ads

Dispenser merupakan salah satu alat rumah tangga yang membuat pekerjaan memasak ataupun mendinginkan air jadi lebih mudah dan praktis. Pemakaian dispenser bukan hanya di dalam rumah tangga, tetapi sudah meluas ke berbagai segmen seperti kantor, sekolah, instansi pemerintah dan lain sebagainya. Tidak dapat dipungkiri memang kebutuhan akan air panas atau dingin sudah menjadi hal yang perlu dipenuhi. Hal ini menarik banyak produsen berlomba-lomba menerbitkan berbagai merk dispenser dengan spesifikasi yang berbeda. Harganya pun bervariasi mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal.

Salah satu merk dispenser yang berkualitas bagus yaitu sanken. Dispenser sanken telah dikenal oleh masyarakat Indonesia hingga ke pelosok daerah. Kualitas yang bagus dan harganya yang cukup terjangkau merupakan pertimbangan banyak orang untuk memilihnya. Namun, sebagus apapun merk suatu dispenser tak luput dari yang namanya kerusakan. Entah kerusakan bawaan dari pabrik atau akibat keteledoran penggunanya. Misalnya, dispenser yang pendinginnya tidak berfungsi alias tidak dingin. Tentu membuat Anda kesal, bukan? Nah, sebetulnya kerusakan semacam itu masih dapat diperbaiki loh! Simaklah ulasan mengenai cara memperbaiki dispenser sanken tidak dingin lagi berikut ini :

Membongkar Dispenser dan Periksa Bagian Peltier

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah membongkar dispenser secara hati-hati. Jika ada kerusakan seperti dispenser yang tidak mau dingin, maka bisa diperkirakan bahwa yang mengalami kerusakan yaitu bagian peltiernya. Bagian tersebut terdapat di bagian dalam dispenser, jadi harus dibongkar terlebih dahulu. Kemudian periksalah bagian peltiernya.

Peltier yang rusak ditandai dengan perubahan ukuran yang lebih besar. Anda juga bisa mengeceknya dengan menggunakan multimeter pada posisi ohm meter. Peltier yang rusak harus segera diganti dengan yang baru untuk memperbaikinya. Kami menyarankan Anda untuk membawanya ke pusat servis dari sanken atau membelinya di toko alat elektronik.

Membersihkan Setiap Komponen Dispenser

Setelah mengganti peltier yang rusak dengan yang baru. Maka, selanjutnya ialah membersihkan setiap komponen di dalam dispenser hingga bersih. Ketahui cara membersihkan bagian dalam dispenser dengan benar. Anda bisa menggunakan perangkat lain, seprti kain lap yang halus atau kuas kecil. Bersihkan semua debu atau kotoran yang melekat.

Sponsors Link

Mengoleskan Thermal Pasta

Thermal pasta ialah suatu krim yang digunakan untuk melindungi suatu permukaan agar tidak terpengaruh suhu dari lingkungan luar, misalnya suhu panas atau dingin. Oleskan thermal pasta ke seluruh permukaan komponen dispenser, terutama bagian peltiernya agar tidak mengalami kebocoran sehingga bisa berfungsi dengan baik.

Memasang Kembali Dispenser

Tahap selanjutnya ialah memasang kembali setiap bagian dispenser seperti semula. Pastikan Anda mengikuti setiap petunjuk yang ada di buku pedoman pengguna. Jangan sampai ada bagian yang salah pasang karena itu bisa mengakibatkan hal yang lebih buruk lagi.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki dispenser sanken tidak dingin lagi yang mudah untuk Anda pelajari. Namun, jika dispenser sanken Anda masih dalam masa garansi, sebaiknya jangan mencoba membongkarnya sendiri melainkan bawalah ke pusat servis sanken. Utamakan untuk membawanya ke sana sebelum mencoba memperbaikinya sendiri! Perhatikan setiap tahapan di atas jika Anda memang harus memperbaikinya sendiri. Semoga berhasil!

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara, Dispenser, dispenser sanken, memperbaiki, Sanken, tidak dingin