ads

Dispenser adalah salah satu peralatan elektronik yang cukup banyak digunakan di masyarakat Indonesia, setidaknya bisa kita katakan sekitar 90% masyarakat perkotaan menggunakannya. Saat ini ada dua jenis dispenser yang paling populer yaitu jenis galon di bawah dan galon di atas. Galon di bawah adalah inovasi terbaru agar tidak menyulitkan dalam meletakkan galon baru, mengingat terkadang hal tersebut sangat menyulitkan bagi para wanita yang memiliki kekuatan atau daya angkut terbatas.

Jenis jenis dispenser saat ini

  • Dispenser Atas. Dispenser generasi pertama dimana galon diletakkan di atas.
  • Dispenser Bawah. Generasi terbaru, galon berada di bagian bawah.
  • Dispenser atas bawah. Improvemen teknologi, menggabungkan galon atas dan galon bawah. Bisa di pilih, ingin menggunakan yang mana.

Nah, sebenarnya terkait dengan cara kerja, perbedaan mencolok hanya ada pada dispenser atas dan dispenser bawah. Namun lebih dari hal tersebut, ada yang lebih menarik yaitu, bagaimana cara kerja pemanas dan pendingin pada dispenser?

Cara Kerja Dispenser Galon Bawah

cara kerja dispenser galon bawah

Cara kerja dispenser galon bawah memang sedikit berbeda dengan yang galon atas, tentunya jauh lebih rumit dibandingkan dengan konsep sebelumnya (galon di atas).

Keunggulan

Satu satunya keunggulan yang akan didapatkan konsumen dari penggunaan galon bawah ini adalah konsumen tidak perlu mengangkat galon yang cukup berat.

Cara kerja

Pompa air pada dispenser galon bawah memiliki cara kerja yang tidak sama seperti pompa air pada umumnya yang menyedot air dan kemudian mendorongnya ke bagian atas. Pompa di dispenser galon bawah lebih mirip dengan pompa angin (compressor) yang memompakan angin yang akan ditempatkan di galon yang tertutup rapat sehingga air dalam galon otomatis akan terdorong ke atas melalui selang lainnya.

Dalam dispenser ini, terdapat dua selang pada penutup galonnya,

  • Selang pertama adalah untuk mengeluarkan angin ke dalam galon
  • Selang kedua bertugas untuk meyalurkan air pada penampungan.

Ruang di galon wajib tertutup dengan sangat rapat agar tekanan udara di dalam galon dapat mendorong air keluar dari galon. Cara kerjanya mirip dengan pompa galon jenis manual, kita memompakan angin pada galon yang berfungsi untuk mendorong air yang ada di dalam galon keluar melalui corong pompa.

Sponsors Link

Cara kerja pemanas pada dispenser

Air panas pada dispenser akan keluar pada salah satu keran tunggal yang mungkin akan menguap ketika dikeluarkan, biasanya keran ini di lock untuk menghindari anak kecil. Tidak sama dengan pemanas air biasa, tangki untuk air panas ini tidak pernah meningkat tekanannya. Air masuk ke dalam tangki, lalu pada tangki tersebut di panaskan melalui energi listrik.

Proses dalam dispenser

Pada sebuah dispenser, siklus sederhananya adalah air akan bergerak dengan proses di bawah ini :

Galon – tabung penampung – tabung pemanas – kran – gelas

Kapan proses pemanasannya ? Proses pemanasan di tabung akan terjadi pada saat air masuk dalam tabung pemanas yang di khususkan untuk pemanasan. Tabung ini memang dikhususkan untuk pemanas air dari galon, terbuat dari logam, dikelilingi oleh elemen pemanas di sekitar tabung, dan memiliki sensor suhu.

  1. SENSOR Suhu adalah salah satu indikator untuk memicu pemanasan air dalam tabung.
  2. Suhu yang tinggi dalam elemen ini akan diserap oleh air pada tabung yang memiliki suhu jauh lebih rendah, untuk selanjutnya suhu pada air tersebut akan mencapai panas maksimal.
  3. Selanjutnya sensor ini akan memutuskan aliran listrik elemen pemanas pada tabung.
  4. Nah, umumnya setiap dispenser akan memiliki lampu kecil sebagai indikator untuk menandakan bahwa elemen pemanas ini sedang bekerja atau tidak.
  5. Pada saat lampu indikator mati atau standby (di beberapa dispenser akan berganti warna menjadi hijau), berarti air yang ada dalam tabung sudah mencapai panas maksimum dan siap digunakan.

Tips : Pastikan air dalam tabung pemanas terisi penuh pada saat sensor bekerja. Jika tidak akan menyebabkan beberapa elemen di dalamnya atau tabung pemanas sendiri akan rusak. Hal ini dikarenakan panas yang tidak terserap secara penuh.

Penting :Pada tabung tempat penampung air pada dispenser juga dipasang suatu alat yang dinamakan thermostat yang mana fungsinya adalah sebagai pembatas kerja heater / pemanas agar tidak terus-menerus bekerja yang akan membuat suhu air menjadi berlebihan.

Sponsors Link

Cara Kerja Pendingin Pada Dispenser

Mungkin kalau kita bahas, cara kerja dispenser yang mengeluarkan air dingin, setidaknya hampir sama dengan yang panas.

cara kerja air dingin dispenser

Diagram Kerja Air Dingin di Dispenser

Sebagian masyarakat tentu sangat menyukai air dingin, hal ini di karenakan sangat menyegarkan apalagi pada saat musim panas. Namun tentu banyak di antara pengguna dispenser tidak mengetahui bagaimana asal usul pendinginan air di dalamnya.

  1. Ketika botol air terbalik dan ditempatkan ke dalam lubang di bagian atas pendingin air, segel botol air terputus atau tertusuk oleh bagian disebut sebagai ‘spike’, yang memungkinkan air mengalir ke dalam tabung penampung air dingin .
  2. Di dalam air dingin ada katup yang mencegah air dari botol membanjiri pendingin air.
  3. Air di dalam pendingin air dimasukkan ke reservoir, di mana didinginkan menggunakan refrigeran. Refrigeran adalah media pendingin yang beredar di pipa yang terletak dekat dengan tabung di air dingin.
  4. Pendingin akan bertransformasi dari cair ke gas dan bergerak dalam pipa menuju reservoir karena tekanan di pipa yang dibuat oleh kompresor di dalam pendingin air. Gas didinginkan dalam pipa air dipaksa melalui katup untuk membuatnya lebih dingin.
  5. Ketika refrigeran dalam bentuk gas beredar di pipa, ia memiliki kemampuan untuk menyerap panas dari air mineral dalam reservoir, meninggalkan air dingin dan menyegarkan yang sudah tersedia. Panas di refrigerant ini kemudian diusir dari pendingin air.
  6. Sebagian orang akan mengambil air yang artinya air akan kosong, mesin akan mengisi reservoir dan proses dimulai lagi.
  7. Reservoir akan mengosongkan air selama diambil, selanjutnya harus menunggu beberapa menit sampai air kembali dingin.

Cara kerja dispenser galon bawah dan atas memiliki konsep pendinginan dan pemanasan yang hampir sama, apapun jenisnya tentu proses dalam mengeluarkan air dingin dan panas ini sangat mirip.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara kerja, dispenser galon bawah, galon bawah, prinsip kerja, produk