ads

Dispenser bisa dikatakan sudah mulai menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi karena ia berfungsi sebagai alat yang akan menampung air galon. Sebenarnya anda tidak menggunakan dispenser pun juga tidak masalah, namun dengan adanya dispenser, maka pekerjaan anda akan lebih mudah karena anda hanya perlu menekan tombol atau alat yang berbentuk seperti kran untuk mengeluarkan air di dalam galon.

Saat ini, dispenser juga semakin canggih karena sudah menyediakan sebuah fitur yakni membuat air yang ada di dalam galon tersebut bisa berubah menjadi air dingin dan juga panas. Fitur atau teknologi ini akan semakin membantu anda ketika ingin membuat kopi, teh, ataupun es karena anda tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk mewujudkannya.

Akan tetapi, seperti halnya penggunaan barang elektronik lainnya, penggunaan dispenser dalam jangka waktu yang lama pun akan semakin lama menurunkan kualitasnya. Salah satu masalah yang umum terjadi adalah heater yang mengalami gangguan alias tidak berfungsi dengan baik atau bahkan tidak berfungsi sama sekali. Begini cara pengecekannya :

1. Pahami cara membongkar dispenser

Di dalam memperbaiki sesuatu, khususnya barang elektronik, langkah awal yang harus anda lakukan adalah pastikan dulu bahwa anda sudah paham tentang bagaiman cara anda membongkar dispenser anda, termasuk juga jenis-jenis dispenser terbaru yang mungkin ada beberapa bagian yang sedikit berbeda dengan versi lama.

Anda juga harus memahami tentang apa saja bagian-bagian dispenser dan fungsinya agar nantinya anda tidak salah memperbaiki karena tidak jarang orang yang tiba-tiba langsung membongkar dispenser dan kemudian salah melakukan perbaikan sehingga dispensernya tersebut akan mengalami kerusakan yang lebih parah dibandingkan sebelumnya.

Maka dari itu, anda harus benar-benar mengetahui dan paham tentang bagaimana cara membongkar dispenser yang benar.

2. Menyiapkan alat untuk membongkarnya

Setelah paham tentang cara membongkarnya, maka anda harus paham juga mengenai apa saja peralatan yang harus anda siapkan jika anda ingin memperbaiki dispenser atau heater yang rusak.

Hal ini juga telah dijelaskan pada cara mengatasi dispenser yang rusak dimana anda terlebih dahulu harus paham tentang apa saja alat yang harus anda gunakan.

Dengan begitu, anda bisa dengan mudah melakukan pembongkaran tanpa harus mencari terlebih dahulu alat apa saja yang cocok untuk anda gunakan ketika anda sudah ingin membongkarnya.

3. Melakukan pengecekan terhadap peltier

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan mengecek peltier. Mungkin banyak dari anda yang masih belum tahu apa itu peltier. Peltier adalah sebuah Thermo-Electric yang di dalamnya mengandung batang Bismuth Telluride.

Sponsors Link

Di dalam dispenser, peltier terdapat dua bagian yang masing-masing memiliki fungsinya sendiri.

  • Cool Side atau yang disebut dengan Heat Absorted adalah sebuah lempengan yang berfungsi untuk menyerap panas atau kalor.
  • Hot Side atau yang dinamakan dengan Heat Released adalah sebuah lempengan yang di dalamnya berperan untuk melepaskan panas atau kalor.

Perlu anda tahu juga bahwa biasanya awal mula kerusakan heater pada dispenser di awali dari permasalahan yang terjadi pada peltier. Maka dari itu, kami sarankan agar anda melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah peltier tersebut benar-benar berfungsi dengan baik atau malah mengalami gangguan.

Jika ternyata peltier pada dispenser anda mengalami kerusakan, maka yang harus anda lakukan adalah dengan membeli yang baru. Namun sebelum itu, penting bagi anda mengetahui seperti apa harga elemen pendingin dispenser karena ada beragam merk dan harga elemen pendingin dispenser tersebut dengan kualitas yang berbeda.

4. Mengoleskan thermal paste

Cara keempat yang harus anda lakukan adalah dengan mengoleskan thermal paste pada heater dispenser anda. Biasanya, permasalahan yang berhubungan dengan heater bermula ketika thermal paste atau pasta thermal sudah mulai berkurang kualitasnya sehingga tidak bisa menempel dengan baik.

Padahal, thermal paste memiliki peran penting di dalam menjaga heater anda akan tetap stabil karena pasta ini nantinya yang akan menjaga serta memperkuat konduktivitas sehingga akan menutup semua celah-celah kecil untuk menghindari permasalahan yang bisa saja terjadi.

Maka dari itu, jika anda menemukan bahwa thermal paste pada heater sudah mulai mengering, maka kami sarankan agar anda segera mengoleskannya kembali secukupnya.

Anda bisa membeli thermal paste ini di toko elektronik yang ada di daerah anda karena biasanya thermal paste ini hampir sama dengan yang digunakan untuk laptop maupun juga komputer.

Demikian penjelasan dari kami mengenai bagaimana cara cek heater dispenser. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara cek heater, cek heater dispenser, heater dispenser