ads

Sebenarnya cara memperbaiki dispenser yang macet atau tidak keluar air merupakan cara yang mudah dan mungkin semua orang bisa melakukannya tanpa harus memiliki keahlian tertentu. Selain itu, memperbaiki dispenser yang mampet juga tidak membutuhkan aliran listrik sehingga bagi anda yang tak paham tentang menyoder dan sebagainya tidak perlu khawatir.

Masalah dispenser yang mampet tentu saja akan membuat kita tidak bisa mengambil air dari galon. Hal ini tentu membuat siapapun merasa frustasi sehingga dispenser tersebut harus segera diperbaiki. Di bawah ini cara yang akan kami jelaskan untuk mengatasi dispenser yang macet atau yang tak keluar air.

1. Membongkar termostat

Perlu anda tahu bahwa salah satu penyebab dispenser yang macet yang juga menjadi penyebab kebocoran dispenser adalah terletak pada termostat. Termostat merupakan salah satu bagian penting dalam dispenser yang berfungsi mengatur suhu, baik suhu panas maupun juga dingin.

Jika dispenser anda mampet, maka yang harus anda lakukan adalah dengan membongkar dispenser anda dan cobalah untuk memeriksa termostat. Biasanya termosta yang settingannya terlalu dingin bisa menjadi salah satu alasan mengapa dispenser anda tidak bisa mengeluarkan air.

Jika seperti ini, maka anda tentu masih bisa memperbaikinya dengan cara memperbaiki pengaturannya. Namun, jika ternyata termostat pada dispenser tersebut telah rusak, maka mau tidak mau anda harus menggantinya dengan yang baru.

2. Keluarkan kotoran yang menutupi mulut kran

Untuk poin kedua ini bisa dikatakan sebagai satu-satunya masalah yang sering dialami oleh mereka yang memiliki dispenser. Kran dispenser yang tidak dirawat dengan baik akan semakin lama semakin kotor sehingga kemudian kotoran tersebut akan menumpuk.

Kotoran yang semakin lama menumpuk tersebut bisa menyebabkan airnya tidak mau keluar atau malah bisa menjadi penyebab dispenser tidak menyala. Oleh sebab itu, untuk menghindari hal tersebut terjadi, maka segeralah anda cek kran dispenser apakah tertutup kotoran atau tidak.

Jika tertutup, maka anda perlu membersihkannya dengan kain basah maupun juga bisa anda bersihkan dengan tisu. Pastikan kotoran tersebut bersih agar supaya tidak sampai mengalir dan masuk ke wadah atau gelas ketika anda ingin minum. 

Sponsors Link

3. Memperbaiki pengait yang lepas

Cara memperbaiki dispenser mampet juga bisa dilakukan dengan memperbaiki pengait atau tuas yang mungkin saja terlepas. Perlu anda tahu bahwa pengait yang terlepas bisa menyebabkan dispenser mampet sehingga ketika anda menekannya, maka tidak ada air yang keluar.

Adapun langkah yang harus anda lakukan yaitu dengan mengeluarkan seal kran dan mulailah mengecek kondisinya. Jika ternyata pengaitnya hanya terlepas, maka anda hanya perlu mengaitkannya kembali. Pastikan juga bhawa pemasangan tersebut benar-benar sudah rapat agar supaya nanti tidak sampai terlepas kembali.

Akan tetapi, jika ternyata setelah anda cek dan anda temukan bahwasanya kondisi seal kran sudah dalam kondisi yang rusak dan tidak bisa diperbaiki kembali, maka tidak ada cara lain yang musti anda lakukan selain dengan membeli seal kran yang baru.

Sekedar informasi bahwa ketika anda ingin membeli seal kran, jangan lupa untuk membawa seal kran anda yang rusak agar nanti anda atau penjual bisa mencocokkan tipe dan ukuran seal kran tersebut dengan milik anda.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara memperbaiki dispenser, dispenser mampet, memperbaiki dispenser mampet