ads

Saat ini sebagian masyarakat Indonesia telah membiasakan konsumsi air putih dari galon kemasan. Air dari galon kemasan dinilai lebih higienis dan sehat karena telah diolah dengan proses penyulingan yang berstandar melalui alat khusus. Namun, kualitas air minum yang baik bukan hanya ditentukan oleh proses penyulingannya, tetapi juga galon kemasan yang digunakan. Galon yang rata-rata bervolume 19 liter ini haruslah dalam keadaan bersih sebelum digunakan sebagai wadah penyimpanan air. Kotoran yang terdapat pada galon dapat mempengaruhi kualitas air minum di dalam galon bila tidak dibersihkan secara tuntas.

Berikut ini cara membersihkan galon yang kotor.

  • Tahap Persiapan

Pada tahap persiapan, Anda harus mempersiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan galon air, antara lain:

  • Sabun cair pencuci piring secukupnya
  • Sarung tangan karet
  • Cairan bleaching
  • Sikat panjang pembersih botol
  • Air bersih (hangat dan dingin) secukupnya

Pastikan Anda selalu menggunakan alat dan bahan dari brand yang benar-benar berkualitas agar hasil yang diperoleh pun berkualitas dan peralatan pembersih tersebut awet digunakan untuk jangka panjang.

  • Langkah Pembersihan Galon

Perhatikan langkah-langkah membersihkan galon yang kotor berikut ini.

  1. Masukkan air hangat sebanyak ¼ galon.
  2. Tuangkan sabun cair pencuci piring ke dalam galon tersebut.
  3. Lalu tutuplah galon hingga rapat dan kocok-kocok sekuat tenaga.
  4. Selanjutnya bukalah tutup galon, kemudian gosok bagian dalamnya dengan sikat panjang pembersih botol. Pastikan Anda tidak melewatkan bagian atau sela-sela kecil dalam galon.
  5. Setelah itu, buang air yang ada di dalam galon lalu bilas galon dengan air hangat. Ulangi pembilasan beberapa kali hingga tidak ada busa sabun yang tersisa.
  6. Kemudian isilah galon dengan air dingin hingga penuh, lalu tuangkan cairan bleaching sebanyak ½ cangkir ukuran standar.
  7. Tutup galon kembali dan kocok hingga merata.
  8. Lalu diamkan kurang lebih selama 5 menit dan buang seluruh air dalam galon tersebut.
  9. Selanjutnya bilaslah galon dengan air bersih beberapa kali.
  10. Keringkan galon sebelum digunakan. Pengeringan galon cukup didiamkan di tempat yang teduh, bukan di bawah sinar matahari secara langsung.

Itulah beberapa cara membersihkan galon air yang kotor agar terbebas dari kuman, bakteri dan virus yang dapat mengganggu kesehatan. Bersihkanlah galon secara rutin, setidaknya 3 minggu sekali. Bila tidak dibersihkan dengan teratur, maka bukan tidak mungkin bahaya air galon isi ulang bisa terjadi pada Anda dan keluarga. Salah satunya gangguan saluran pencernaan, seperti diare atau yang lainnya.

  • Tips Menjaga Kesehatan Galon Isi Ulang

Berikut ini tips menjaga kesehatan galon isi ulang yang secara langsung bersinggungan dengan dispenser.

  1. Gunakan air galon isi ulang yang sudah terjamin kualitas dan merk-nya. Jangan asal memilih, terlebih tergiur dengan harga murah. Sebaiknya pilih yang sudah terkenal bagus, meskipun harganya lebih mahal.
  2. Gunakan tissue pembersih galon untuk membersihkan mulut galon sebelum memasukkannya ke dalam corong dispenser. Perhatikan posisinya, agar tidak menimbulkan celah penyebab air dispenser luber atau bocor.
    Sponsors Link

  3. Bersihkan bagian dalam dispenser secara rutin, paling tidak sebulan sekali dengan teknik yang baik dan benar.
  4. Matikan sambungan listrik terhadap dispenser bila dispenser tidak sedang digunakan. Hal ini dapat menghemat sedikit pengeluaran tagihan listrik bulanan.
  5. Pahami buku petunjuk penggunaan dispenser sebelum, selama dan bila terjadi kerusakan pada dispenser.

Beberapa tips di atas semoga bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan galon isi ulang dan dispenser yang Anda gunakan. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara, galon, kotor, membersihkan