ads

Baik kalian membeli dispenser yang biasa maupun beli dispenser yang mahal sekalipun, tetap saja yamg namanya barang elektronik bisa mengalami yang namanya kerusakan. Walaupun memang dispenser yang berkualitas tentunya akan lebih tahan lama. Ini dikarenakan biasanya dispenser yang berkualitas memiliki komponen-komponen yang baik, sehingga membutuhkan waktu yang lama hingga dispenser untuk dispenser benar-benar rusak. Untuk kerusakan dispenser yang paling sering terjadi adalah dispenser yang tidak mau panas serta masalah lain seperti dispenser yang tidak bisa dingin. Berikut cara memperbaiki dispenser yang tidak dingin lagi.

1. Periksalah Peltier

Jika kalian mengalami kerusaka  yang membuat mesin pendinginan dispenser tidak dapat berfungsi. Salah satu yang paling mungkin menyebabkan hal ini adalah kerusakan yang terjadi pada peltier. Bagaimana kita bisa mengetahui kerusakan pada bagian itu? Untuk mengetahuinya, kalian bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan Ohm meter. Ohm meter sendiri merupakan sebuah alat atau fitur yang dipunyai multimeter. Jika peltier pada dispenser kalian mengalami rusak, hal ini biasanya menunjukkan adanya perubahan ukuran. Ini berarti kalian perlu untuk seger mengganti komponen itu. Kalian bisa mendapatkannya dengan mudah di toko-toko yang menjual peralatan elektronik.

baca juga:

2. Membersihkan Komponen – komponen Dispenser

Jika kalian telah menemukan sumber masalah serta kerusakan dan sudah menggantinya dengan komponen sehingga bisa berfungsi normal lagi. Kalian masih punya tugas lainnya, yaitu membersihkan komponen-komponen yang terdapat pada dispenser. Jangan sampai muncul kerusakam lain bahkan kebocoran yang bisa membuat kerusakan atau masalah yang jauh lebih serius. Selain itu, kalian juga boleh memersihkan thermal pasta yang sudah lama serta menggantinya dengan yang baru.

3. Oleskan Thermal Pasta pada Peltier Baru

Jika kalian telah membersihkan komponen-komponen pada dispenser baik yang lama maupun yang baru. Jangan lupa untuk mengolesi peltier yang baru serta tabung yang baru dengan thermal pasta. Tabung pendinginan ini biasanya berbentuk kotak. Kalian bisa mengolesi thermal pasta seperlunya saja serta pastikan untuk mengolesinya dengan merata. Jika bingung kalian dapat mengikuti jalur yang terlebih dahulu ada. Thermal pasta tidak hanya kalian oleskan pada peltier saja, tapi kalian juga perlu mengoleskannya pada komponen-komponen lain yang berdekatan serta menempel di peltier. Ini perlu kalian lakukan guna mencegah suhu dingin yang keluar dari tabung pendingin menjadi terbuang percuma.

4. Memasang Kembali Komponen Dispenser

Setelah kalian memperbaiki,  membersihkan komponen dan semuanya telah beres, kini saatnya bagi kalian untuk merakit kembali komponen dispenser. Jangan lupa untuk memastikan jika semua komponen sudah terpasang dengan baik dan benar, terutama peltier. Jangan sampai kalian memasangnya terbalik, jika kalian tidak mau repot dengan masalah seperti ini. Sehingga sangat dianjurkan buat kalian memilih  serta membelk dispenser dengan kualitas terbaik. 

Sponsors Link

Jika kalian merasa tidak yakin serta merasa tidak dapat memperbaiki atau mencari kerusakan dispenser sendirian. Alangkah baiknya untuk meminta bantuan saja kepada orang yang lebih mengerti. Tentu saja, memang tidak disarankan untuk memperbaiki sendiri, apalagi jika dispenser kalian masih memiliki garansi. Walaupun jika kalian sudah mengetahui cara memperbaiki dispenser yang sudah tidak dingin lagi. Kadena jika kalian memaksakan diri untuk memperbaikinya padahal minim pengetahuan. Hal ini bisa berakibat fatal yang justru bisa memperparah kerusakan. Tapi jika kalian memang merasa sudah saatnya untuk mengganti dispenser. Jangan lupa untuk membeli dispenser yang berkualitas, agar tidak cepat rusak.

baca juga:

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara membersihkan dispenser, Dispenser, Dispenser tidak dingin, memperbaiki dispenser