ads

Pada zaman dahulu, saat seseorang ingin meminum air panas atau dingin, ia harus memasak atau mendinginkan air terlebih dahulu. Kegiatan yang satu ini jelas membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Namun, kini hal ini bisa dilakukan dengan lebih praktis dan mudah semenjak kehadiran dispenser. Alat yang satu ini memang diperuntukkan untuk memanaskan dan mendinginkan air secara otomatis. Namun, tidak semua jenis dispenser dapat menjalankan kedua fungsi tersebut. Ada dispenser yang hanya mampu memanaskan air dan ada pula yang hanya mampu mendinginkan air.

Hingga saat ini telah banyak merk dispenser yang beredar di pasaran. Mulai dari yang paling murah dan sederhana yakni dispenser air guci hingga yang sudah dilengkapi teknologi canggih seperti dispenser galon bawah. Salah satu brand dispenser berkualitas bagus ialah dispenser sanken. Sanken menyajikan berbagai tipe dispenser mulai dari galon atas hingga galon bawah. Harga yang ditawarkan pun sangat beragam, tergantung pada spesifikasinya.

Semua jenis dispenser memerlukan perawatan agar dapat digunakan dalam jangka panjang. Salah satunya yaitu cara membersihkan dispenser galon yang paling tepat. Apakah Anda sudah tahu cara membersihkan dispenser sanken yang benar? Jika belum, maka Anda harus membaca ulasan kami berikut ini.

1. Putuskan Aliran Listrik ke Dispenser

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah memutus aliran listrik yang mengalir pada dispenser sanken. Pastikan sudah benar-benar terputus dengan sempurna. Karena jika tidak, dapat menimbulkan korsleting listrik.

2. Kuras Air yang Tersisa di Dalam Dispenser

Keluarkan semua air yang terdapat di dalam dispenser melalui kerannya. Untuk tahap ini, biasanya Anda diharuskan sabar hingga semua sisa air keluar.

3. Lepaskan Corong Air dan Alas yang Menampung Tetesan Air Pada Dispenser

Alas yang digunakan untuk menampung tetesan air mudah terlepas begitu saja. Jadi, sebelum dibersihkan, lepaskan dulu bagian yang satu ini.

4. Gunakan Karbol Sebagai Pembersih Dispenser

Selanjutnya siapkan larutan karbol dan air di sebuah ember atau wadah yang berukuran besar. Gunakan secukupnya.

5. Bersihkan Dispenser dengan Lap Microfiber

Lap microfiber merupakan lap yang dibuat dari serat kain yang sangat halus sehingga memberikan sentuhan yang super lembut. Microfiber diaplikasikan pada handuk bayi, handuk orang dewasa, kain pel dan lain-lain. Lap microfiber ini sangat direkomendasikan untuk membersihkan alat-alat elektronik seperti dispenser. Anda juga dapat menemukannya dengan mudah di toko toserba atau supermarket terdekat.

Sebelumnya basahilah lap microfiber dengan larutan karbol tersebut, lalu gunakanlah untuk mengelap permukaan dalam dispenser. Lakukan secara perlahan dan dengan hati-hati.

6. Bilas Dispenser Minimal Tiga Kali

Setelah itu bilaslah dispenser dengan air bersih minimal tiga kali. Apabila bau karbolnya masih terasa, ulangi pembilasan hingga tak berbau.

Lakukan cara yang sama untuk membersihkan alas penampung tetesan air dan bagian lainnya yang dilepas.

Sponsors Link

7. Keringkan dan Pasang Kembali Bagian-bagiannya Seperti Semula

Kemudian keringkan dispenser dengan cara dibalik atau didiamkan saja. Jangan mengeringkannya di bawah sinar matahari karena dapat merusak lapisan dispenser dan menangkat zat-zat berbahaya dari lingkungan luar.

Itulah beberapa langkah atau cara membersihkan dispenser sanken yang benar. Dispenser sanken merupakan salah satu jenis dispenser air minum yang bagus dan mudah dibersihkan. Pastikan Anda memahami setiap langkahnya dengan baik sebelum mempraktekkannya secara langsung.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara, cara membersihkan, Dispenser, dispenser sanken, membersihkan, Sanken