ads

Penggunaan dan konsumsi air tidak dapat dipisahkan dari segala aktivitas manusia. Tubuh manusia membutuhkan air untuk membantu menjalankan semua organ didalam tubuh yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Dengan fungsi nya tersebut tentunya air minum yang dikonsumsi harus lulus standar air minum.

Saat ini  air galon isi ulang menjadi pilihan  banyak masyarakat sebagai air minum konsumsi, selain praktis harganya pun cukup terjangkau. Namun nyatanya tidak semua air minum galon isi ulang bersih dan layak untuk di konsumsi. Tentunya hal ini akan sangat berbahaya bagi setiap orang yang mengkonsumsi nya. Nah berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab bahaya nya  mengkonsumsi air galon isi ulang.

1. Lokasi pengisian galon biasanya tidak steril

Sakah satu hal yang menyebabkan air galon isi ulang berbahaya adalah tempat pengisiannya yang biasanya berada di pinggir jalan. Tentu dengan berada di pinggir jalan akan membuat lokasi pengisian air galon isi ulang menjadi terkontaminasi dengan polusi udara di jalanan yang akan membuat air isi ulang menjadi kotor dan tentunya berbahaya bagi tubuh.

2. Proses pembersihan galon tidak memenuhi standar

Proses pembersihan galon air minum pun terkadang asal dan tidak mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Sikat yang digunakan untuk membersihkan galon biasanya berada di luar ruangan dan digunakan bergantian dengan galon air minum lainnya. Sehingga tidak membuat galon menjadi bersih melainkan malah membuat bakteri dan kuman menempel pada galon air minum.

3. Alat pengisian air minum yang tidak steril

Peralatan pengisian air minum seperti saluran air, kran pengisian maupun tangki penampungan air biasanya tidak diperhatikan kebersihan dan perawatannya. Meskipun hal tersebut tidak terlihat, namun tetap saja akan membuat perkembangan bakteri didalam peralatan yang nantinya akan membuat air minum isi ulang anda terkontaminasi bakteri ataupun bibit penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh.

baca juga:

Bahaya Mengkonsumsi air galon isi ulang

Dengan melihat faktor faktor yang menyebabkan air galon isi ulang berbahaya,berikut beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan dari mengkonsumsi air galon isi ulang secara terus menerus:

  • Sakit perut
  • Tipus
  • Disentri
  • Penyakit kronis yang ditularkan melalui cairan seperti hepatitis
  • Dan masih banyak lainnya.
Sponsors Link

Untuk menghindari bahaya air galon isi ulang tersebut, berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mendapat air galon isi ulang yang sehat:

  • Beli lah air galon isi ulang di tempat pengisian yang sudah memiliki sertifikasi dan dapat dipertanggung jawabkan kesterilan dari air galon tersebut.
  • Periksa keaslian dari segel merk galon air minum yang anda konsumsi. Jangan sampai anda mendapatkan produk yang palsu
  • Bila anda merasa air minum anda memiliki rasa yang aneh, berbau, dan bahkan berubah warna hentikanlah mengkonsumsi air minum tersebut. Air minum yang baik adalah air tawar yang segar dan tidak berasa.
  • Bila anda terpaksa atau sudah terlanjur membeli air minum di tempat yang tidak resmi, sebaiknya rebus terlebih dahulu sebelum anda mengkonsumsi air minum ini. Dengan merebus air, anda akan membunuh bakteri bakteri jahat seperti e.colli, salmonella dan lainnya yang dapat menyebabkan berbagai penyakit di dalam tubuh.

Nah itu tadi beberapa bahaya yang ditimbulkan dari mengkonsumsi air galon isi ulang yang tidak sehat dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga informasi di atas dapat membantu anda.

Sponsors Link

Posted by · Tags: air galon, galon, kesehatan, sehat