ads

Dispenser merupakan salah satu alat rumah tangga yang kehadirannya begitu penting. Terutama bagi Anda yang mengonsumsi air galon. Dispenser memudahkan Anda dalam menyediakan air dingin dan air panas lebih cepat dan praktis. Bila biasanya Anda harus memasak air terlebih dahulu dengan kompor, dispenser dapat membuat air menjadi dingin atau panas dengan bantuan listrik secara otomatis. Hal ini jelas membuat Anda lebih hemat bahan bakar seperti gas/minyak, waktu dan tenaga.

Ketahui jenis dispenser dan harganya semua merk karena setiap jenis dispenser memiliki kriteria yang berbeda sehingga perawatannya pun berbeda. Perawatan yang penting dilakukan secara rutin yaitu membersihkan dispenser bagian dalam dan luarnya. Jangan sampai Anda membiarkan dispenser Anda tertutup kotoran bahkan hingga berlumut. Di samping menjijikkan, hal itu juga akan berdampak buruk bagi kualitas air di dalamnya. Nah, berikut ini cara membersihkan dispenser yang berlumut.

1. Matikan Sambungan Listrik dengan Dispenser

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah melepaskan sambungan listrik yang terhubung dengan dispenser. Pisahkan dispenser dengan jangkauan listrik ketika Anda ingin membersihkannya. Tetesan air yang keluar dapat menyebabkan korsleting listrik jika mengenai kabel atau perangkat listrik lainnya.

2. Keluarkan Semua Air yang Tersisa Dalam Dispenser

Selanjutnya keluarkan semua air yang tersisa di dalam dispenser. Anda bisa memindahkannya ke dalam poci, cerek atau tempat minum agar bisa diminum di lain waktu.

3. Membongkar Komponen Dispenser

Dispenser terdiri atas beberapa bagian, antara lain corong, tabung penyimpanan air, alas keran dan lain-lain. Sebagai pemilik maupun penggunanya, Anda harus memahami bagian bagian dispenser dan fungsinya dengan baik. Setiap bagian dispenser perlu dibersihkan secara rutin.

4. Membersihkan Bagian Dalam Tabung

Gunakanlah busa atau spons yang lembut dan sabun pencuci piring untuk membersihkan bagian dalam tabung dispenser. Lalu bilas dengan air bersih. Kemudian bilas kembali dengan air hangat dan setengah sendok makan pemutih pakaian. Usapkan secara perlahan lalu bilas hingga bersih total tanpa ada sedikitpun busa yang tersisa. Ulangilah pembilasan hingga beberapa kali.

Zat yang terkandung di dalam cairan pemutih terbukti ampuh membunuh bakteri, kuman bahkan lumut yang bersarang di dalam tabung dispenser.

Sponsors Link

5. Mencuci Bagian Luar Dispenser

Bagian luar dispenser dibersihkan dengan menggunakan spons lembut dan sabun pencuci piring. Jika noda yang menempel sulit untuk dihilangkan, Anda bisa menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai atau sikat khusus yang bertekstur lembut untuk menghilangkan noda di permukaan dispenser. Bersihkan juga bagian lainnya, seperti corong, keran, alas gelas dan lain-lain.

6. Mengeringkan Dispenser

Setelah semua bagian dicuci sampai bersih, langkah selanjutnya ialah mengeringkannya. Cara mengeringkan dispenser ini ada beberapa macam, yaitu memiringkan posisi agar airnya jatuh ke bawah, mendiamkannya beberapa saat agar airnya menguap dan mengusapnya dengan kain atau lap yang lembut.

Pastikan semua bagian dispenser telah bersih dan kering, baru kemudian dipasang kembali sesuai pada tempatnya. Pahami dan terapkan cara membersihkan dispenser dari lumut ini agar dispenser Anda bersih dan sehat selalu.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara, cara membersihkan, Dispenser, dispenser yang berlumut, membersihkan