ads

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa hampir setiap rumah selalu memiliki dispenser. Dispenser memang saat ini bisa dikatakan menjadi salah satu perabotan rumah yang wajib dibeli dan menjadi kebutuhan primer. Dengan memiliki dispener, maka kita bukan hanya bisa menyimpan air dalam waktu yang lama, namun kita juga bisa membuat air dingin maupun juga air panas.

Akan tetapi, tidak sedikit pula orang yang mengabaikan perawatan dispenser sehingga seiring dengan penggunaan waktu, maka dispenser tersebut mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan yang terjadi adalah pada elemen pemanas atau yang dinamakan dengan thermostat.

Di bawah ini kami akan menjelaskan kepada anda mengenai bagaimana cara cek elemen pemanas atau thermostat secara cepat.

1. Membongkar dispenser

Cara cek thermostat dispenser atau elemen panas pada dispenser adalah dengan membongkar dispenser. Seperti yang kita tahu bahwasanya thermostat merupakan salah satu bagian terpenting pada dispenser yang mengatur suhu panas maupun dingin.

Anda harus mengeceknya sekala berkala. Yang harus adna lakukan adalah dengan membuka dispenser tersebut dan mulailah untuk mencari letak thermostat atau elemen pemanas. 

Lantas dimanakah letak atau lokasi dari thermostat? Ketika anda membongkarnya, maka coba perhatikan pada bagian antara tempat mengalirnya air ke tabung. Di situ nanti anda akan menemukan sebuah benada kecil dan itulah yang dinamakan sebagai thermostat atau elemen pemanas.

Kemudan, anda tinggal mengecek kondisi thermostat anda. Thermostat yang baik ditandi dengan masih berfungsinya panas maupun juga dingin pada dispenser anda. Jangan lupa juga untuk membersihkan thermostat dari debu maupun juga kotoran yang menempel.

Selain itu, berilah pasta pada elemen pemanas karena seiring dengan penggunaan dispenser dalam wkatu lama, maka pasta yang berfungsi mendinginkan thermostat akan habis. Anda bisa membeli pasta ini di toko elektronik dengan harga antara Rp. 15.000 sampai dengan 20.000.

2. Menggunakan avometer

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk mengecek kondisi thermostat anda apakah masih dalam kondisi baik atau tidak adalah dengan menggunakan sebuah alat yang disebut avometer. Avometer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengecek tegangan, arus, dan juga hambatan atau resistensi pada suatu benda.

Sponsors Link

Kemudian bagaimana cara anda mengecek elemen pemanas dengan avometer? Caranya tentu saja sangat mudah dimana nanti anda hanya perlu menghubungkan penjepit atau kabel pada kedua kaki elemen pemanas. Pastikan bahwa avometer sudah terhubung ke listrik.

Jika hasil dari avometer menunjukkan tidak ada arus atau tegangan yang mengalir, maka hal ini menandakan thermostat atau elemen pemanas anda dalam kondisi buruk alias rusak. Jika suda seperti ini, maka tidak ada cara lain bagi anda untuk mengganti elemen pemanas tersebut.

Anda tinggal pergi ke toko elektronik. Namun kami menyarankan agar nanti anda membawa contoh elemen pemanas yang sudah rusak tersebut dan tunjukkan kepada si penjual. Hal ini akan mempermudahnya mengetahui jenis thermostat yang anda gunakan kaerna memang jenis dispenser terbaru memiliki elemen pemanas yang berbeda.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai bagaimana cara cek elemen pemanas pada dispenser secara cepat. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih.

Sponsors Link

Posted by · Tags: Dispenser, elemen