ads

Dispenser merupakan sebuah alat elektronik yang berguna untuk menyimpan air. Bukan hanya itu saja, dispenser juga berfungsi untuk membuat air yang tersimpan di dalamnya menjadi panas maupun juga dingin. Banyak orang yang telah menggunakan dispenser dibandingkan harus langsung meminum dari galon.

Hal ini karena mereka tidak terlalu ribet ketika ingin membuat es maupun juga kopi karena mereka hanya tinggal menekan tombol pada dispenser. Penggunaan dispenser dalam waktu yang lama harus benar-benar diperhatikan meskipun anda sudah menggunakan salah satu merk dispenser terbaik, yaitu Miyako maupun juga Polytron.

Selain itu, kebiasaan yang tanpa disadari yang dapat membuat dispenser rusak adalah dengan membiarkan dispenser dalam kondisi kosong, padahal sedang terkoneksi ke listrik. Apakah tindakan ini berbahaya? Tent saja sangat berbahaya. Beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan dari membiarkan dispenser dalam kondisi kosong sementara terhubung ke listrik antara lain:

1. Terjadi konsleting

Bahaya pertama yang harus anda perhatikan ketika anda membiarkan dispenser dalam keadaan kosong adalah akan berpotensi menimbulkan konsleting. Banyak yang berpikir bahwa dispenser bisa digunakan sepanjang hari tanpa harus dirawat. Padahal, dispenser tidak disarankan untuk digunakan secara terus-menerus.

Apalagi jika sampai anda membiarkan dispenser dalam kondisi kosong dalam waktu yang lama malah akan menyebabkan kondisi dispenser mengalami kerusakan dan bahaya. Kondisi yang paling membahayakan adalah bisa menyebabkan dispenser mengalami konsleting listrik.

Maka dari itu, anda jangan sampai membiarkan dispenser dalam kondisi kosong jika anda tidak ingin mengalami permasalahan yang bukan hanya dapat merugikan anda, melainkan juga bisa merugikan orang lain.

2. Menyebabkan overheat

Dispenser yang dibiarkan kosong malah bisa menjadi salah satu penyebab mengapaa mengalami overheat. Overheat merupakan sebuah kondisi dimana dispenser memiliki suhu yang sangat panas yang berasal dari heater. Jika dibiarkan, maka bisa menjadi penyebab dispenser meledak. Seperti yang anda tahu jika dispenser overheat, maka akan semakin panas dan akan meledak.

Maka dari itu, akan sangat berbahaya jika anda sampai membiarkan dispenser anda dalam kondisi kosong sementara anda masih menghubungkan kabelnya ke listrik. Kebiasaan tersebut memang merupakan hal yang sepele dan banyak yang kurang memperhatikan kebiasaan yang sederhana seperti ini.

Namun, kebiasaan yang remeh ini sudah tentu bisa menyebabkan permasalahan pada dispenser dan malah akan merugikan diri anda dan keluarga anda jika sampai dispenser terlalu panas dan meledak.

3. Dispenser bocor

Bahaya ketiga yang disebabkan membiarkan dispenser dalam kondisi kosong adalah bisa menyebabkan kebocoran. Untuk kebocoran ini mungkin merupakan masalah yang paling ringan jika dibandingkan dengan masalah yang sebelumnya telah kami jelaskan. Namun, untuk dispenser yang bocor bisa menjadi salah satu pemicu akan terjadinya kerusakan pada dispenser seperti konsleting atau overheat.

Maka dari itu, jangan biarkan dispenser dalam kondisi kosong disaat anda tidak menggunakannya. Jika anda sudah tidak menggunakan dispenser atau tidak ada air dalam dispenser, maka anda harus segera mencabut koneksi listriknya. Dengan begitu bahaya dispenser kosong bisa dicegah dan tidak menimbulkan kerugian untuk anda.

Sponsors Link

Posted by · Tags: bahaya dispenser, bahaya dispenser kosong-, dispenser kosong