ads

Dispenser bocor merupakan salah satu masalah yang bisa terjadi pada semua jenis dispenser dan harganya semua merk baik itu mode lama maupun mode terbaru. Kebocoran pada dispenser jelas merugikan penggunanya. Dampak paling umum yakni terus menetesnya air yang tersimpan di dalam dispenser. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, dapat menyebabkan dampak buruk seperti korsleting listrik atau kecelakaan pada penggunanya. Oleh karena, segera atasi kebocoran dispenser yang Anda alami saat ini.

Cosmos adalah sebuah merk dispenser dengan kualitas yang bagus. Dengan dibekali spesifikasi yang handal dan harga yang relatif terjangkau, tak heran jika dispenser yang satu ini banyak dicari oleh masyarakat. Bukan hanya untuk ditempatkan di rumah, tetapi juga di kantor, sekolah, rumah sakit dan lain-lain. Namun, seperti jenis dispenser lainnya dispenser Cosmos ini juga rentan terhadap kebocoran.

Kini Anda tidak perlu khawatir lagi karena kami memiliki cara memperbaiki dispenser Cosmos bocor. Simak selengkapnya berikut ini.

  • Telusuri Penyebab Dispenser Bocor

Saat Anda ingin mengatasi suatu masalah, maka telusuri terlebih dulu apa yang menjadi penyebab timbulnya masalah tersebut. Dalam hal ini, penyebab kebocoran dispenser yang paling sering terjadi yaitu:

1. Posisi galon air miring

Pastikan galon air terpasang secara simetris menyesuaikan dengan corong dispenser galon atas. Sementara untuk dispenser galon bawah, pasang dengan benar menyesuaikan dengan selang atau pompa dispenser. Posisi yang miring atau tidak selaras dapat menimbulkan celah untuk keluarnya air dalam galon.

2. Kebocoran selang penghubung

Di dalam tubuh dispenser terdapat tabung dan selang penghubung yang mengalirkan air menuju keran. Selang penghubung ini terbuat dari bahan elastis, seperti plastik yang bisa saja mengalami kebocoran. Penyebabnya antara lain rendahnya kualitas bahan selang, gigitan hewan kecil (misalnya kecoak, tikus dan sebagainya) atau pemasangan yang kurang tepat dari bawaan pabrik.

3. Keran Dispenser Rusak

Bukan hanya keran wastafel saja yang bisa mengalami kerusakan. Keran dispenser pun bisa mengalaminya. Penyebabnya antara lain pemasangan yang tidak tepat, tutupan keran yang tidak rapat atau bahan pelapis antara dispenser dan keran yang mulai menipis. Keran yang rusak menyebabkan air di dalam dispenser tidak berhenti menetes, bahkan ketika keran sudah dalam keadaan tertutup.

  • Cara Memperbaiki Dispenser Cosmos Bocor

Ketika dispenser Cosmos Anda mengalami kebocoran, segeralah untuk mengatasinya bila Anda tidak ingin masalah semakin membesar. Berikut ini cara memperbaiki dispenser bocor yang bisa Anda terapkan.

1. Periksa Kondisi Corong Dispenser

Bila ditemukan kerusakan pada corong, seperti retak, pecah atau sebagainya, maka segeralah menggantinya dengan corong yang baru.

2. Ganti Selang Dispenser

Bila corong dispenser baik-baik saja, maka kebocoran bisa terjadi karena selang di dalam dispenser. Bongkarlah dispenser untuk memeriksa kondisinya dan gantilah dengan yang baru jika ditemukan adanya kerusakan.

3. Memperbaiki Atau Mengganti Keran Dispenser

Jika kondisi keran dispenser tidak pada semestinya, perbaiki atau gantilah dengan yang baru.

Pastikan Anda membeli komponen-komponen dispenser Cosmos yang original di tempat yang tepercaya. Misalnya di service center Cosmos. Itulah tips menarik untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link

Posted by · Tags: bocor, cara, Cosmos, Dispenser, memperbaiki