ads

Air merupakan kebutuhan pokok bagi setiap makhluk hidup. Sebagian tubuh manusia berisi air yang berfungsi untuk proses metabolisme tubuh. Bila kebutuhan air dalam tubuh tidak tercukupi, maka tubuh akan mudah terkena dehidrasi dan kehilangan semangat. Begitu pentingnya kehadiran air, sehingga harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin.

Dispenser merupakan salah satu alat yang fungsinya sebagai wadah penyimpanan air. Beberapa tipe lainnya dapat mendinginkan dan memanaskan air secara otomatis dengan bantuan listrik. Kehadiran dispenser memberikan kemudahan bagi penggunanya karena lebih praktis dan mudah.

Sebagai pengguna yang baik, Anda harus memahami tata cara pemakaian dan cara merawat dispenser agar awet. Lalu, apakah Anda sudah mengerti bagaimana cara memanaskan air dispenser?

Yuk, simak ulasannya berikut ini.

  • Macam-macam Tipe Dispenser

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jenis dispenser dan harganya semua merk dapat memanaskan air. Karena setiap tipe dispenser memiliki spesifikasi masing-masing.

  1. Dispenser Reguler adalah dispenser yang tidak memiliki sistem pemanas ataupun sistem pendingin. Dispenser tipe ini hanya berfungsi untuk memudahkan pengaliran air dari galon ke wadah atau tempat minum.
  2. Dispenser Normal and Hot adalah dispenser yang hanya memiliki sistem pemanas, tanpa dilengkapi dengan sistem pendingin. Dispenser tipe ini berfungsi untuk memanaskan air dan mengalirkan air dengan suhu normal.
  3. Dispenser Extra Hot dan Hot adalah dispenser yang berfungsi untuk mendidihkan dan memanaskan air. Dispenser tipe ini sangat cocok untuk ditempatkan di wilayah kantor, untuk memenuhi kebutuhan air panas ataupun hangat guna menyeduh kopi, teh atau jenis minuman lainnya.
  4. Dispenser Cold and Hot adalah dispenser yang berfungsi untuk memanaskan dan mendinginkan air. Dispenser tipe ini paling banyak diburu oleh konsumen. Selain sebagai konsumsi rumah tangga, dispenser ini juga sering kali digunakan untuk keperluan komersial.

Pahami terlebih dahulu jenis dispenser yang Anda miliki. Jenis dispenser juga dikelompokkan berdasarkan bentuknya, yakni dispenser galon atas dan dispenser galon bawah. Dispenser galon atas dibekali dengan sistem kerja yang lebih sederhana bila dibandingkan dengan dispenser galon bawah.

  • Cara Memanaskan Air Dispenser

Berikut ini langkah-langkah memanaskan air dispenser yang baik dan benar.

  1. Pasanglah air galon sesuai pada tempatnya. Jangan sampai miring agar tidak terjadi kebocoran. Untuk dispenser galon atas, memang membutuhkan effort lebih ketika harus mengangkat galon ke atas corong dispenser. Namun, untuk dispenser galon bawah, cara memasang galonnya lebih mudah yakni cukup dengan meletakkannya ditempat yang telah disediakan.
  2. Setelah galon terpasang dengan benar, selanjutnya hubungkan kabel dispenser dengan sumber listrik. Untuk mencegah terjadinya korsleting listrik akibat tetesan air galon dari dispenser, letakkan terminal kabel atau sumber listrik di bagian dinding atas dispenser atau jauh dari jangkauan dispenser.
  3. Lalu tekan tombol warm atau hot water untuk memanaskan air yang terdapat di dalam tabung dispenser. Air akan mendidih secara otomatis dalam beberapa menit.
  4. Air yang telah mendidih ditandai dengan bunyi klik atau semacamnya. Kemudian pemanas akan berhenti bekerja hingga suhu air tertentu dan bekerja kembali secara otomatis.

Itulah beberapa langkah atau cara memanaskan air dispenser dengan baik dan benar. Pahami setiap langkahnya dengan baik, sebelum Anda mencoba mempraktekkannya secara langsung.

Sponsors Link

Posted by · Tags: air, cara, Dispenser, memanaskan