ads

Dispenser merupakan alat eletronik yang hampir setiap orang memilikinya di dalam rumah. Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, dispenser tidak hanya dapat menyediakan air panas dan air dingin saja namun juga dibekali dengan beragam fitur yang mampu membantu aktivitas aktivitas di dapur seperti membuat kopi, jus, dan masih banyak lainnya.

Namun seiring dengan kecanggihan tersebut nyatanya tidak membuat dispenser bebas dari kerusakan. Kerusakan yang paling sering di alami oleh dispenser adalah dispenser meluap atau bocor.

Masalah kerusakan dispenser ini cukup umu dialami oleh sebagian besar orang yang memiliki dispenser, meskipun kerusakan nya sepele namun dapat membuat anda kerepotan untuk membersihkan genangan air dari dispenser tersebut. Nah bagi anda yang sedang mengalami hal ini,berikut beberapa cara mengatasi dispenser meluap dan penyebab kerusakan dispenser tersebut.

baca juga:

Penyebab Dispenser Meluap dan Cara Memperbaikinya

1. Kebocoran dari bagian atas dispenser

Yang dimaksudkan dengan kebocoran bagian atas adalah bagian galon air minum dispenser. Bagi anda yang menggunakan model dispenser top-loading tentunya akan mengalami kesulitan untuk meletakkan dispenser secara terbalik pada bagian atas. Terkadang cara ini dapat membuat galon air miring dan akhirnya menyebabkan air didalamnya meluap. Untuk mengatasi hal tersebut sangat mudah, anda hanya perlu menggeser bagian mulut galon agar tepat dengan lubang pada dispenser.

Selain itu, air galon yang meluap dan bocor juga terkadang berasal dari galon air minum yang sudah rusak entah pecah ataupun bocor sehingga membuat mulut galon tidak pas dengan corong dispenser anda. Corong galon juga dapat retak bila anda tidak berhati-hati dalam meletakkannya. Mau tidak mau untuk mengatasi hal ini anda ahrus mengganti galon anda dengan galon air minum yang baru.

Sponsors Link

2. Kebocoran pada bagian kran dispenser

Kran dispenser anda juga dapat mengalami kebocoran sehingga membuat air minum didalam dispenser meluap. Tanda-tanda dari kebocoran pada dispenser dapat anda lihat dari air yang selalu menetes dari bagian kran dispenser walaupun kran dalam kondisi tidak dibuka. Secara tidak langsung hal ini akan membuat klep rusak dan membuat air meluap.

Untuk mengatasi hal ini anda hanya perlu melakukan langkah-langkah sederhana yaitu dengan mengganti ulang kran dispenser anda dengan yang baru. Pastikan ukuran kran yang baru sesuai dengan dispenser anda sehingga pas ketika dipasang. Kalau perlu, bawalah kran dispenser anda yang rusak ketika anda ingin membeli kran yang baru. Hal ini untuk memastikan bahwa anda membeli ukuran dan jenis kran dispenser yang tepat.

3. Kebocoran dari bodi dispenser

Air dari galom air minum akan ditampung didalam tempat penampungan didalam dispenser yang nantinya akan disalurkan pada selang- selang kecil. Jika terjadi kebocoran pada badan dispenser maka dapat dipastikan bila kerusakan terjadi akibat saluran saluran air tersebut.

Untuk mengatasi masalah kebocoran ini adalah dengan membongkar bodi dispenser untuk melihat penyebab masalah tersebut. Untuk membuka bodi dispenser, anda cukup melepas baut yang ada di bagian belakang dispenser. Kemudian coba cek bagian ujung sambungan selang, bila terjadi kebocoran biasanya hal ini karena pengikat selang air yang sudah longgar. Untuk mengatasi masalah dispenser air meluap ini adalah dengan mengencangkan sambungan selang air tersebut. Dan kemudian menutup kembali bodi dispenser.

Nah itu tadi beberapa penyebab air dispenser meluap serta cara mengatasi dispenser meluap. Semoga informasi di atas dapat membantu anda.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara, kerusakan, perbaikan, tips