ads

Banyak manfaat yang bisa anda peroleh dari menggunakan dispenser selain hanya berfungsi untuk menyimpan air saja. Dengan menggunakan dispenser, maka anda sudah tidak perlu memasak air maupun mengambil air dari kulkas jika anda ingin membuat minuman panas maupun juga dingin. Selain itu, dispenser juga bermanfaat untuk melindungi air anda agar tidak kotor, terlebih lagi jika dispenser tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi canggih untuk membunuh bakteri yang bisa masuk ke dalam air.

Ada beberapa merk dispenser yang saat ini sudah banyak digunakan, antara lain seperti Panasonic, Philips, maupun juga Sharp. Ketiga merk tersebut sudah diakui kualitasnya. Meskipun begitu, anda juga harus memperhatikan cara perawatannya dan jangan sampai membiarkan dispenser kotor. Apa yang akan terjadi jika dispenser anda kotor? Berikut ini penjelasannya.

1. Terdapat lumut

Bahaya pertama jika anda membiarkan dispenser anda dalam kondisi kotor adalah ia bisa menjadi sarang timbulnya lumut. Biasanya, dispenser yang kotor dan masih terdapat air di dalamnya memang terlihat biasa saja. Namun jika tetap dibiarkan, maka lama kelamaan kotoran tersebut akan menjadi sebab timbulnya lumut.

Lumut yang dibiarkan akan semakin banyak dan tidak jarang malah akan menyebar ke beberapa bagian di dispenser anda dan mungkin juga sampai merambat ke galon. Jika sudah seperti ini, maka anda harus segera membersihkan dispenser dari lumut agar supaya tidak sampai semakin menimbulkan masalah.

2. Menjadi sarang jamur

Dispenser yang anda biarkan kotor bisa menjadi sebab timbulnya jamur. Jamur tersebut memang awalnya tidak anda sadari dan mungkin anda akan merasa bahwa dispenser anda baik-baik saja. Namun, jika anda perhatikan lebih detail, maka anda bisa melihat bahwa jamur sudah mulai tumbuh di dispenser anda.

Maka dari itu, kebiasaan membiarkan dispenser dalam kondisi kotor bisa berbahaya untuk kesehatan anda. Apalagi, jika sampai anda minum dan yang minum adalah buah hati anda. Yang ada nanti ia akan terkena sakit perut.

3. Membuat air kotor

Meskipun awalnya anda menggunakan air bersih, namun ketika anda menuangkannya ke dispenser, maka air anda tersebut akan menjadi kotor. Hal ini karena kotoran pada dispenser anda berpindah dan menyebar ke air anda. Oleh karena itulah, penting untuk anda selalu mengecek kebersihkan dispenser anda sebelum anda mulai menuangkan air atau memasukkan galon ke dispenser.

4. Terdapat jentik

Bahaya dispenser kotor yang juga harus anda waspadai adalah kondisi tersebut bisa mengakibatkan timbulnya jentik atau dalam bahasa Jawa biasanya dinamakan uget-uget. Memang hal seperti ini jarang terjadi, namun bukan berarti dispenser anda yang sering anda biarkan kotor tidak bisa mengalami hal tersebut.

Anda bisa bayangkan jika dispenser yang sudah kotor dan terdapat jentik-jentik terus anda gunakan untuk minum. Sudah tentu airnya berbahaya ketika masuk ke dalam tubuh. Di sinilah penting untuk secara rutin melakukan perawatan terhadap dispenser anda, salah satunya dengan mencucinya.

Sponsors Link

Posted by · Tags: bahaya dispenser, bahaya dispenser kotor, dispenser kotor