ads

Cara memperbaiki dispenser sabun sebenarnya sangatlah mudah karena desainnya tidak terlalu kompleks atau rumit dan tidak membutuhkan arus listrik untuk mengoperasikannya. Namun ada kalanya ketika sedang mandi tapi dispenser sabun tidak bisa berfungsi dimana sabun tidak mau keluar ketika dipencek padahal isinya masih cukup banyak. Jika hal tersebut terjadi maka yang menjadi masalah adalah dispenser sabun mungkin saja mampet atau macet.

Artikel terkait:

Penyebab Dispenser Sabun Macet atau Mampet

Saat ini penggunaan sabun cair memang menjadi pilihan karena selain menghasilkan busa yang lebih banyak, penggunaan sabun cair juga dinilai jauh lebih higienis dibandingkan penggunaan sabun batangan apalagi jika dalam satu rumah ada lebih dari satu orang yang menggunakan sabun secara bersamaan. Kalau dispenser sabun macet maka mungkin salah satu dari hal berikut adalah penyebab utamanya.

  • Dispenser sabun macet karena jarang dibersihkan. Jadi jangan hanya tau cara menggunakannya saja tapi juga harus tahu bagaimana cara membersihkan dispenser sabun. Tips membersihkannya adalah setiap kali akan mengisi ulang sabun dispenser ada baiknya dibersihkan terlebih dahulu dengan cara dispenser diisi air kemudian dikocok-kocok dan keluarkan airnya seperti ketika Anda ingin mengeluarkan sabun dari dispensernya sampai air benar-benar abis baru kemudian Anda boleh mengisi ulang dispenser sabun dengan sabun cair yang baru.
  • Dispenser sabun macet karena karat. Hal ini bisa saja terjadi terutama jika dispenser sabun sudah cukup lama digunakan. Kebanyakan orang tidak tidak tahu bahwa di bagian dalam dispenser sabun tepatnya pada bagian yang biasanya dipencet untuk mengeluarkan sabun terdapat per yang terbuat dari besi. Per ini yang biasanya berkarat karena terus menerus terkena cairan. Jika berkarat maka per tersebut bisa saja menyebabkan dispenser macet karena karat yang ada menghambat per tidak berfungi secara maksimal akhirnya sabun tidak dapat dikeluarkan dengan lancar.
  • Kondisi sabun yang terlalu kental juga bisa membuat dispenser macet. Oleh karena itu perhatikan juga tekstur sabun cair Anda karena beberapa jenis dispenser tidak bisa mengeluarkan sabun cair yang memiliki tekstur sangat kental. Jika demikian yang terjadi maka Anda harus mengganti dispenser sabun cair Anda atau bisa juga Anda mengganti pilihan sabun cair Anda.

Di atas adalah tiga jenis penyebab mengapa dispenser sabun cair bisa macet. Lalu bagaimana jika dispenser sabun cair terlanjur macet. Apa yang harus dilakukan?

Artikel Terkait:

Cara Memperbaiki Dispenser Sabun yang Macet

Jika memang sudah terlanjur macet tidak perlu panik dan langkah-langkah mudah berikut bisa Anda lakukan untuk mengatasi dispenser sabun Anda yang macet.

  1. Pertama coba keluarkan semua isi sabun cair Anda, pindahkan ke wadah lain.
  2. Selanjutnya masukkan air ke dalam tabung dispenser dan kocok-kocok sebentar.
  3. Keluarkan air dari tempat biasa Anda mengeluarkan sabun cair. Jika air keluar dengan lancar mungkin hanya ada sedikit sabun yang membeku saja.
  4. Namun jika air tidak keluar ada kemungkinan sabun yang membeku sudah membentuk kerak sehingga sulit untuk dikeluarkan hanya dengan menggunakan air.
  5. Jika demikian maka Anda harus membuka bagian kepala tempat dimana sabun keluar.
  6. Keluarkan semua komponennya dan bersihkan dengan menggunakan sikat gigi terutama komponen yang berbentuk per.
  7. Jika dirasa sudah bersih pasang kembali semua komponen ke tempatnya semula dan coba kembali.

Artikel terkait:

Jika tujuh langkah di atas sudah Anda lakukan tapi dispenser sabun Anda masih juga tidak dapat berfungi dengan baik maka ada yang salah pada sistem pompa atau sistem valve dispenser Anda, itu artinya harus segera diganti dengan yang baru.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara memperbaiki, dispenser rusak, dispenser sabun