ads

Gaya hidup modern telah banyak diterapkan di wilayah perkotaan, khususnya di sarana publik. Misalnya hotel, rumah sakit, restaurant dan lain-lain. Salah satu contoh gaya hidup modern yaitu penggunaan wastafel dan dispenser sabun. Dispenser sabun, mungkin benda yang satu ini masih asing di telinga Anda. Dispenser sabun merupakan alat penampung dan penyediaan sabun cair sehingga lebih mudah dan praktis digunakan. Penggunaan sabun cair dinilai lebih higienis dibandingkan dengan sabun batang karena tidak bersinggungan langsung dengan tangan. Apalagi jika ditujukan untuk penggunaan banyak orang di sarana publik.

Seperti alat canggih pada umumnya, dispenser sabun juga rentan terhadap kerusakan bila disalah gunakan. Dispenser sabun yang bocor merupakan satu di antara banyaknya kerusakan yang meresahkan penggunanya. Selain bisa menodai lantai atau dinding di sekitarnya, dispenser sabun yang bocor juga dapat menodai pakaian Anda yang tengah berada di dekatnya.

Solusi yang paling tepat untuk mengatasi hal ini ialah memperbaiki dispenser sabun yang bocor. Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Keluarkan Cairan Sabun dari Tangki Dispenser Sabun

Sebelum mulai perbaikan, terlebih dahulu kosongkan cairan sabun yang masih tersisa dalam tangki dispenser sabun. Kemudian cuci bersih tangki dispenser sabun tersebut hingga tak ada busa sabun yang tersisa.

2. Bukalah Penutup System Dispenser Sabun

Dispenser sabun memiliki dua system, yakni system pompa maupun system valve. Pahami karakteristik keduanya melalui buku petunjuk penggunaan dispenser sabun. Bukalah kedua system tersebut dengan hati-hati.

3. Bongkar Partikel Bagian Dalam

Setelah penutup system dalam dispenser sabun berhasil terbuka, selanjutnya bongkarlah partikel bagian dalamnya secara hati-hati. Pastikan untuk meletakkannya di tempat yang aman dan mudah dijangkau, mengingat partikel tersebut berukuran kecil.

4. Bersihkan Partikel Tersebut

Setelah partikel-partikel dalam dispenser sabun terkumpul, selanjutnya bersihkan dengan menggunakan air bersih. Anda bisa menggunakan sikat pembersih khusus yang berukuran kecil atau sikat gigi bekas untuk memudahkan Anda dalam membersihkannya. Gosokan secara merata ke seluruh celah-celah kecil.

Bila dilihat kotoran yang menempel di permukaannya tampak pekat, gunakan cairan khusus pembersih partikel besi atau semacamnya untuk melarutkan kotoran-kotoran tersebut. Kemudian bilas dengan air bersih, lalu diamkan di atas lap kering atau tissue hingga kering.

5. Pasang Kembali Seperti Semula

Pasang kembali seluruh partikel dispenser sabun yang telah dibongkar seperti sedia kala. Bila Anda bingung, gunakan buku petunjuk penggunaan sebagai panduan Anda. Pasanglah dengan tepat dan rapat, sehingga tidak ada celah yang menimbulkan kebocoran serupa.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi penyebab kebocoran dispenser sabun yang mudah untuk Anda terapkan sekarang juga. Sebagian orang masih menganggap ini sebagai masalah sepele, namun bila tidak diatasi dengan segera maka kerusakan kecil bisa berkembang menjadi masalah yang besar. Untuk itu, Anda juga perlu mengetahui cara mencegah agar dispenser sabun tidak mengalami kebocoran baik ringan maupun berat.

Sponsors Link

  • Tips Mencegah Kebocoran Dispenser Sabun

Berikut ini tips jitu untuk mencegah dispenser sabun dari gejala kebocoran.

  1. Pilihlah dispenser sabun berkualitas yang mudah digunakan.
  2. Gunakan sabun cair dengan tingkat keenceran yang tidak terlalu pekat. Sabun cair yang terlalu pekat dapat menyumbat lubang pengeluaran yang menyebabkan dispenser sabun mampet.
  3. Hindarkan dari jangkauan anak-anak. Biasanya anak-anak mudah tertarik dengan benda unik seperti dispenser sabun dan menjadikannya sebagai mainan. Sedangkan penggunaan yang tidak sesuai kaidah dapat menyebabkan kerusakan.
  4. Pahami isi dalam buku petunjuk pengguna sebelum mulai menggunakan dispenser sabun.

Beberapa tips di atas semoga bisa mencegah kebocoran pada dispenser sabun yang Anda gunakan. Selamat mencoba!

Sponsors Link

Posted by · Tags: bocor, cara, dispenser sabun, memperbaiki