ads

Salah satu masalah dispenser yang sering ditemui masyarakat adalah air yang bocor sehingga mampu membuat bancir area dispenser. Kesalahan pertama kita pengguna dispenser adalah tidak mengetahui komponen didalam dispenser dan cara merawatnya. Jika anda salah satu yang mengalami masalah kebocoran dispenser, bisa memperbaiki sendiri dengan peralatan yag ada dirumah. (baca: cara mengatasi dispenser rusak )

Dispenser yang bocor umumnya disebabkan oleh pipa penyalur antara gallon air dan tabung pemanas itu hancur karena seringnya kita gunakan. Pipa penyalur ini cukup susah untuk ditemukan dipasaran, tetapi kita bisa menggantikannya dengan pembungkus kabel yang biasa ada ditoko elektronik. Namun tidak sepenuhnya pipa tersebut kita buang, hanya saja bagian yang hancur terkena panas kita bnatu dengan alat pembungkus kabel. (baca: cara kerja dispenser)

Berikut langkah-langkah cara memperbaiki dispenser bocor tanpa mengganti pipa yang hancur :

  1. Persiapan peralatan – Peralatan yang dibutuhkan untuk memperbaiki sendiri dispenser yang rusak adalah, Alat pembungkus kabel / selongsong kabel listrik, Pisau cutter, Korek api, Kabel tie. (baca: harga dispenser miyako wd 389 hc)
  2. Ukur pipa yang rusak penyebab kebocoran baik itu terkena panas dispenser atau lainnya
  3. Potong pembungkus kabel tersebut sesuai dengan ukuran pipa yang rusak dengan melebihkan sepanjang 0,5cm dari ukuran pipa yang rusak
  4. Masukan pipa yang rusak kedalam pembungkus kabel tersebut hingga menutupi semua bagian yang rusak karena panas
  5. Panaskan secara perlahan menggunakan korek api hingga pembungkus kabel tersebut seperti mngepas kepada pipa yang rusak. Jangan menggunakan api yang terlalu besar karena dapat merusak pipa dan pembungkus kabel tersebut. (baca: toko penjual dispenser terpercaya)
  6. Pasang kembali ujung setiap pipa menggunakan dua buah kabel tie. Ukurannya dapat kita sesuaikan hingga tidak ada lagi lubang yang bisa menyebabkan kebocoran.
    Sponsors Link

  7. Pasang kembali pipa ketempat semula, yang menghubungkan antara gallon dan wadah pemanas dispenser. Ada kemungkinan antar penghubung tersebut longgar dan dikhawatirkan bisa membuat kebocoran yang lainnga, jadi anda bisa menggunakan kabel tie untuk mengikatnya lebih erat.
  8. Tes kebocoran dengan air, tanpa menggunakan gallon. Untuk melihat apakah pekerjaan kita rapi dan berhasil, gunakan air didalam wadah tanpa menghubungkannya dengan listrik terlebih dahulu. Isi dispenser hingga air diatas stabil dan perhatikan pipa yang terpasang. (baca: jenis dispenser terbaru)

Cara kerja pembungkus kabel tersebut terhadap pipa yang rusak adalah menutupi rongga udara yang ada pada pipa. Dengan membakar menggunakan api kecil akan mempererat pembungkus tersebut melekat kepada pipa. Pembungkus kabel ini juga sedikit lebih tahan panas daripada pipa yang terbuat dari bahan plastik. Karena kegunaannya sebagai selongsong panas pada kabel listrik. Pembungkus kabel yang berwarna hitam ini juga bisa bertahan hingga tingkat panas 125°C. Cukup kuat menahan pemanas air yang rata-rata hanya sampai 100°C. (baca: jenis dispenser dan harganya semua merk)

Kemungkinan cara ini tidak berhasil sangat kecil sekali. Salah satu penyebabnya adalah kerjaan yang kurang rapi, atau kabel tie yang terpasang tidak terlalu erat. Pipa dispenser termasuk salah satu komponen yang susah untuk ditemukan, sehingga pilihan ini bisa menjadi alternative bagi anda yang memiliki masalah yang sama.

Sponsors Link

Posted by · Tags: bocor, dispenser rusak