ads

Sebagian besar masyarakat yang hidup di perkotaan memiliki gaya hidup yang serba praktis dan modern. Mulai dari makan, minum, bekerja, bepergian, berkomunikasi dan lain-lain menggunakan perangkat yang didesain dengan teknologi canggih. Contohnya, untuk penyediaan air minum, mereka menggunakan dispenser untuk memudahkan dalam penyaluran air galon kemasan ke dalam gelas atau cangkir.

Penggunaan dispenser ini ternyata juga sudah merambah ke wilayah pedesaan. Namun, baru sebagian. Dispenser memang hadir untuk memudahkan dalam penyediaan air minum baik panas maupun dingin secara otomatis dengan bantuan energi listrik. Secara waktu dan tenaga memang dispenser bisa diandalkan, namun untuk tagihan listrik jelas akan bertambah. Belum lagi Anda harus menyiapkan dana darurat untuk keperluan servis.

Nah, agar dispenser Anda awet tanpa harus servis, Anda harus bisa mempraktekkan cara membersihkan dispenser galon yang baik dan benar. Jika lama tidak dibersihkan, maka galon semakin kotor pada bagian luar dan dalamnya. Selain itu, kran galon dapat tersumbat oleh mikrobiologi atau kotoran lainnya yang menumpuk.

Inilah cara membersihkan dispenser yang tersumbat dengan benar yang bisa Anda praktekkan.

  • Mempersiapkan Alat dan Bahan

Alat untuk membersihkan dispenser antara lain sikat khusus pembersih botol, kapas, spons lembut, kain lap dan ember. Bila perlu gunakan juga sikat gigi yang sudah tidak terpakai atau kuas kecil untuk membersihkan sela-sela kecil pada dispenser.

Bahan yang akan digunakan ialah bahan alami berupa air rebusan buah lemon. Sari lemon ini dapat membersihkan kotoran yang mengendap dan memberikan aroma harum yang segar.

  • Ciri-ciri Dispenser yang Tersumbat

Berikut ini ciri-ciri dispenser yang tersumbat yang perlu Anda ketahui.

  1. Kran mengeluarkan air dengan debit kecil
  2. Pada tahap tersumber yang lebih parah, muncul serasah saat mengambil air dari kran.

Dispenser tersumbat merupakan salah satu masalah yang bisa terjadi pada berbagai jenis dispenser dan harganya semua merk apabila tidak dirawat dengan baik.

  • Cara Membersihkan Dispenser yang Tersumbat

Cabut steker dispenser dari sumber listrik sebelum dibersihkan. Lalu angkat galon kemasan dari mulut dispenser. Pastikan galon air telah kosong. Kemudian pindahkan air yang masih tersisa di dalam tabung dispenser ke dalam suatu wadah.

Bukalah kran dispenser untuk mengeluarkan sisa air di dalamnya. Lalu gunakan kapas dengan pencepit untuk membersihkan bagian tabung dispenser. Jika tidak ada kapas, Anda bisa menggunakan sikat pembersih botol. Namun, pastikan sikat yang Anda gunakan bertekstur lembut dan tidak akan menggores bagian dalam tabung.

Sponsors Link

Gunakan desinkfektan serba guna ketika membersihkan dispenser untuk membasmi bakteri, kuman dan virus di dalamnya. Biarkan desinkfektan selama 10 – 15 menit untuk bekerja.

Kemudian bilaslah seluruh bagian dispenser dengan air bersih, hingga tak ada sedikit pun busa yang tersisa. Buka juga kran untuk mengeluarkan sisa air di dalamnya.

Selanjutnya keringkan dengan kain lap yang lembut secara perlahan. Diamkan beberapa saat hingga benar-benar kering. Lalu barulah pasang kembali galon air yang baru.

Itulah beberapa cara membersihkan dispenser tersumbat secara manual. Semoga bermanfaat untuk Anda!

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara, dispenser tersumbat, membersihkan