ads

Sanken merupakan salah satu merk alat elektronik yang sudah lama tenar di tanah air. Sanken mengeluarkan berbagai produk rumah tangga yang ditunjukkan kepada seluruh lapisan masyarakat. Satu di antaranya ialah dispenser air. Bagi Anda yang bergantung pada air galon kemasan, kehadiran dispenser tentulah sangat berarti. Karena dispenser dapat memudahkan penggunanya dalam mengalirkan air dari galon ke gelas ataupun wadah lainnya.

Fungsi lain dari dispenser yaitu mampu meningkatkan dan/atau menurunkan suhu air dengan bantuan listrik. Tidak hanya mampu menggunakannya, Anda juga dituntut mampu merawat dispenser merk sanken dengan baik agar awet. Salah satu bentuk perawatan dispenser ialah mengetahui bagaimana cara membersihkan dispenser sanken yang benar. Simaklah penjelasannya berikut ini.

Cara Membersihkan Dispenser Keramik / Guci

Dispenser keramik atau guci merupakan dispenser model klasik yang berfungsi untuk menampung dan mendinginkan air secara alami. Cara membersihkan dispenser model ini tidak sulit. Alat dan bahan yang perlu Anda persiapkan antara lain sikat kecil, sabun pencuci piring, cuka dan air bersih secukupnya.

Sebelumnya keluarkan seluruh air yang tersisa di dalam guci, lalu masukkan sekitar 2 liter air dan 2 sendok cuka ke dalamnya dan biarkan selama kurang lebih 10 menit. Jangan lupa untuk menutup krannya agar air tidak mengalir keluar.

Setelah sepuluh menit akan terlihat kotoran-kotoran di dalam dispenser yang mengelupas. Selanjutnya buang air tersebut lalu bilas dispenser dengan air bersih hingga tak berbau.

Bila Anda tidak memiliki cuka, Anda bisa menggunakan sabun pencuci piring yang mengandung ekstrak jeruk nipis. Gosokkan dengan sikat kecil hingga kotoran di dalam dispenser terangkat. Kemudian bilas dengan air bersih.

Sabun pencuci piring juga dapat digunakan untuk membersihkan permukaan luar dispenser keramik. Gosok perlahan dengan sikat kecil agar mampu menjangkau ke sela-sela guci, kemudian bilas dan keringkan dengan kain lap yang bertestur lembut.

Cara Membersihkan Dispenser Galon Atas dan Galon Bawah

Dispenser galon atas dan galon bawah merupakan jenis dispenser terbaru yang saat ini sedang booming di pasaran karena keunggulannya dibandingkan dispenser keramik. Untuk membersihkan dispenser jenis ini, pelajari terlebih dahulu di dalam buku petunjuk pengguna (jika ada). Bila tidak ada aturan khusus, maka Anda bisa menerapkan cara di bawah ini.

Sponsors Link

Cabutlah dispenser dari kontak listrik sebelum dibersihkan. Lalu angkatlan galon air dan kuras semua air yang tersisa di dalam tabung dispenser. Pisahkan bagian-bagian inti dispenser mulai dari corong hingga bagian dalamnya. Lalu masukkan air secukupnya dan 2 sendok cuka, diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelahnya akan terlihat kumpulan kotoran dispenser yang berhasil terangkat. Kemudian keluarkan air tersebut dari keran maupun dengan cara diangkat dari atas, pastikan Anda hati-hati dalam melakukannya.

Bau cuka yang masih tersisa dapat dihilangkan dengan membilasnya menggunakan air bersih dan/atau dengan tambahan air perasan jeruk nipis. Setelah dipastikan bau cuku tidak tercium lagi, barulah memasang kembali bagian-bagian dispenser dan air galonnya.

Itulah beberapa cara membersihkan dispenser merk Sanken yang bisa Anda terapkan sekarang juga. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara membersihkan, dispenser sanken, Sanken