ads

Dispenser merupakan salah satu alat yang digunakan untuk memudahkan salah satu tugas rumah tungga, yakni menyajikan minuman hangat dan dingin tanpa harus memasak air dengan kompor terlebih dahulu. Dispenser dijalankan dengan bantuan listrik sehingga praktis digunakan. Penggunaan dispenser bukan hanya di dalam kehidupan berumah tangga, tetapi juga di instansi pemerintah, lembaga pendidikan, kawasan publik, perusahaan dan lain sebagainya.

Seiring dengan perkembangan waktu, dispenser semakin eksis di kalangan masyarakat. Banyak sekali merk-merk dispenser yang dapat dengan mudah ditemukan di pasaran, mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal, dari yang sederhana hingga yang sangat modern dengan susunannya yang rumit. Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin membeli sebuah dispenser. Salah satunya lihatlah dari brand atau merk-nya, karena suatu merk sangat berpengaruh di pasaran. Yongma merupakan suatu merk yang terbilang recommended karena senantiasa mengeluarkan produk-produk berkualitas dengan harga yang cukup fantastis, salah satunya dispenser sehingga mampu bersaing di pasaran.

Sebagai pengguna yang baik, Anda harus memahami dengan benar tentang cara merawat dispenser agar awet digunakan selama bertahun-tahun, bahkan hingga Anda bosan. Kebersihan dispenser menentukan seberapa lama ia dapat bertahan dalam penggunaan. Nah, berikut ini cara membersihkan dispenser yogma yang paling tepat.

Persiapan Awal Pembersihan

Hal utama yang perlu dilakukan ialah mempersiapkan peralatan pembersihan dispenser, antara lain:

  • sarung tangan karet
  • spons lembut
  • pemutih
  • jeruk nipis
  • cuka
  • sabun cuci piring
  • cutton buds
  • sikat gigi bekas
  • kain
  • air bersih

Setiap peralatan memiliki fungsinya masing-masing, jadi usahakan untuk bisa menyiapkannya secara keseluruhan sehingga pembersihan dispenser pun dapat dilakukan secara lebih optimal.

Hal yang tidak kalah penting ialah memastikan bahwa sambungan listrik telah terlepas dari dispenser. Pisahkan galon yang sebelumnya terpasang dengan dispenser. Pastikan pula bahwa tidak ada sisa air yang terdapat dalam dispenser.

Pembersihan Bagian Dasar

Pisahkan tabung terlebih dahulu lalu bersihkan dengan menggunakan spons dan sabun cair untuk cuci piring. Bersihkan bagian dalam dispenser dengan cara mengurasnya menggunakan air hangat yang telah dicampur satu sendok teh cuka dan sabun cuci piring. Kerjakan dengan hati-hati dan perlahan agar hasilnya maksimal.

Pembersihan dengan Cara Alami

Pembersihan tabung dispenser dapat menggunakan cara alami dengan jeruk nipis. Jeruk nipis memiliki derajat keasaman atau pH yang tinggi sehingga mampu membunuh kuman dan bakteri, serta mengangkat berbagai kotoran yang melekat pada bagian dalam tabung. Caranya, ambil air perasan beberapa buah jeruk nipis lalu campurkan dengan air hangat kemudian gunakan air tersebut untuk membersihkan bagian dalam tabung. Gunakan spons yang lembut untuk menggosok permukaan dalam tabung dispenser secara perlahan.

Pembersihan Bagian Keran Dispenser

Bagian keran merupakan jalur keluar masuknya air dan udara dari dan dalam dispenser, serta menjadi sarang bakteri, kuman dan lumut yang mampu menghambat keluarnya air jika tidak dibersihkan dengan benar. Pembersihan bagian keran dispenser dilakukan dengan menggunakan sikat gigi bekas yang telah disterilkan atau cotton buds untuk menjangkau sela-sela kecil di dalam keran dispenser. Jika keran dispenser Anda sudah terlalu mampet, maka Anda perlu mempelajari cara mengganti kran dispenser dengan yang baru.

Sponsors Link

Tahap Akhir Pembersihan

Setelah semua bagian dalam dispenser dibersihkan, lalu diamkan sesaat agar permukaannya mengering. Kemudian bersihkan bagian luarnya dengan menggunakan kain basah atau tisu basah yang lembut. Usapkan secara perlahan dan hati-hati. Setelahnya pasang kembali bagian-bagian dispenser dengan hati-hati dan sesuai pada tempatnya.

Itulah beberapa tahap dalam membersihkan dispenser Yong Ma. Dapat juga diterapkan pada dispenser merk lainnya. Selamat mencoba!

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara, cara membersihkan, Dispenser, dispenser yongma, membersihkan