ads

Dewasa ini, masyarakat Indonesia sudah banyak mengkonsumsi atau minum air yang berasal dari galon. Mereka berpendapat bahwasanya air yang berasal dari galon lebih higenis dan juga lebih sehat karena sebelumnya sudah diolah dengan baik dengan menggunakan teknologi yang canggih.

Akan tetapi, pada dasarnya kualitas air pada galon bukan hanya ditentukan oleh proses maupun teknologi tersebut, melainkan juga ditentukan oleh kebersihan galon itu sendiri.

Galon air yang rata-rata memiliki volume sebesar 19 liter tersebut memang harus senantiasa dijaga kebersihannya agar tidak sampai kotor maupun kusam. Jika sudah seperti ini, maka kemungkinan galon tersebut akan menjadi sarang penyebaran bakteri atau kuman yang kemudian bisa mempengaruhi kualitas air di dalam galon itu sendiri.

Yang tidak kalah penting juga bahwa anda harus mengecek kondisi galon air anda karena semakin lama galon digunakan, maka kualitasnya juga akan menurun dan jika anda sudah menggunakannya dalam jangka waktu yang sangat lama, maka mungkin anda sudah bisa mulai membeli galon yang baru.

Tapi jika hanya kusamm, galon air yang anda gunakan tersebut hanya perlu dibersihkan secara teratur dan dengan teliti.

Maka dari itu, silahkan anda simak baik-baik penjelasan mengenai bagaimana membersihkan dan menjaga galon yang kusam yang mana beberapa cara yang akan kami sampaikan juga terdapat pada cara membersihkan galon yang kotor.

1. Melakukan tahap persiapan

Alat dan bahan tentu merupakan bagian terpenting yang akan menunjang hasil dari pembersihan galon kusam anda agar tidak sampai menjadi sarang bagi penyebaran kuman maupun juga bakteri.

Beberapa alat dan bahan yang harus anda siapkan akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Anda siapkan secukupnya sabun cair yang biasanya digunakan untuk mencuci piring.
  • Siapkan sarung tangan karet. Jika tidak punya, maka anda bisa menggunakan sarung tangan dari plastik.
  • Siapkan sikat berukuran panjang yang biasanya digunakan untuk membersihkan botol.
  • Jangan lupa untuk juga menyiapkan cairan bleaching.
  • Yang terakhir, anda harus menyiapkan air bersih, bisa menggunakan air hangat maupun juga dingin.

2. Cara pembersihan galon

Setelah anda selesai mempersiapkan bahan dan alat-alat tersebut, maka kemudian mulailah untuk masuk ke dalam cara pembersihan galon yang akan kami jelaskan seperti di bawah ini:

  •  Pertama, anda harus memasukkan air hangat ke dalam galon dengan ukuran mencapai 1/4 galon.
  • Kedua, anda harus menuangkan sabun pencuci piring yang sudah anda siapkan sebelumnya.
  • Ketiga, tutup galon tersebut dan mulailah untuk mengocoknya sekuat tenaga. Pastikan bahwa kocokan yang anda lakukan mengenai seluruh bagian galon sehingga tidak ada bagian galon yang tidak terkena sabun cair.
  • Keempat, anda buka tutup botol dan kemudian mulailah menyikat bagian dalamnya dengan menggunakan sikat panjang. Anda harus memastikan bahwa pada tahap ini anda telah menggosok semua bagian dalam botol sampai tidak ada bagian yang terlewatkan.
  • Kelima, Anda harus mulai mengisi galon anda dengan menggunakan air dingin sampai benar-benar penuh agar supaya kotoran yang ada di dalam galon bisa terangkat.
Sponsors Link

  • Keenam, mulailah untuk menuangkan cairan bleaching yang sudah anda siapkan sebelumnya kurang lebih 1/2 cangkir. Sekedar informasi bahwasanya cairan bleaching ini juga biasanya digunakan sebagai cara membersihkan dispenser sanken yang kotor.
  • Ketuju, Tutuplah kembali galon tersebut dan mulailah untuk mengocoknya. Jika terasa galon tersebut terlalu berat karena banyak airnya, anda bisa mengocoknya secara perlahan atau anda bisa mengurangi volume airnya sedikit.
  • Kedelapan, Anda diamkan selama kurang lebih 5 menit dan kemudian anda mulai membuang seluruh air yang ada di dalam galon tersebut.
  • Kesembilan, Bilaslah galon yang sudah anda buang airnya dengan menggunakan air bersih secara perlahan dan pastikan bahwa galon tersebut benar-benar telah bersih dan tidak ada bekas kotoran yang tersisa.
  • Kesepuluh, anda harus mengeringkan galon tersebut di tempat teduh. Kami tidak menyarankan anda meletakkan atau mengeringkan galon di tempat yang terkena sinar matahari karena hal ini malah bisa merusak kualitas dari galon.

Demikian itu merupakan cara-cara membersihkan galon yang kusam yang bisa anda lakukan. Tentu cara tersebut selain mudah, anda nantinya tidak sampai terkena bahaya air galon isi ulang yang bisa menyerang anda maupun keluarga anda kapan saja.

Maka dari itu, penting bagi anda untuk selalu menjaga kebersihan galon anda tersebut dan juga anda harus pastikan bahwa tempat anda untuk isi ulang air galon juga terjaga kebersihannya agar tidak sampai ada kuman atau bakteri yang bersarang di galon anda.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara membersihkan galon, galon yang kusam, membesihkan galon