ads

Kita tahu bahwa dispenser sudah menjad barang wajib yang akan Anda temui di setiap rumah. Dispenser tersebut berguna untuk membuat air menjadi panas, dingin, maupun menjaga suhunya tetap normal alias air biasa. Berbagai merk dispenser telah hadir dan Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan tentunya sesuai budget Anda.

Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa meskipun Anda membeli dispenser terbaik dan dengan harga yang mahal sekalipun, jika tidak diimbangi dengan perawatan, maka dispenser Anda bisa mengalami masalah. Salah satu masalah tersebut adalah konslet.

Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Berikut ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai apa saja tindakan yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki dispenser yang konslet.

1. Lepas colokan dispenser

Cara pertama yang harus dilakukan dan merupakan hal paling dasar adalah dengan melepas colokan dispenser. Kita  tahu bahwa di dalam penggunaannya, dispenser membutuhkan aliran listrik untuk bisa membuat air menjadi panas maupun dingin.

Namun ketika terjadi masalah pada dispenser Anda, maka Anda harus melepas colokan dispenser sebelum Anda memutuskan untuk memperbaikinya. Maka dari itu, pastikan sekarang dispenser Anda tidak sedang teraliri listrik sehingga Anda bisa dengan bebas memeriksa kira-kira apa yang menjadi penyebab dispener anda mengalami kerusakan.

2. Periksa tetesan air

Cara mengatasi dispenser rusak selanjutnya adalah dengan memeriksa di seluruh bagian dispenser Anda apakah ada bagian yang mengalami kebocoran. Seringkali dispenser yang konslet disebabkan karena adanya kebocoran yang terjadi, baik berasal dari selang, mulut  galon, badan dispenser, maupun dari galon itu sendiri.

Maka dari itu, tindakan yang paling tepat harus Anda lakukan adalah dengan memeriksa apakah kira-kira ada tetesan air yang mengalir ke dispenser Anda, khususnya yang mengalir ke kabel atau bagian lain yang teraliri listrik. Dengan begitu, Anda bisa langsung membersihkannya dan mungkin bisa langsung memperbaiki bagian tersebut agar supaya dispenser Anda tidak bocor lagi dan tidak sampai konslet kembali.

3. Memeriksa karet kran

Cara ketiga adalah Anda bisa mulai memeriksa bagian karet kran. Anda harus melakukan pengecekan apakah karet kran benar-benar masih bisa berfungsi dengan baik. Biasanya tanpa disadari bahwa karet kran tersebut terdapat kotoran yang tidak kunjung dibersihkan sehingga mengendap.

Akibatnya, aliran air menjadi terganjal dan kemudian malah menetes dari dalam. Yang harus Anda lakukan adalah dengan membersihkan kotorannya dan kemudian pasang kembali selang tersebut.

4. Bawa ke tempat servis dispenser

Cara memperbaiki dispenser konslet yang mungkin menjadi cara terakhir yang harus Anda lakukan adalah dengan membawanya ke tempat servis. Mungkin di sini kerusakan dispenser sudah parah sehingga tidak bisa dilakukan perbaikan apapun kecuali seseorang yang sudah ahli.

Namun pastikan Anda membawa dispenser Anda ke tempat servis yang sudah terpercaya dan sudah berpengalaman. Hal ini bertujuan agar dispenser Anda tidak semakin bermasalah, apalagi jika dispenser Anda merupakan dispenser yang mahal.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara memperbaiki dispenser, memperbaiki dispenser konslet