ads

Dispenser merupakan suatu alat rumah tangga yang bermanfaat untuk menyediakan air dengan suhu normal, rendah maupun tinggi. Sumber air yang menggunakan dispenser pada umumnya yang dikemas dalam galon dengan volume 19 liter, namun kini sudah ada dispenser berukuran mini yang dapat memuat galon dengan volume kurang dari 19 liter. Dengan dispenser, menyeduh kopi atau membuat es teh menjadi lebih praktis, mudah dan cepat.

Miyako merupakan salah satu merk dispenser yang terkemuka di tanah air. Dispenser Miyako memiliki keunggulan dibandingkan dispenser merk lainnya. Diantaranya bentuk dan tampilan dispenser Miyako lebih elegan, beraneka tipe dan harga yang terjangkau. Tak heran jika dispenser Miyako ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Seperti alat elektronik lainnya, terkadang berbagai kerusakan tak dapat dihindari. Baik itu kerusakan kecil maupun besar. Salah satunya, komponen pendingin dispenser yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jangan panik dan resah jika mendapati masalah semacam ini! Berikut ini solusi cara memperbaiki dispenser Miyako yang tidak dingin lagi.

1. Memahami Cara Membongkar Dispenser

Dispenser memiliki komponen-komponen yang cukup kompleks. Tidak berfungsinya pendingin bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada bagian-bagian dispenser dan fungsinya. Oleh karena itu, perlu dilakukan pembongkaran untuk mengetahui titik komponen mana yang rusak. Cara membongkar dispenser bisa diketahui dari keterangan dalam buku petunjuk penggunaan atau dengan menghubungi call center dispenser Miyako.

Alat yang digunakan untuk membongkar dispenser yaitu obeng dan/atau kunci inggris.

2. Memeriksa Peltier

Peltier adalah modul Thermo-Electric yang dilapisi oleh keramik tipis yang mengandung batang-batang Bismuth Telluride. Peltier 2 bagian dengan fungsi yang berbeda, yakni:

  1. Cool Side (Heat Absorbed) merupakan lempengan yang dingin yang berfungsi sebagai penyerap kalor (panas).
  2. Hot Side (Heat Released) merupakan lempengan panas yang berfungsi sebagai pelepas kalor (panas).

Komponen peltier terletak di dalam dispenser, berbentuk lempengan persegi atau persegi panjang dengan kabel di salah satu sisinya. Periksalah kenormalan peltier dengan menggunakan Ohm meter atau multimeter. Bila bagian peltier ini rusak, maka solusi terbaiknya ialah menggantinya dengan yang baru. Harga elemen pendingin dispenser ini cukup terjangkau dan mudah diperoleh di pasaran.

3. Membersihkan Komponen Dispenser

Setelah mengganti peltier dengan yang baru, bersihkanlah komponen lainnya di dalam dispenser. Kotoran yang melekat di permukaan komponen tersebut bisa menjadi penyebab menurunnya kinerja pendingin dispenser. Anda bisa menggunakan kuas kecil, lap kain atau sikat gigi bekas untuk menghilangkan kotoran yang terdapat di dalamnya.

4. Mengoleskan Thermal Paste

Thermal paste merupakan cairan kental atau gel yang berfungsi untuk memperkuat konduktivitas termal di antara dua permukaan dengan menutup rapat celah-celah kecilnya. Oleskan thermal paste pada permukaan komponen peltier, tabung pendingin dan komponen lainnya secara merata.

Dalam arti lain, thermal paste ini dapat mencegah timbulnya kebocoran pada bagian dalam dispenser.

Sponsors Link

5. Merakit Kembali Dispenser

Setelah langkah sebelumnya diselesaikan dengan rapi, selanjutnya rakitlah kembali dispenser seperti semula. Pastikan semua komponen terpasang pada tempatnya dengan benar. Jangan sampai ada komponen yang salah pasang, karena dapat menimbulkan permasalahan baru. Gunakanlah buku petunjuk sebagai panduan Anda!

Itulah beberapa cara memperbaiki dispenser Miyako yang tidak dingin lagi. Pahami setiap langkahnya dengan tepat, sebelum Anda mencoba untuk mempraktekkannya sendiri. Sangat disarankan untuk menghubungi service center Miyako dalam mengatasi segala bentuk kerusakan dispenser bila masih dalam masa garansi. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara, Dispenser, memperbaiki, miyako, tidak dingin