ads

Kita tahu bahwa galon merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menyimpan air. Air yang disimpan di dalam galong dinamakan air galon. Meminum air melalui galon sudah menjadi kebiasaan masyarakat yang tinggal di Indonesia.

Mereka berpendapat jika air yang ada di dalam galon lebih higenis karena sudah melalui proses penyulingan yang menggunakan standar khusus. Namun, kualitas air yang anda minum bukan hanya dipengaruhi oleh proses penyulingannya, melainkan juga karena jenis kemasan yang anda gunakan.

Cara membersihkan galon yang kotor memang cenderung mudah dilakukan. Namun bagaimana jika ternyata galon anda terkena minyak? Pembersihannya tentu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan dan buru-buru. Berikut ini cara yang akan kami bagikan khusus untuk anda.

1. Siapkan alat dan bahan

Langkah pertama yang sudah tentu harus anda lakukan sebelum mulai membersihkan galon anda yang kotor karena terkena minyak goreng adalah dengan menyiapkan alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan. Membersihkan minyak tentu tidak cukup hanya dengan air biasa karena sifat minyak yang tidak menyatu dengan air.

Apa saja bahan yang anda butuhkan? Di bawah ini akan kami berikan daftar alat dan bahan tersebut.

  • Sabun cair atau sabun untuk cuci piring
  • Sarung tangan karet (jika diperlukan)
  • Sikat panjang untuk membersihkan galon
  • Cairan bleaching
  • Air bersih, bisa anda siapkan air panas atau dingin. Anda juga bisa menyiapkan keduanya.

Ada hal penting yang juga harus anda perhatikan. Anda harus selalu menggunakan alat-alat yang kualitasnya sudah terpercaya. Jangan menggunakan bahan-bahan yang anda sendiri tidak mengetahui kualitasnya.

2. Proses pembersihan

Di bawah ini kami akan menjelaskan kepada anda tentang bagaimana proses pembersihan galon yang sudah terkena minyak goreng.

  • Anda masukkan air panas ke dalam galon sampai galon anda terisi kurang lebih 1/4-nya.
  • Kemudian, anda masukkan sabun cuci piring yang sudah anda siapkan ke dalam galon tersebut. Masukkan secukupnya sekiranya sesuai dengan takaran air yang anda masukkan.
  • Kemudian, anda tutup galon dan mulailah mengocoknya sekuat tenaga anda. Kocok sampai air yang ada di dalam galon mengenai semua bagian dalam galon anda, kecuali bagian yang terkena minyak goreng.
  • Langkah selanjutnya, anda buang airnya dan anda bilas dengan air panas. Ulangi hal tersebut sampai tidak ada busa atau bekas minyak yang menempel. Anda juga bisa menggunakan sikat pembersih galon untuk membersihkan sisa-sisa minyak yang mungkin masih belum luntur.
  • Isi galon dan mulailah memasukkan cairan bleaching 1/2 cangkir.
  • Tutup galon kocok seperti cara sebelumnya dan kemudian anda tinggal mendiamkannya selama kurang lebih 5 menit.
  • Bilas galon dengan air bersih dan ulangi proses ini beberapa kali.

Lalu bagaimana jika ternyata bekas minyak goreng tersebut berada di bagian luar galon? Tentunya cara pembersihannya lebih mudah. Anda tinggal menyiramkan air panas ke dalam bekas minyak tersebut dan anda bisa langsung menggosoknya dengan sikat yang sebelumnya telah anda campuri dengan sabun cuci piring.

Setelah itu, anda bilas dan tinggal mengeringkannya. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara membersihkan galon, galon bekas minyak, membersihkan galon bekas