ads

Jika dulu saat kita menginginkan air panas atau dingin, terlebih dahulu kita harus memasak air di kompor atau mendinginkannya di dalam lemari es. Kegiatan ini jelas membutuhkan waktu yang cukup lama. Padahal kita masih memiliki kegiatan lain yang harus dikerjakan. Teknologi yang semakin canggih pun menjawab kesulitan manusia. Dispenser hadir di tengah-tengah masyarakat dengan menawarkan berbagai kelebihan yaitu mampu memanaskan dan mendinginkan air secara otomatis. Kehadiran dispenser ini memberikan kemudahan bagi penggunanya ketika ingin menyeduh air panas atau menegak air dingin.

Namun, seperti alat elektronik lainnya. Dispenser juga memiliki potensi untuk mengalami kerusakan. Salah satunya ialah dispenser bocor hingga airnya keluar meluap dan membasahi lingkungan di sekitarnya. Jangan biarkan kerusakan semacam itu terjadi berlarut-larut. Anda harus segera mengambil langkah pasti, memperbaikinya. Nah, berikut ini kami berikan tips tentang cara mengatasi dispenser yang bocor untuk Anda.

  • Kebocoran dari Galon Air

Pastikan Anda memilih galon yang rapat aman dan memasangnya dengan benar ke atas dispenser. Galon ataupun corong yang terpasang miring akan menimbulkan celah yang menyebabkan kebocoran. Cara memperbaikinya mudah, cukup dengan memperbaiki posisi galon maupun corong sesuai pada tempatnya.

Ketika mengangkat galon ke atas dispenser, usahakan untuk berhati-hati karena tekanan yang terlalu keras dapat menimbulkan keretakan pada corong. Retak tersebut dapat mengakibatkan kebocoran. Jika sudah retak, maka sebaiknya corong tersebut diganti dengan yang baru.

  • Kebocoran pada Kran Dispenser

Kebocoran pada kran dispenser disebabkan oleh bagian klep yang terdapat pada kran tidak lagi terpasang dengan kuat. Mulanya air di dalam dispenser menetes sedikit demi sedikit melalui kran yang tertutup. Lama kelamaan tetesan air semakin banyak bahkan hingga meluap jika tidak ditangani.

Solusi yang tepat untuk masalah ini ialah mengganti kran dengan yang baru. Kami sarankan Anda untuk membawa dan membelinya di service center dispenser Anda agar mendapatkan barang yang original. Bawalah kran yang rusak, bila perlu dengan dispensernya sekaligus agar bisa langsung dicoba.

  • Kebocoran pada Bagian Dalam Dispenser

Air dari galon sebelum keluar dari kran dispenser, sebelumnya harus melalui tabung penampungan air dan serangkaian selang atau pipa kemudian baru ke kran dispenser. Jika kebocoran tidak ditemukan dari dua penyebab yang telah dijelaskan sebelumnya, maka kemungkinan ada kebocoran pada bagian dalam dispenser baik dari tabung penyimpanan air, selang atau pipa dispenser. Solusinya ialah dengan membongkar dispenser tersebut dan memeriksa bagian dalamnya. Pastikan Anda menggunakan buku petunjuk penggunaan sebagai panduannya.

Periksalah dengan teliti, gunakanlah senter atau penerang untuk menerangi bagian-bagian yang sulit dijangkau. Jika sudah ditemukan bagian yang menyebabkan kebocoran, maka segeralah untuk menggantinya dengan yang baru.

Sponsors Link

  • Klaim Garansi atau Manfaatkan Service Center

Jika dispenser milik Anda masih dalam masa garansi, jangan sekali-kali mencoba untuk memperbaikinya sendiri! Bawalah ke toko tempat Anda membeli atau service center produk terkait untuk klaim garansi, yakni memperbaikinya. Pada umumnya mereka memiliki teknisi ahli yang dapat memperbaiki kebocoran pada dispenser Anda. Jikalau harus ada pergantian bagian dispenser yang baru, mereka memiliki produk yang original sehingga terjamin keaslian dan keawetannya. Namun, jika ternyata service center tidak memungkinkan untuk dijangkau, barulah Anda mencoba memperbaikinya secara mandiri.

Itulah beberapa penyebab kebocoran dispenser dan cara memperbaikinya yang dapat Anda terapkan pada dispenser Anda. Selamat mencoba!

Sponsors Link

Posted by · Tags: bocor, cara, cara memperbaiki, Dispenser, Dispenser bocor, memperbaiki