahui terlebih dahulu penyebab pasti kebocoran dispenser anda
  • Bila ternyata penyebab kerusakan diakibatkan oleh galon air yang mengalami kebocoran , maka jalan satu-satunya hanya dengan mengganti galon lama anda dengan galon air minum yang baru.
  • Kerusakan  yang diakibatkan pada pemasangan tuas kran dispenser yang kendur maka anda dapat memperbaikinya dengan melepas tuas kran dispenser dan memasang kembali dengan tepat. Bila tuas kran memang rusak , anda harus menggantinya dengan kran yang baru. Jangan lupa pula untuk membersihkan kotoran-kotoran yang terdapat di sekitar karet kran yang dapat membuat pemasangan kran tidak maksimal.
  • Kebocoran yang terjadi pada selang air dapat anda perbaiki dengan menggganti selang air yang robek dan pecah tersebut dengan yang baru. Dan pastikan memasang selang lebih kuat dan rapat.
  • Anda dapat melihat penjelasan pada buku panduan yang diberikan oleh dispenser miyako agar lebih jelas

Nah itu tadi informasi mengenai cara mengatasi kebocoran yang mungkin sering terjadi pada dispenser miyako anda. Semoga dapat membantu.

Sponsors Link

Posted by · Tags: bocor, miyako, rusak