ads

Air merupakan kebutuhan utama setiap manusia. Untuk air minum sendiri, manusia perlu mengonsumsi air minum tidak kurang dari 2 liter sehari. Konsumsi air minum tidak sebatas air putih biasa, tetapi juga air minum dalam bentuk lain seperti, es sirup, teh, kopi, susu dan lain-lain. Untuk itu hadirlah suatu alat elektronik untuk memudahkan pekerjaan membuat minuman tersebut, yang disebut dengan dispenser. Dispenser merupakan alat penyimpanan air yang disertai dengan pemanas dan pendingin. Fungsinya untuk memanaskan dan mendinginkan air secara lebih praktis.

Seperti alat elektronik pada umumnya, dispenser juga memerlukan perawatan rutin untuk menjaga kinerjanya agar tetap optimal. Bagi Anda pengguna dispenser, sangat penting untuk mempelajari cara merawat dispenser agar awet. Dispenser terdiri atas beberapa bagian yang saling berhubungan. Salah satu bagiannya yaitu tangki. Tangki merupakan tempat penyimpanan air sebelum dipanaskan atau didinginkan. Tangki menjadi bagian yang penting sehingga harus dijaga kebersihannya. Apakah Anda sudah mengetahui cara membersihkan tangki dispenser? Jika belum, simak uraiannya berikut ini.

  • Mematikan sambungan listrik sebelum pembersihan

Sebelum membersihkan tangki dispenser, terlebih dahulu harus mematikan sambungan listrik 1 jam sebelumnya. Hal ini untuk mengantisipasi risiko Anda terkena sisa air panas yang terdapat di dalam tangki.

  • Menguras bersih tangki dispenser

Seluruh air di dalam tangki harus dikeluarkan tanpa bersisa sedikitpun, termasuk yang terdapat di dalam keran merah (panas) dan biru (dingin). Berhati-hatilah ketika menguras tangki dan pastikan suhu air sudah menurun atau normal agar tangan tidak melepuh terkena panas.

  • Membersihkan tangki dispenser

Anda bisa menggunakan spons yang lembut dan sabun cair cuci piring untuk membersihkan bagian dalam atau tangki dispenser. Gosokkan secara perlahan dan hati-hati. Untuk menghindari lecet yang mungkin mengenai tangan, Anda dapat menggunakan sarung tangan saat membersihkan tangki. Pastikan semua sudut di dalam tangki terjangkau.

Jika Anda tidak memiliki sabun cair untuk mencuci piring, Anda bisa menggunakan air perasan jeruk nipis, air hangat dan cuka untuk menguras tangki dispenser. Gunakan beberapa butir jeruk nipis (1 – 3 butir ukuran sedang), peras, air hangat secukupnya dan satu sendok teh cuka. Campuran ketiga bahan tersebut dapat mematikan kuman, bakteri, virus sekaligus mengangkat kotoran yang melekat pada permukaan tangki dispenser.

Setelah mengusap tangki dengan sabun cair atau campuran bahan tertentu tersebut, selanjutnya bilas tangki dengan air bersih hingga semua busanya hilang. Usahakan untuk menghilangkan bau sabun yang menempel.

Sponsors Link

  • Mengeringkan tangki dispenser

Langkah selanjutnya yaitu mengeringkan tangki yang telah dibersihkan dengan cara mendiamkannya agar airnya menguap secara alami. Anda dapat menggunakan kipas angin untuk mempercepat pengeringan tangki. Namun, jangan sekali-kali mengeringkan tangki dispenser di bawah sinar matahari secara langsung karena justru akan merusak partikel dalam dispenser. Setelah tangki kering sempurna, susun kembali pada dispenser seperti semula.

Itulah beberapa cara membersihkan bagian dalam dispenser atau yang disebut dengan tangki yang mudah untuk Anda praktekkan ketika membersihkan tangki dispenser. Pembersihan tangki harus dilakukan secara rutin, minimal seminggu sekali untuk menjaga kekuatan dispenser.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara, cara membersihkan, Dispenser, tangki dispenser