ads

Kehadiran dispenser memberikan kemudahan kepada penggunanya dalam menyajikan minuman hangat maupun dingin tanpa harus menyalakan kompor terlebih dahulu. Namun, kinerja dispenser ini bisa saja terkendala jika mengalami kerusakan. Dispenser merk apapun memiliki kemungkinan untuk rusak. Salah satu kerusakan tersebut ialah dispenser yang tidak bisa mengeluarkan air dingin. Jika hal ini terjadi pada dispenser Anda, lakukanlah beberapa tips di bawah ini tentang cara memperbiki dispenser yang tidak dingin.

1. Cek Bagian Peltier

Pendingin dispenser yang tidak berfungsi semestinya, bisa jadi karena terdapat kerusakan pada bagian peltiernya. Cobalah untuk membongkar dispenser dan memeriksa bagian ini dengan menggunakan Ohm meter, yakni salah satu fitur dari multimeter. Kerusakan peltier ditandai dengan ukurannya yang berubah. Solusi yang tepat yaitu mengganti bagian ini dengan peltier yang baru.

2. Pembersihan Setiap Komponen Dispenser

Tidak cukup hanya dengan mengganti bagian yang rusak agar kembali normal. Hal penting yang perlu Anda ketahui dan praktekkan ialah cara membersihkan dispenser galon pada setiap komponennya. Bisa juga ada kemungkinan kebocoran di dalam dispenser yang dapat menimbulkan masalah yang lebih parah. Jangan lupa juga untuk membersihkan thermal pasta yang sudah lama. Pastikan semua komponen bersih sempurna.

3. Gunakan Thermal Pasta untuk Melapisi Peltier

Setelah semua komponen bersih. Kemudian gunakanlah thermal pasta untuk melapisi komponen di dalam dispenser, yaitu tabung pendingin dan peltier yang baru diganti. Thermal pasta merupakan suatu cairan yang digunakan untuk menutup lubang udara agar udara di dalam suatu komponen tidak terbuang sia-sia. Dalam hal ini, thermal pasta berguna untuk menjaga suhu dingin tetap optimal di dalam tabung pendingin.

Tabung pendingin merupakan sebuah kotak di dalam dispenser. Gunakan thermal pasta secukupnya dan dioleskan secara merata. Jalur yang ada di komponen tersebut dapat memudahkan Anda dalam mengoleskan thermal pasta. Komponen lainnya yang melekat pada peltier juga perlu diolesi thermal pasta.

4. Menyusun Dispenser Kembali

Apabila ketiga tahap di atas sudah selesai dilakukan, selanjutnya susunlah kembali dispenser seperti semula. Pasanglah semua bagian sesuai pada tempatnya dan jangan sampai ada yang salah, terlebih bagian peltier. Anda bisa menggunakan buku petunjuk penggunaan sebagai panduan bagi Anda dalam menyusun kembali dispenser yang telah dibongkar tersebut.

5. Pastikan Penggunaan Dispenser Sesuai Petunjuk

Jika dispenser yang sebelumnya diperbaiki, sekarang sudah kembali seperti semula. Cobalah untuk menggunakannya lagi. Pastikan Anda menggunakan dispenser sesuai ketentuan yang berlaku. Penggunaan yang tidak mengikuti prosedur tersebut, akan menyebabkan kerusakan lagi dan lagi, yang bahkan lebih parah dari sebelumnya. Perlu diketahui juga mengenai jenis kerusakan dispenser yang lainnya dan cara mengatasinya.

Sponsors Link

Jika memperbaiki dispenser sendiri dirasa terlalu sulit dan Anda tidak yakin, sebaiknya mintalah bantuan kepada orang yang lebih ahli dalam hal ini. Misalnya tukang service alat elektronik. Namun, jangan sekali-kali mencoba memperbaiki kerusakan pada dispenser jika masih dalam masa garansi. Sebaiknya Anda ke service center dispenser tersebut. Adapun cara yang paling dalam memperbaiki kerusakan pada dispenser adalah menggantinya dengan dispenser baru yang lebih bagus dan berkualitas.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara, cara memperbaiki, dingin, Dispenser, Dispenser tidak dingin, perbaiki, tidak dingin