ads

Dispenser merupakan alat elektronok rumah tangga yang hampir dimiliki oleh banyak orang. Selain dapat menyediakan air panas dan dingin tanpa perlu merebus dan mendinginkan air terlebih dahulu. Dengan adanya dispenser akan lebih banyak menghemat waktu dan pekerjaan anda. Namun seiring dengan perkembangan teknologi nyatanya tidak membuat dispenser jauh dari kata kekurangan.

Masih banyak kekurangan yang menyebabkan masalah-masalah pada dispenser air minum. Salah satunya yaitu masalah air dispenser bau yang terkadang merepotkan. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan mengenai hal tersebut.

Penyebab Air Dispenser Bau

Bila tiba tiba air minum yang keluar dari dispenser anda menjadi bau dan berubah rasa meskipun air minum yang anda beli merupakan air mineral dengan kualitas yang baik maka anda perlu berhati-hati. Hal ini bisa saja dikarenakan air minum telah terkontaminasi jamur atau bakteri di dalam dispenser. Sehingga air minum menjadi bau, berubah warna hingga berubah rasa.

Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan rutin membersihkan dispenser. Bersihkan setidaknya dispenser air minum sebulan sekali secara detail. Sehingga akan mengurangi pertumbuhan jamur dan bakteri didalam dispenser air minum

baca juga:

Cara Membersihkan Dispenser Air Minum

Sebenarnya cara membersihkan dispenser air minum sangat lah mudah. Anda dapat membersihkan ketika anda akan mengganti galon air minum anda. Sehingga pekerjaan akan terasa mudah. Berikut langkah-langkah membersihkan dipenser air minum dengan tepat.

Sponsors Link

  1. Cabutlah stop kontak dispenser dan lepaskan galon air minum yang kosong
  2. Kuraslah air yang masih tersisa di dalam tempat penampungan ataupun  kran. Cabutlah penyumbat saluran yang ada di bagian belakang dispenser dan kuras air hingga benar-benar habis. Bagian tempat penampungan sisa air ini yang biasanya menjadi tempat pertumbuhan jamur dan bakteri yang akan sangat berbahaya bila terkontaminasi air minum.
  3. Lepaskan corong dispenser yang terletak di bagian atas dan cuci bagian tersebut sampai bersih dan keringkan (namun jangan dijemur). Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan sabun pembersih cuci piring. Corong dispenser ini juga menjadi tempat yang paling sering menjadi tempat terkontaminasinya bibit bakteri dan penyakit yang datang dari luar dispenser.
  4. Kemudian lepaskan pula wadah penampungan air yang berada di bagian bawah corong dispenser. Tempat penampungan air ini berfungsi untuk menyalurkan air minum ke tabung pemanas  ataupun tabung pendingin (jika ada). Untuk membersihkan bagian ini, cobalah untuk membuka bagian belakang dispenser dengan menggunakan obeng. Kemudian lepaskan pengikat selang dan cabut selang saluran air.
  5. Rendam tempat penampungan air dan tabung dispenser dengan larutan karbol kurang lebih 5 menit.
  6. Bilas dengan menggunakan air bersih hingga tidak terdapat lagi sisa sisa karbol didalam dispenser. Bila masih terdapat bau karbol, bilas kembali hingga bau nya benar benar hilang.
  7. Lap dengan menggunakan kain mikrofiber yang telah dibersihkan sampai kering
  8. Pasang kembali komponen komponen dispenser pada posisi awal dan kemudian pasang kembali galon air minum yang telah dibersihkan pula bagian luarnya.

Selain menggunakan karbol, anda juga dapat menggunakan air perasan lemon untuk membersihkan bagian dalam dispenser anda. Selain bersih, air perasan lemon juga sangat ampuh untuk menghilangkan bau di dalam tabung dispenser anda.  Lakukan pembersihan dispenser ini secara rutin. Bila anda menggunakan karbol, usahakan untuk tidak melebihi dosis yang disarankan. Maksimal satu sendok teh karbol dilarutkan ke dalam 5 liter air.

Nah itu tadi bagaimana cara mengatasi air dispenser bau. Semoga informasi diatas dapat membantu anda mengatasi masalah ada dispenser tersebut.

Sponsors Link

Posted by · Tags: bau, rusak