ads

Apakah anda tahu bagaimana cara membersihkan dispenser keramik? Dispenser merupakan salah satu barang utama yang bisa dikatakan harus dimiliki oleh setiap rumah. Hal ini karena banyak manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan dispenser. Dispenser bukan hanya berguna sebagai tempat penyimpanan air galon, melainkan juga bermanfaat untuk memanaskan atau mendinginkan air.

Dengan begitu, anda sudah tidak perlu memasak air atau menyiapkan es batu jika anda ingin membuat kopi, teh, maupun ingin membuat mie rebus. Akan tetapi, seiring dengan penggunananya maka anda juga harus memperhatikan kondisi dispenser anda. Salah satu cara merawat dispenser agar awet adalah dengan membersihkannya dengan secara rutin. Hal ini agar dispenser anda tidak sampai menjadi sarang kuman atau bakteri yang bisa menyerang kesehatan anda.

Di bawah ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan dispenser yang berbahan keramik. Namun sebenarnya, cara-caranya tidak jauh berbeda dengan cara membersihkan dispenser pada umumnya.

1. Menyiapkan berbagai perlengkapan

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan semua bahan dan peralatan yang akan anda gunakan untuk membersihkan dispenser anda tersebut. Beberapa perlengkapan yang harus anda siapkan antara lain kain steril dan bersih, cuka, perasan jeruk atau lemon, air, dan lain sebagainya. Sekedar informasi bahwa selain menggunakan perasan jeruk dan lemon, anda masih bisa menggunakan sabun cuci piring yang berbahan dasar jeruk atau lemon.

2. Bersihkan bagian luar dispenser

Langkah kedua adalah mulailah membersihkan dispenser anda. Disarankan untuk membersihkan bagian luar dispenser anda terlebih dahulu. Pastikan bahwa anda membersihkannya secara menyeluruh. Anda bisa menggunakan lap atau spon yang sudah anda campur dengan perasan air jeruk atau lemon dan sedikit air.

Setelah itu, anda bilas dan kemudian anda bisa mulai membersihkannya dengan menggunakan lap bersih dan sudah anda basahi dengan cuka. Bersihkan secara merata sampai nanti anda merasa bahwa bagian luar terlihat sudah kinclong.

3. Buang air dalam galon

Sebelum anda mulai membersihkan bagian dalam galon, anda harus terlebih dahulu membuang air yang ada di dalam galon tersebut. Anda tinggal membuka kran dispenser dan biarkan saja airnya keluar dengan sendirinya. Anda juga memiringkannya sedikit.

4. Rendam dalam air rendaman cuka

Langkah keempat yang harus anda lakukan adalah dengna merendam dispenser keramik anda dalam air rendaman cuka atau air perasan lemon. Untuk takaran cuka putih yang anda gunakan adalah 2 sampai dengan 3 sendok teh. Campurkan sampai nanti air tersebut memenuhi galon. Lakukan proses perendaman tersebut kurang lebih sampai 60 menit. Kami menyarankan agar anda lebih menggunakan air panas agar supaya bakteri dan kuman bisa mati dengan cepat.

5. Korek-korek kerak pada dispenser

Kemudian, anda harus mengorek kotoran atau kerak yang ada pada dispenser anda. Anda pastikan bahwa tidak ada satupun kerak yang masih menempel. Ingat, anda bisa mengoreknya dengan menggunakan sendok atau benda lainnya, namun tetap berhati-hati agar tidak merusak keramiknya. 

Sponsors Link

6. Buang dan bilas dispenser

Cara membersihkan dispenser keramik yang terakhir adalah dengan membuang air rendamannya dan bilas sampai bersih. Anda bisa mengulangi proses ini beberapa kali sampai galon anda benar-benar bersih dari busa, kotoran atau kerak, maupun bau cuka atau perasan jeruk/lemon.

Sponsors Link

Posted by ·