ads

Kecanggihan teknologi memberikan dampak baik bagi manusia berupa kemudahan dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Minum merupakan kegiatan yang wajib dilakukan sehari-hari. Dalam sehari, manusia perlu minimal 8 gelas air. Kebutuhan air minum tidak sebatas pada air mineral, tetapi juga minuman panas maupun dingin. Untuk memudahkannya, muncullah sebuah alat elektronik canggih yang disebut dengan dispenser. Alat tersebut memiliki kemampuan untuk memanaskan maupun mendinginkan air secara otomatis.

Sanken ialah salah satu merk dispenser yang cukup ternama. Dispenser merk ini dikenal memiliki 2 versi, galon atas dan galon bawah yang semuanya dilengkapi dengan kualitas yang bagus. Namun, sayangnya semua alat elektronik bisa mengalami kerusakan yang membuat resah penggunanya. Salah satunya ialah tidak berfungsinya dispenser dalam mendinginkan air. Jika mengalami hal ini, Anda tidak perlu panik karena kami memiliki solusi yang tepat untuk mengatasinya. Simaklah ulasan mengenai cara memperbaiki dispenser yang tidak dingin di bawah ini.

  • Mengetahui Sistem Pendingin Pada Dispenser

Sistem pendinginan air pada dispenser menggunakan lempeng pendingin atau solid-state yang disebut dengan Thermo Electric Cooler (TEC). Dikenal juga dengan istilah  pendingin Peltier. Ada dua macam kabel elektroda yang melekat pada peltier. Jika tegangan DC dialirkan ke dua kabel eletroda tersebut, maka salah satu sisinya akan mengeluarkan panas dan sisi lainnya menyerap panas sehingga berubah menjadi sistem pendinginan.

Pada bagian lempengan yang menyerap panas melekat satu bagian tangki pendingin agar efek pendinginan sampai kepada tangki. Tangki pendingin ini dilapisi dengan styrifoam agar suhu panas dari luar tidak masuk ke dalam badan tangki. Sedangkan pada bagian lempengan yang mengeluarkan panas melekat heatsink atau penyerap panas yang kemudian menyemburkan panas tersebut ke luar dengan kipas penyedot.

  • Membongkar Dispenser Bagian Dalam

Kerusakan dispenser sanken yang tidak mau dingin terjadi pada bagian dalam dispenser sehingga Anda perlu membongkarnya. Kemungkinan penyebab masalah tersebut dan cara memperbaikinya yaitu:

a) Terdapat kabel pada instalasi bagian pendingin yang sudah putus

Cobalah Anda memeriksa kondisi perkabelan di dalam dispenser dengan cara membuka tutup bagian belakang. Periksalah dengan saksama perkabelan yang terhubung diantara switch dingin dan rangkaian power-supply TEC. Kabel yang putus dapat teramati oleh kasat mata. Kabel bisa saja putus akibat gigitan serangga atau tikus yang masuk ke dalam dispesnser.

b) Switch “dingin” atau “cold” mengalami kerusakan

Cobalah mengaliri  listrik AC 220V lalu nyalakan switch dingin menjadi on. Kerusakan pada switch dingin dapat terjadi apabila lampu Led indikator “cold” tidak menyala. Jika ternyata iya, lepaskan sambungan listrik dan switch dingin terlebih dahulu kemudian ceklah kebenarannya dengan menggunakan AVO-meter posisi Ohm x1 atau Ohm x10. Jika memang sudah rusak, maka segeralah untuk mengganti swicth dingin tersebut dengan tipe yang sama.

Sponsors Link

c) Power-supply untuk TEC mengalami kerusakan

Apabila poin a dan b tidak ditemukan, maka kerusakan mungkin terjadi karena power supply untuk TEC yang rusak. Hal ini dapat disebabkan oleh mengeringnya pasta pendingin yang melumuri permukaannya atau karena melemahnya putaran kipas penyedot. Pasta pendingin berfungsi untuk melindungi air di tabung pendingin agar tidak terpengaruh oleh panas dari tabung pemanas. Sedangkan kipas penyedot berguna untuk membuang panas agar jauh dari tabung pendingin. Jadi, ketika kedua bagian tersebut rusak jelas air akan sulit untuk menjadi dingin.

d) TEC error

Pada poin ini TEC dalam keadaan mati total, maka cobalah untuk memeriksa bagian-bagian berikut ini:

− Kabel power AC 220V
− Kabel-kabel yang terhubung diantara kabel power dengan switch panas dan switch dingin
− Switch panas dan switch dingin
− Sekering/fuse (jika ada)
− Power-supply TEC

Jika ditemukan bagian yang telah rusak, usahakan untuk segera menggantinya agar sistem pendinginan dapat berfungsi kembali. Pencegahan yang paling umum yaitu memahami dengan benar cara merawat dispenser agar awet dan jauh dari kerusakan.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara, cara memperbaiki, Dispenser, dispenser sanken, memperbaiki, tidak dingin